Zaman mulai berkembang, banyak para wanita yang sedang merintis usaha sampingan selain memiliki pendapatan tetap dari tempat bekerjanya. Tentunya ada banyak usaha sampingan untuk perempuan. Finansialku akan membahas top 8 usaha sampingan untuk perempuan.

women-in-business usaha sampingan untuk perempuan

 

Usaha Sampingan untuk Perempuan

Berikut ini 10 perusahaan usaha sampingan yang dapat dikerjakan di rumah atau dapat dijalankan oleh seorang perempuan.  Tentunya tanpa menganggu pekerjaan utamanya di kantor dan menghasilkan pendapatan yang cukup menarik.

 

Agen 

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-agen

Usaha sampingan untuk perempuan yang pertama adalah agen. Agen apa ya? Contoh travel agent (agen perjalanan), agen asuransi, agen penjualan kosmetik atau pakaian perempuan (kadang-kadang ada yang dibalut menjadi bisnis MLM). Saat ini banyak bisnis yang memiliki sistem agen atau associate (asosiasi) yang menerima pekerja lepas.

 

Bekerja sesuai dengan Profesi

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Bekerja-seperti-Profesi

Usaha sampingan untuk perempuan yang kedua adalah bekerja seperti profesi. Bekerja seperti profesi adalah bekerja sesuai latar belakang pendidikan Anda. Contoh pekerjaan profesi arsitek, desain interior, dokter umum, dokter gigi, apoteker, pengacara, perencana keuangan dan lain-lain. Keuntungan menjalankan pekerjaan seperti profesi adalah Kita sudah memiliki modal pendidikan dari pengetahuan saat kuliah. Hal yang perlu dibutuhkan adalah jam terbang.

 

Buka Toko

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Buka-Toko

Usaha sampingan untuk perempuan yang ketiga adalah buka toko. Toko yang dibuka bisa offline (toko memiliki bangunan fisik) dan toko online (website). Baik toko online dan toko offline memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan mau buka toko online atau toko offline sangat tergantung dengan produk yang akan dijual. Tidak semua produk cocok untuk dijual di toko online.

 

Buka Stand

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Buka-Stand

Usaha sampingan untuk perempuan yang keempat adalah membuka stand atau booth. Apa bedanya dengan membuka toko? Ada beberapa produk seperti jus, bubble tea (teh dengan bubel), dimsum, makanan ringan tidak memerlukan toko yang luas. Anda cukup menyewa ruangan atau area yang tidak terlalu luas, membuka tempat dan mulai berjualan. Biasanya biaya yang perlu dipikirkan adalah biaya investasi alat-alat, sewa tempat, modal produksi dan karyawan. Booth biasanya ada di tempat-tempat wisata, belanja atau di mall.

 

Guru Les

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Tutor

Usaha sampingan untuk perempuan yang kelima adalah tutor atau guru les private. Ini adalah pekerjaan dengan tingkat stress yang ringan. Pekerjaannya adalah membantu anak-anak belajar. Jam kerja biasanya cukup fleksibel (di sore hari) selama 1.5 – 2 jam. Pekerjaan guru les privat tidak melulu hanya guru private untuk pelajaran-pelajaran di sekolah, tetapi juga guru les private untuk memasak, menjahit, memainkan alat music dan lain-lain.

 

Event Organizer

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-EO

Usaha sampingan untuk perempuan yang keenam adalah event organizer. Jenis pekerjaan ini relatif mudah tetapi cukup ribet. Kita dituntut untuk membuat sebuah rencana acara dan mengubungi orang-orang yang memiliki kemampuan di bidangnya. Contoh event organizer untuk acara ulang tahun anak-anak, kita perlu menghubungi mc, badut, catering, pembuat roti ulang tahun, juru foto dan lain-lain. Usaha sampingan ini relatif mudah dilakukan dan murah, karena bermodalkan ponsel dan kartu nama orang-orang yang bergerak di bidang pendukung acara.

 

Pekerjaan sesuai Hobi

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Pekerjaan-Sesuai-Hobi

[Baca juga : Ingin Bekerja menurut Passion?]

 

Usaha sampingan untuk perempuan yang ketujuh adalah bekerja sesuai hobi. Omong-omong apa hobi Anda? Seorang perempuan yang hobi foto bisa menjadi freelance untuk fotografi acara ulang tahun, acara wisuda dan lain-lain. Perempuan yang hobi main musik, bisa menjadi pengiring lagu untuk acara-acara. Bagi yang hobi olahraga misal renang, bisa menjadi pelatih renang dan lain-lain. Menjalankan pekerjaan yang sesuai hobi adalah pekerjaan yang cukup menyenangkan.

 

Online Trading

Usaha-Sampingan-untuk-Perempuan-Online-Trading

Usaha sampingan untuk perempuan yang kedelapan adalah online trading saham. Pekerjaan ini mungkin terdengar baru dan mungkin beberapa belum mengenal pekerjaan ini. Usaha sampingan sebagai pedagang saham adalah usaha sampingan untuk perempuan yang ingin bekerja murah tanpa harus berjualan ketemu orang. Cukup menggunakan modal, menjadi klien di perusahaan efek (sekuritas) dan mulai trading saham. Bagi Anda yang ingin mencoba, pertama-tama BELAJAR dulu, jangan langsung terjun. Setelah Anda cukup tahu mengenai online trading MULAI lah dari KECIL (jangan langsung besar). Dapatkan jam terbang yang cukup sembari mengumpulkan MODAL. Setelah ada PENDIDIKAN, PENGALAMAN dan MODAL mulailah untuk mencoba trading dalam jumlah besar.

 

Kesimpulan

Kedelapan usaha sampingan untuk perempuan yang disampaikan pada artikel di atas adalah bisnis yang umumnya di temui, terkecuali usaha sampingan sebagai online trading (umum di kota-kota besar).

Usaha sampingan adalah salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan seseorang atau keluarga. Apabila ingin mencoba bisnis sampingan selain pendidikan atau pengalaman di bidang terkait, Kita juga harus menguasai teknik PENJUALAN dan memiliki REKANAN yang cukup banyak.

Apabila Anda punya ide mengenai usaha samping untuk perempuan yang menarik dari segi pekerjaan dan pendapatan, jangan ragu-ragu untuk di share. Terima kasih.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuBisnis Rumahan perlu Model BisnisBaca
finansialkuSeperti apakah alokasi asset yang cocok untuk Saya?Baca
finansialkuUbah Kata-Kata Anda, Nikmati Indahnya DuniaBaca
finansialku

Mengatur Keuangan Pribadi buat Karyawan Muda

Baca
finansialku

Mencatat Keuangan Harian Perlu atau Tidak?

Baca

 

 

 

Mengatur Keuangan Pribadi buat Karyawan Muda