Berapa yang dibutuhkan untuk dana liburan? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas jumlah dana liburan yang dibutuhkan dan perlu dipertimbangkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?

Pertanyaan yang harus di jawab sebelum Anda melakukan perencanaan dana liburan adalah berapa yang dibutuhkan untuk dana liburan? Berikut ini beberapa daftar yang harus Anda perhatikan saat menghitung kebutuhan dana liburan.

 

Transportasi

Biaya yang pertama dalam dana liburan adalah biaya transportasi. Biaya transportasi yang dimaksud adalah transportasi saat akan menuju ke daerah tujuan, transportasi selama di tempat wisata dan transportasi untuk pulang ke kota asal. Anda dapat menghemat dana liburan dengan memilih alat transportasi dan menggunakan metode pembayaran yang tepat, misal kartu kredit.

 

 Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?

 [Baca Juga: Mimpi Keliling Dunia – Rencanakan Dana Liburan]

 

Akomodasi

Akomodasi yang dimaksud adalah hotel dan tempat penginapan. Pilih hotel yang sesuai dengan anggaran dan dana yang Anda miliki. Jangan pernah berutang untuk dana liburan, oleh sebab itu pilih metode-metode pembayaran yang tepat.

 

 [Baca Juga:  Apakah Benar, Liburan dengan Kartu Kredit?]

 

Konsumsi

Salah satu pengeluaran yang cukup besar, dalam dana liburan adalah konsumsi. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu berapa biaya konsumsi di tempat tujuan wisata.

 

Rekreasi

Biaya rekreasi termasuk tempat tiket wisata dan tempat bermain. Misal Anda pergi ke kebun binatang, taman wisata dan theme park. Jika Anda berencana berlibur ke luar negeri, biaya rekreasi biasanya cukup mahal. Hal ini dikarenakan perbedaan kurs.

 

 [Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan

 

Oleh-Oleh

Anggaran yang harus disiapkan adalah anggaran untuk membeli oleh-oleh. Walaupun oleh-oleh bukan pengeluaran yang cukup besar, tetapi perlu dianggarkan.  

 

Jika Anda tidak mau ribet dengan membuat anggaran dana liburan, Anda dapat mencari data ke agen perjalanan (travel agent). Biasanya agen perjalanan sudah memiliki data yang lengkap mengenai biaya perjalanan. Setelah mengetahui data-data tersebut, langkah berikutnya mulai menyiapakan investasi.

 

Kesimpulan

Jadi setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan saat menghitung kebutuhan dana liburan yaitu: transportasi, akomodasi, konsumsi, rekreasi dan oleh-oleh. Salah satu cara untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan, Anda dapat juga menghubungi travel agent (agen perjalanan).

 

Sudahkah Anda menghitung dana perjalanan Anda?

 

Image Credit:

  • Travelling – http://goo.gl/XvcGsY

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang