Berbicara mengenai kartu kredit, perlu diingat satu huruf yaitu U. Kali ini Finansialku.com akan membahas sebuah infografis dari rekan, terkait Untung Ruginya memiliki kartu kredit.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Saja Untung Ruginya Punya Kartu Kredit?

Apakah Anda sudah memiliki kartu kredit? Jika Anda sudah memiliki kartu kredit, tentu Anda sudah pernah mengalami untung ruginya kan? Jangan lupa bagikan pengalaman Anda menggunakan kartu kredit!

Bagi teman-teman yang belum punya, berikut ini ada sebuah infografis yang menggambarkan apa saja sih untung ruginya memiliki kartu kredit.

 

Kartu Kredit “U” itu Untung bukan Utang (Infografis) - DuitPintar.com - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Infografis dipersembahkan oleh DuitPintar.com

 

Seperti yang dituliskan pada infografis di atas, kita bisa memiliki banyak keuntungan memliki dengan kartu kredit, antara lain: praktis, memiliki rekam jejak untuk referensi utang, dibuatkan catatan pengeluaran, dana darurat(*), diskon, perlakuan vip dan kemudahan transaksi. Disisi lain kekurangannya adalah biaya, bunga jika berutang dan tidak disiplin.

 

(*) kalau bisa dana darurat jangan dari kartu kredit. Jika Anda berutang dengan kartu kredit, bunganya cukup besar.

 

Kartu Kredit Tidak Mengenakan Bunga Jika Bayar Full Payment dan Tepat Waktu

Tahukah Anda, kalau tagihan kartu kredit dibayar full dan tepat waktu, Anda tidak perlu membayar bunga. Terkadang biaya administrasi tahunan juga bisa gratis kalau Anda sering menggunakan kartu kredit.

 

Kartu kredit boleh dipakai untuk “nalangin” pengeluaran kita, tetapi tidak boleh dipakai untuk berutang. Bayar tagihan secara full dan tepat waktu.

Melvin Mumpuni – Finansialku.com

 

Finansialku memiliki sebuah prinsip terkait kartu kredit yaitu ingat huruf “U” untuk “Untung” bukan “Utang”. Ketika Anda menggesek kartu kredit, Anda harus tahu bagaimana cara melunasinya. Jangan pernah berpikir untuk utang dengan kartu kredit.

 

Bagaimana dengan cicilan 0%?

Apakah Anda pernah membeli produk di toko online atau situs-situs belanja online? Tentu mata Anda akan terpikat dengan tawaran cicilan 0% selama 6 bulan. Sebuah Kamera ActionCam yang sedang kekinian, ditawarkan dengan harga Rp 5.500.000 bisa dicicil 0% selama 12 bulan jadi Rp 458.333/bulan. Wow penawaran yang sulit ditinggalkan. Bagaimana menyikapi penawaran cicilan 0%?

 

Saya selalu membandingkan harga produk sebelum membeli dengan cicilan. JIka harga produk dengan cicilan 0% lebih menguntungkan dan memang produk itu dibutuhkan, kenapa tidak untuk mencicil?

 Melvin Mumpuni – Finansialku.com

 

Bukannya pelit atau ga mau modal, tetapi kalau bisa berhemat kenapa tidak. Kartu kredit itu adalah alat untuk mempermudah pembayaran, jadi jangan sampai hidup kita menjadi sulit dengan alat tersebut.

[Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunting Kartu Kredit?]

Kartu kredit menjadi masalah jika Anda tidak disiplin dan melakukan kesalahan-kesalahan ini, contoh:

  1. Kebanyakan kartu kredit sampai lupa jatuh temponya.
  2. Belanja gesek sana sini sampai ga tahu darimana cara melunasi.
  3. Berpikiran kalau pakai kartu kredit, bisa bayar minimum terus.
  4. Pake kartu kredit untuk beli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  5. Menggunakan gesek tunai di toko-toko.

 

Setidaknya setelah Anda membaca artikel ini, Anda tahu bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan benar.

 

Kesimpulan

Kartu kredit adalah alat yang mempermudah pembayaran dan bertransaksi. Alat tersebut idealnya digunakan dengan cara yang benar. Ingat untuk urusan kartu kredit satu hukumnya: “U” itu Untung bukan Utang.

Apakah Anda pernah berurusan dengan kartu kredit? Bagikan pengalaman Anda dengan mengisi kolom di bawah ini.

Image Credit:

  • Infografis – https://goo.gl/pLIIIt

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang