Bekerja menurut passion terdengar menarik ya? Masing-masing orang pasti memiliki passionnya masing-masing, ada yang memiliki passion di bidang otomotif, travelling, keuangan, desain, programming dan lain-lain. Sudahkah Anda bekerja menurut passion?

3d-street-paint-art bekerja menurut passion

 

Seperti pada gambar di atas ada seseorang yang menggambar sebuah lukisan 3d sebuah jalan umum. Dalam kesempatan kali ini, mari Kita diskusikan mengenai bekerja menurut passion.

 

Bekerja menurut Passion, Mau?

Apakah yang dimaksud bekerja menurut passion? Kata passion sendiri agak susah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, tetapi mudah untuk diterangkan. Passion adalah ketika seseorang mau melakukan sebuah pekerjaan yang disenanginya, digemarinya dan hingga larut dalam emosi (melakukan sesuatu hingga larut malam, terkadang dilakukan juga walaupun tanpa gaji dan terkadang tidak masuk akal bagi orang lain yang melihatnya). Itulah yang mungkin disebut passion. Jika teman-teman memiliki definisi passion silakan di share, terima kasih ya.

Hampir sebagian besar waktu Kita mungkin saja habis di tempat kerja. Sebelumnya bersyukurlah bagi teman-teman yang sudah bebas secara finansial. Hampir 8 jam, 5 hari seminggu waktu Kita habis di tempat kerja. Apa yang terjadi kalau Kita tidak bekerja sesuai dengan keinginan atau passion Kita? Sepertinya bekerja tanpa passion sangat membosankan. Ada seorang trainer dan motivator bernama yang mengatakan:

“Live with passion!”

Antony Robbins

Kalimat sederhana di atas didefinisikan lebih dalam lagi menjadi:

tony-robbins-success-quote bekerja menurut passion

[Baca juga :11 Alasan yang Membuat Karyawan Tetap Betah Bekerja di Perusahaan]

 

“Sukses adalah mengerjakan apa yang Anda ingin, sesuai dengan waktu yang Anda ingin, ditempat yang Anda ingin, dengan seseorang yang Anda ingin dan sebanyak yang Anda inginkan”.

 

Bagaimana Cara Bekerja menurut Passion?

Pertanyaan di atas tentu dapat Anda jawab, karena masing-masing dari Kita memiliki kepercayaan atau believe atas suatu hal yang kita sebut passion. Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas dari sudut pandang seseorang yang sedang mencari passion dalam pekerjaannya. Cara menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Kita:

 

Tahap 1: Temukan passion Kita terlebih dahulu

Ternyata ada beberapa orang yang belum mengenal passion diri sendiri. Tahap 1 yang perlu dilakukan adalah menemukan passion terlebih dahulu. Anda suka mengerjakan apa? Anda senang mengerjakan apa? Tahapan ini adalah tahapan awal dan paling krusial, jangan sampai salah menentukan karena hanya ikut-ikutan teman.

 

Tahap 2: Cari keterangan atau informasi seputar passion Kita

Setelah benar merasa sesuatu itu adalah kegemaran Kita, ada baiknya Kita perbanyak keterangan atau informasi seputar passion Kita tersebut. Perbanyak atau perkaya pengetahuan Kita seputar hal-hal yang Kita senangi atau passion Kita tersebut, bisa lewat buku, internet atau diskusi dengan orang-orang yang ahli.

 

Tahap 3: Hubungi teman atau referensi

Tahapan ini adalah tahapan mencari mentor, komunitas atau teman-teman yang memiliki kesamaan. Sangat menyenangkan jika Kita dapat berkumpul, berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan cara pikir dan passion yang sama dengan Kita. Hal ini dapat membantu Kita menuju satu step ke arah eksekusi passion Kita.

 

Tahap 4: Mulai bekerja menurut passion

Tahapan akhir adalah mulai bekerja menurut passion Kita, bisa bekerja sebagai karyawan atau mulai menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion Kita. Memperjuangkan apa yang Kita senangi atau sesuai passion adalah hal yang patut diperjuangkan.

 

Kesimpulan

Sebagian orang bekerja karena alasan tertentu, umumnya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup atau bekerja karena kesenangan. Sangat menyenangkan apabila kita mampu bekerja menurut passion atau kesenangan Kita. Mulai temukan atau kenali passion Kita masing-masing, cari keterangan atau informasi, cari referensi atau teman dan mulai bekerja menurut passion Kita.

 


         

Jangan lupa baca artikel Finansialku lainnya:

finansialkuBagaimana Merencanakan Biaya Liburan?Baca
finansialkuApakah Anda seorang Workaholic? Mengatur Keuangan pribadi atau keluarga seorang WorkaholicBaca
finansialkuBudget untuk Bulan Madu di Kepulauan MaldivesBaca
finansialku

Liburan Senang Dompet Aman

Baca
finansialku

Siapkan Dana Pernikahan untuk Moment Spesial Anda

Baca

 

Liburan Senang Dompet Aman