Reksadana untuk nyiapin liburan ke luar negeri ? Finansialku.com akan membahas apakah bisa investasi reksadana untuk menyiapkan liburan ke luar negeri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Berapa Besar Dana untuk Liburan ke Luar Negeri?

Banyak orang ingin berlibur ke luar negeri, paling tidak untuk menghilangkan penat dan kejenuhan dari rutinitas. Ga ada salahnya kalau tujuan-tujuan wisata kita berada di luar negeri. Menjadi salah kalau Anda tidak menyiapkan dana liburan, berutang dan merusak kondisi keuangan. Nah bagaimana solusinya?

 

Reksadana untuk Nyiapin Liburan Ke Luar Negeri

Baca Juga: Mimpi Keliling Dunia, Rencanakan Dana Liburan

 

Persiapkan dana perjalanan segera mungkin. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan tujuan wisata Anda dan cari tahu berapa biayanya. Jangan lupa biaya yang dimaksud termasuk transportasi, konsumsi, akomodasi, tiket atraksi dan oleh-oleh. Kalau tidak mau repot ngurus sendiri semua, lebih enak Anda langsung cek website atau telepon travel agent.

 

[Baca Juga: Ga Harus Kaya, Buat Liburan

 

Ketahui berapa harga dan biaya yang harus Anda siapkan. Plus jangan lupa lihat kurs mata uang. Serinkali harga paket perjalanan tetap, tetapi harga kursnya melonjak.

 

Investasi Reksa Dana untuk Dana Liburan Ke Luar Negeri

Setelah Anda mengetahui berapa yang harus disiapkan, langkah berikutnya hitung kebutuhan investasi Anda. Gunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda menghitung berapa dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya.

Pilih produk reksadana yang sesuai untuk kebutuhan dana liburan Anda. Misal Anda ingin pergi berlibur ke Amerika 5 tahun lagi, jadi ga ada salahnya Anda coba reksadana campuran atau reksadana saham.

 

[Lihat Slide: Mengenal Investasi Reksadana untuk Pemula]

Ow ya sebelum berinvestasi reksadana pastikan Anda sudah sehat secara keuangan dan mengenal cara investasi reksadana. Lakukan investasi reksadana sesuai dengan rencana yang sudah Anda miliki. Sedikit tips, tidak ada salahnya menjelang kepergian, Anda ambil untung (taking profit) dari investasi reksadana Anda dan ubah sebagian ke dalam US Dollar. Biasanya US Dollar itu masih diterima dibanyak negara tujuan wisata.

 

Kesimpulan

Semua orang pasti pengen namanya jalan-jalan atau pergi berlibur. Tidak ada salahnya Anda pergi berlibur. Yang salah adalah kalau liburannya ngutang, terus menyebabkan kantong kering. Oleh sebab itu solusinya adalah siapkan dana liburan dengan berinvestasi. Reksadana adalah salah satu pilihan investasi yang cukup fleksibel dan mudah untuk menyiapkan dana liburan.

 

Sudahkah Anda menyiapkan dana liburan dengan investasi reksadana?

 

Image Credit:

  • Vacation Plan – http://goo.gl/zPeZeH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang