Para pembaca sudah punya rencana akhir pekan? Penulis melihat salah satu iklan jalan-jalan di internet. Kayanya menarik ni bisa jalan-jalan ke pantai di Thailand. Menurut pembaca perlu ga sih kita menganggarkan dana perjalanan? Kalo kata Penulis, kita sebaiknya melakukan perencanaan dana perjalanan ni, biar dompet tetep fresh dan kita bisa jalan-jalan  Oke kita langsung aja yuk coba liat gimana cara mempersiapkan dana liburan.

ini-dia-untung-rugi-liburan-backpacker-yang-mungkin-anda-tidak-sadari-1-finansialku

 

Pertama Tujuan Perjalanan

Contoh dari penawaran disebutin biaya 380 USD (plus minus 380 x 10.000 rupiah = 3.800.000 rupiah) per orang. Misal kita jalan berdua dengan pasangan. Maka biaya yang dibutuhkan adalah 7.600.000 rupiah.

 

Kedua Biaya Perjalanan Tahun Depan dan Dana yang Perlu Disiapkan

Seiring berjalannya waktu 12 bulan, kebutuhan kita mungkin saja mengalami kenaikan. Biaya perjalanan juga mengalami kenaikan biaya seperti kenaikan bahan-bahan sembako (Sembilan bahan pokok). Katakan saja biaya naik 20% menjadi 9.120.000. Apabila ingin ditabung (dibank, dengan bunga tabungan 1% setahun) maka dana yang ditabungkan adalah Rp 756.000 rupiah per bulan.

 

Beberapa Tips untuk Mendapatkan Liburan Senang Dompet Aman

Perjalanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri dapat dilakukan dengan bantuan penyedia tur (biasa disebut agen wisata) atau mengatur perjalanan sendiri. Masing-masing ada keuntungan dan kerugiannya.

mana-lebih-untung-menyusun-liburan-sendiri-atau-pakai-travel-agent-1-finansialku

[Baca Juga :5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan]

 

Keuntungan menggunakan jasa penyedia tur biasanya Anda tidak perlu repot, karena semua sudah diatur dari hotel, transportasi dan makanan. Kerugiannya adalah perjalanan Anda biasanya cukup ketat, jam berapa harus sudah bangun, jam berapa harus sudah selesai sarapan, jam berapa harus berangkat. Bagi banyak keluarga (terutama yang memiliki anak kecil) perjalanan wisata dengan menggunakan tur cukup melelahkan. Tetapi jasa agen wisata ini sangat menyenangkan bagi orang-orang yang sudah dewasa (tidak bawa anak kecil).

 

Kalau Anda ingin menggunakan jasa penyedia tur:

  1. Pantau harga tiket pesawat.
  2. Cari penawaran yang terbaik para penyedia tur.
  3. Bergabung dengan komunitas jalan-jalan, agar mendapatkan info terbaru dan tentunya penawaran terbaik.
  4. Melakukan perhitungan dana yang dibutuhkan.
  5. Cari penyedia tur yang cukup kredibel dan telah berhasil memberangkatkan beberapa orang.

 

Keuntungan dan kerugiannya mengatur perjalanan sendiri, tentu saja kebalikan dari jasa penyedia tur. Apabila Anda memutuskan melakukan perjalanan sendiri Anda harus mencari tahu transportasi, makan, aktivitas dan lain-lain. Di sisi lain Anda dapat mengatur waktu Anda dengan bebas.

 

Kalau Anda ingin mengatur perjalanan Anda sendiri:

  1. Melakukan perhitungan dana yang dibutuhkan (jangan melakukan liburan dengan memaksakan).
  2. Ikuti perkembangan harga tiket, hotel, dan penawaran aktivitas di tempat wisata.
  3. Pesan tiket, hotel, dan aktivitas-aktivitas di jauh-jauh hari.
  4. Cari tahu melalui internet, komunitas jalan-jalan atau media apapun tentang biaya perjalanan, hal-hal unik di tempat perjalanan.

 

Bagaimana, Apakah Anda sudah siap jalan-jalan? Semoga dengan artikel singkat ini Para Pembaca dapat melakukan perjalanan yang menyenangkan dan tidak merusak kantong.