Bagaimana cara memperhitungkan dan merencanakan dana liburan keluarga? Perhitungan dan perencanaan dana liburan adalah hal yang penting agar dana liburan dapat terkendali. Sayangnya kebanyakan orang tidak memahami cara mempersiapkannya. Kali ini Finansialku akan menjelaskan cara memperhitungkan dan merencanakan dana liburan. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menghitung dan Merencankaan Dana Liburan Based On Budget

Akhir tahun sudah tiba, Anda dan keluarga pasti ingin pergi berlibur. Sebelum pergi berlibur jangan lupa untuk mempersiapkan dana liburan. Jika Anda sudah menentukan akan berlibur kemana, tentu budget liburan harus disesuaikan. Banyak orang tidak memahami betapa pentingnya memperhitungkan dan merencanakan dana liburan. Kebanyakan orang hanya akan mempersiapkan sejumlah besar uang dan berangkat begitu saja. Padahal lebih baik jika semua direncanakan terlebih dahulu agar semua dana dapat dikendalikan.

cara-menghitung-dan-merencanakan-dana-liburan-yang-perlu-dicoba-2-finansialku 

[Baca Juga : Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?]

 

Mari kenali beberapa manfaat membuat perencanaan dana liburan sebelum pergi berlibur :

#1 Budget Tidak Kurang, Tidak Berlebih

Semakin rinci dan akurat dana yang direncanakan, maka semakin pasti berapa dana yang dibutuhkan. Dengan membuat perencanaan dana liburan Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan uang secara mendadak di tempat berlibur karena semua sudah diperhitungkan.

 

#2 Tidak Ada Kebutuhan yang Terlewat

Ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan ketika berlibur karena Anda harus tinggal di tempat lain selama beberapa hari. Sebaiknya Anda memiliki checklist untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut. Perencanaan dana liburan yang Anda buat nantinya dapat menjadi checklist untuk liburan Anda. Memiliki daftar kebutuhan liburan adalah hal yang penting lho. Jangan sampai ada kebutuhan penting yang terlewatkan sehingga Anda kebingungan ketika sampai di tempat berlibur.

 Tidak Harus Kaya untuk Berlibura, Buat Perencanaan Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Ga Harus Kaya Buat Liburan, Rencanakan Dana Liburan]

 

#3 Kontrol Keuangan

Perencanaan dana liburan juga dapat menjadi kontrol keuangan Anda. Ketika merencanakan liburan biasanya Anda sudah menyiapkan patokan budget yang disediakan. Dengan membuat perencanaan dana liburan, Anda bisa mengetahui apakah budget tersebut sudah cukup untuk liburan yang Anda rencanakan. Jika kebutuhan melebihi budget maka Anda dapat segera mencari alternatif lain untuk mengurangi dana liburan. Atau Anda bisa mempertimbangkan alternatif liburan lain yang sesuai dengan budget Anda.

5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [ Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan]

 

Selain berguna untuk kontrol sebelum pergi berlibur, perencanaan dana liburan juga dapat membantu Anda mengontrol keuangan saat berlibur. Perencaan tersebut dapat menjadi daftar kontrol saat Anda akan mengeluarkan uang di tempat berlibur. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang berlebih pada saat berlibur. Tentu Anda tidak ingin menghabiskan uang dengan tidak bijaksana saat berlibur dan tidak mempunyai uang saat pulang.

 

Simulasi Perhitungan dan Perencanaan

Berikut adalah simulasi perhitungan dan perencanaan dana liburan keluarga yang dapat dijadikan contoh untuk perencanaan liburan Anda :

Reksadana untuk Nyiapin Liburan Ke Luar Negeri - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga : Reksadana untuk Nyiapin Liburan Ke Luar Negeri]

 

Rudi adalah seorang karyawan swasta yang ingin pergi berlibur bersama istri dan dua anaknya. Mereka tinggal di kota Jakarta dan ingin pergi berlibur ke Belitung selama 3 hari 2 malam. Rudi sudah mempersiapkan dana sebesar Rp 15.000.000 untuk seluruh kebutuhan liburannya. Rudi memiliki 2 pilihan, yaitu menggunakan jasa agen perjalanan atau merencanakan liburan sendiri. Jika menggunakan paket liburan dari agen perjalanan maka perencanaan dana liburan tidak terlalu merepotkan. Rudi tidak perlu menghitung detil kebutuhan di tempat liburan karena semua sudah termasuk dalam paket liburan. Tetapi jika tidak menggunakan jasa agen perjalanan, setiap detil kebutuhan liburan harus diperhitungkan dalam perencanaan.

 

Dana Liburan ke Belitung

Ini adalah perencanaan dana yang harus Rudi siapkan jika menggunakan agen perjalanan. Berikut adalah salah satu data paket liburan yang dapat Rudi gunakan :

 

Budget : Rp 15.000.000 (Sumber GamaHoliday.com)

Biaya Jasa Agen Perjalanan  : Rp 1.200.000 / orang 

 

PengeluaranHarga Satuan (Rp)

Total Harga (Rp)

Tiket PesawatRp 1.600.000 / orangRp 6.400.000
Paket LiburanRp 1.200.000 / orangRp 4.800.000
Makanan/Cemilan di Luar Paket (Opsional)Rp 250.000 / orangRp 1.000.000
BelanjaRp 1.500.000
Dana DaruratRp 1.300.000
 TotalRp 15.000.000

 

Jika Rudi tidak menggunakan jasa agen perjalanan maka berikut adalah perencanaan dana yang harus dipersiapkan dengan asumsi harga-harga di tempat wisata :

PengeluaranHarga SatuanTotal
Tiket PesawatRp 1.600.000 / orangRp 6.400.000
HotelRp 500.000 / malamRp 1.500.000
Transportasi (Mobil)Rp 200.000 / hariRp 600.000
BensinRp 150.000 / hariRp 450.000

Makanan

3 x 3 hari = 9x makanan

9 x 4 orang = 36x makan

Rp 50.000 / makanRp 1.800.000
Cemilan Rp 250.000 / orangRp 1.000.000
Tour Guide & Tip GuideRp 500.000
Tiket Masuk Tempat WisataRp 150.000 / orangRp 600.000
Boat TradisionalRp 200.000 / perjalananRp 400.000
Alat SnorkelingRp 50.000 / orangRp 200.000
BelanjaRp 1.000.000
Dana DaruratRp 550.000
 TotalRp 15.000.000

 

Perencanaan Dana Liburan Sangat Penting

Perencanaan dana liburan tidak boleh disepelekan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan perencanaan dana liburan. Tentunya Anda ingin berlibur dengan tenang dan pulang dengan senang. Jika semua biaya terkendali, tidak akan ada beban akibat over budget  setelah Anda pulang nanti. Sebaiknya perhitungkan dan buatlah perencanaan dana liburan Anda serinci dan seakurat mungkin.

 

Sumber Gambar : 

  • Holiday Budget – https://goo.gl/TLRygJ dan https://goo.gl/NvtT3Z

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku