Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar?

Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar? Jika Anda masih ragu, silahkan coba menjawab 5 pertanyaan di bawah ini. Apapun hasil jawaban Anda, kami akan berbagi 5 tips mengelola keuangan keluarga dengan benar. Jadi langsung aja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?

Silahkan jawab 5 pertanyaan di bawah ini dengan memberikan checklist pada jawaban yang benar ya. Selamat mencoba.

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Benar atau Salah: Mengelola Keuangan Rumah Tangga Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

Bagaimana hasilnya? Apakah Anda sudah termasuk mahir mengelola keuangan keluarga?

 

5 Tips Super Ampuh Mengelola Keuangan Keluarga

Mengelola keuangan keluarga itu sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit, tetapi tidak mudah juga. Jangan pernah lakukan kesalahan yang sama, yaitu: Biarkan Istri kerepotan mengurus seluruh keuangan keluarga. Menurut Finansialku:

Keuangan keluarga seharusnya didiskusikan antara Ayah dan Ibu.

 

Keuangan keluarga idealnya dikelola dalam sebuah tim keuangan keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu. Libatkan juga anak-anak sebagai anggota tim. Tim Anda akan lebih baik jika seluruh anggota keluar terlibat, cobain deh!. Nah bagaimana cara mengelola keuangan keluarga?

 

Membuat Anggaran itu Kewajiban

Tips 1 Mengelola Keuangan Rumah Tangga adalah: Pastikan Anda membuat anggaran (budgeting) setiap bulannya. Contoh saat ini bulan September 2015, di akhir bulan Agustus 2015 Anda harus sudah diskusi dengan tim keuangan keluarga Anda, bulan depan uang kita bagusnya digunakan untuk apa saja, berapa banyak?

Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Contoh anggaran rumah tangga:

  • Kira-kira bulan depan berapa besar pendapatan? Tulis semua termasuk bonus, tunjangan, uang cepretan.
  • Setelah itu berapa besar yang akan ditabungkan? Berapa yang di belikan reksa dana? Berapa yang dibelikan untuk premi asuransi?
  • Berapa yang dibutuhkan untuk pengeluaran anak?
  • Berapa yang dibutuhkan untuk belanja bulanan?
  • Berapa yang dibutuhkan untuk listrik, telepon, internet, pulsa?
  • Berapa yang dibutuhkan untuk pengeluaran ayah?
  • Berapa yang dibutuhkan untuk pengeluaran ibu?

 

Membuat Catatan Keuangan itu Harus Bisa

Tips 2 Mengelola Keuangan Rumah Tangga adalah: Membuat catatan pengeluaran. Tadi kan sudah ada anggaran. Nah bagaimana dengan realisasinya? Anda harus membuat catatan. Cara sederhana membuat catatan adalah pastikan Anda memiliki sebuah buku keuangan, yang harus diisi oleh tim keuangan Anda.

Jadikan mencatat pengeluaran harian sebagai kebiasaan.

 

Tahu Cara Menggunakan Uang dan Prioritas

Tips 3 Mengelola Keuangan Rumah Tangga adalah: Tahu cara menggunakan uang Anda, tahu cara membelanjakan uang Anda. Percayakah Anda dengan mengubah urutan pengeluaran Anda dapat berinvestasi, menabung dan tentu saja dapat memenuhi tujuan-tujuan keuangan Anda.

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Coba perhatikan baik-baik ilustrasinya. Nomor 1 setelah Anda mendapatkan gaji atau pendapatan, biasanya akan ada potongan – potongan. Setelah itu Anda harus membayar pajak penghasilan (nomor 2). Biasanya sampai tahap 2 ini, kita tidak terlalu banyak pilihan. Nah baru pendapatan setelah pajak, akan Anda kemanakan? Ingat nomor 3 donasi (zakat, perpuluhan atau donasi lainnya). Tahap 4 gunakan uang Anda untuk menabung dan berinvestasi sesuai dengan rencana keuangan Anda. Pastikan sebelum berinvestasi, kondisi keuangan keluarga Anda dalam kondisi sehat. Tahap 5 baru Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

 

 

Punya Rencana Keuangan, Agar Tidak Tersesat

Tips 4 Mengelola Keuangan Rumah Tangga adalah miliki rencana keuangan (financial planning). Banyak orang di internet menyarankan agar kita berinvestasi, tapi ada yang kurang pas. Berapa banyak yang harus diinvestasikan? Dimana saya harus berinvestasi? Kapan saya harus berinvestasi? Untuk apa saya berinvestasi? Apakah investasi saya cukup, ketika anak mau masuk sekolah?

 

3

 

Kalau Anda tidak ada rencana keuangan, investasi Anda bisa jadi kurang terarah. Jadi Anda harus memiliki rencana keuangan sebelum berinvestasi. Plus Anda harus mempelajari produk investasinya sebelum mulai berinvestasi. Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk mendapatkan rencana keuangan.

 

Jadilah Tim yang Solid

Tips 5 dan terakhir dalam mengelola keuangan keluarga yaitu jadilah tim keuangan yang solid. Dalam kenyataannya mengelola rumah tangga selalu akan ada masalah, tantangan. Jadikan masalah dan tantangan tersebut sebagai pembelajaran. Yang pasti Anda (Ayah, Ibu dan anak-anak) sebagai tim keuangan keluarga tetap solid. Jika memang permasalahan tersebut jauh dari kemampuan tim Anda, jangan malu dan ragu untuk menghubungi perencana keuangan.

 

Bagaimana hasil test mengelola keuangan keluarga, berapa nilai Anda?

 

Image Credit:

Family manage Money – http://goo.gl/g4VvP1

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai Perencanaan Keuangan

[formcraft id=’4′]

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download