Bagaimana cara lunasi kartu kredit? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas tips-tips untuk lunasi kartu kredit dengan mudah.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

5 Tips Lunasi Kartu Kredit dengan Mudah

Apakah Anda pernah merasa ketagihan untuk menggunakan kartu kredit? Ternyata banyak lho orang-orang yang tergoda promo, diskon dan cicilan kartu kredit. Jika saat ini Anda terjebak dengan utang kartu kredit, berikut ini tips-tips lunasi kartu kredit :

 

Tips Lunasi Kartu Kredit 1 : Puasa Pakai Kartu Kredit

Kalau Anda mau lunasi kartu kredit, Anda harus puasa menggunakan kartu kredit. Jangan sampai Anda bersusah-susah melunasi utang kartu kredit, malah Anda menambah dengan utang baru. Nah sebisa mungkin tahan dan puasa gunakan kartu kredit, saat Anda ingiin melunasi utang kartu kredit.

5 Tips Lunasi Kartu Kredit dengan Mudah - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kartu Kredit “U” itu untuk Untung bukan Utang]

 

Tips Lunasi Kartu Kredit 2 : Dahulukan Bayar Tagihan Berbunga Tinggi

Kalau Anda punya beberapa utang kartu kredit, bagaimana cara memprioritaskannya? Salah satu caranya adalah lunasi kartu kredit dengan bunga yang paling tinggi. Contoh:

kartu kredit A utang Rp 4.000.000 bunga 3,25%, bayar minimum Rp 400.000 dan

kartu kredit B utang Rp 6.000.000 bunga 3,00%, bayar minimum Rp 600.000

Lunasi utang kartu kredit dengan tagihan paling besar, yaitu kartu kredit B. 

[Baca Juga: 3 Hal utuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

Tips Lunasi Kartu Kredit 3 : Kumpulkan Semua Tagihan

Salah satu cara untuk melunasi kartu kredit adalah dengan menyiapkan uang untuk bayar utang kartu kredit sebelum tagihan datang. Anda perlu mengumpulkan tagihan-tagihan dan menghitungnya. Jadi intinya jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk utang, tetapi gunakan kartu kredit untuk membantu pembayaran dan dapatkan diskon.

[Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Ketagihan Kartu Kredit]

 

Tips Lunasi Kartu Kredit 4 : Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Satu hal yang harus pahami dan pegang sebagai pemilik kartu kredit adalah bayar sebelum jatuh tempo. Utang kartu kredit adalah salah satu utang dengan bunga yang cukup besar. Jadi jangan sampai Anda kelewat jatuh tempo. Plus jika Anda membayar lebih dari waktu jangka tempo, Anda bisa bermasalah dengan riwayat kredit. Anda akan dipersulit untuk pengajuan kredit selanjutnya. 

 

Tips Lunasi Kartu Kredit 5 : Bayar di Atas Nilai Minimum

Jangan pernah bayar kartu kredit dengan utang kartu kredit yang lain. Kalau memang belum bisa lunasi utang kartu kredit, selalu bayar di atas nilai minimum. Jika nilai minimum pembayaran tagihan Rp 300.000, usahakan bayar di atas Rp 300.000. Langkah ini akan mempercepat Anda untuk melunasi utang kartu kredit Anda.

 

Jika Anda masih memiliki tips untuk melunasi kartu kredit, jangan lupa tuliskan dalam comment di bawah ini ya! terima kasih.

 

 

Image Credit:

  • Credit Card – https://goo.gl/ZnZ0zE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang