Apa saja yang harus diperhatikan ketika mempersiapkan dana liburan? Finansialku.com akan membahas 5 tips mempersiapkan dana liburan, agar tetap senang-senang dan kantong tidak bolong.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan

Langsung saja berikut ini 5 tips mempersiapkan dana liburan:

  

Buat Anggaran

Pertama buat anggaran untuk dana liburan Anda. Pastikan Anda memiliki perhitungan, kira-kira berapa yang dibutuhkan untuk transportasi, biaya untuk konsumsi, biaya untuk akomodasi, biaya untuk main, biaya untuk oleh – oleh dan lain sebagainya. Jika Anda termasuk orang yang tidak mau repot, gunakan jasa travel agent untuk membantu mempersiapkan liburan Anda.

[5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Anggaran Keuangan Keluarga]

 

 

Jangan Mengandalakan Kartu Kredit

Liburan menggunakan kartu kredit, pada dasarnya tidak ada masalah. Pastikan Anda sudah tahu, bagaimana cara membayar tagihan kartu kredit. Ingat kartu kredit itu bukan untuk utang. Gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon, penawaran khusus selama Anda berlibur.

 

[Lihat Infografis: Kartu Kredit itu “U” untuk Untung bukan Utang]

 

Jangan Konsumtif

Terkadang saat di tempat tujuan wisata, Kita sering kali lupa dengan anggaran yang sudah kita buat. Beli ini itu tanpa berpikir panjang atau malah berpikir: ah ini kan setahun sekali, jadi kenapa tidak? Nah usahakan jangan seperti itu. Pastikan Anda menurut anggaran yang sudah dibuat.

 

Sesuaikan Kemampuan

Saat menyusun rencana liburan, tidak ada salahnya Anda menyesuaikan kemampuan. Tidak ada salahnya menunda liburan yang mahal, agar keuangan keluarga tidak berantakan. Misal ingin berlibur ke Eropa, tetapi dana belum mencukupi. Jangan memaksa pergi dengan berutang sana sini. Rencanakan dana liburan Anda dengan matang.

 

Persiapkan Dana Liburan dari Jauh-Jauh Hari

Dana liburan, khususnya jika bepergian ke tempat-tempat yang jauh, idealnya Anda harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Satu hal yang harus diingat, Jangan mengacaukan kondisi keuangan keluarga, hanya karena keinginan sesaat. Kalau Anda sudah mempunyai rencana keuangan, prioritaskan tujuan keuangan yang utama. Contoh belum punya rumah, tetapi sudah berpikir jalan-jalan ke Eropa atau Amerika.

 

Kesimpulan

Jadi menurut Finansialku.com terdapat 5 cara untuk mempersiapkan liburan, agar liburan tetap nyaman: buat anggaran, jangan mengandalakan kartu kredit. jangan konsumtif, sesuaikan kemampuan dan persiapkan uang dari jauh hari.

 

Apakah Anda sudah mempersiapkan dana liburan Anda?

 

Image Credit:

  • Dana Liburan – http://goo.gl/Ao8Tru

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang