Akhirnya The Fed meningkatkan suku bunga acuan setelah lebih dari 5 tahun menjaga suku bunga di angka 0%. Apa dampak dari kenaikan suku bunga acuan tersebut?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

The FED Menaikkan Suku Bunga Acuan

Akhirnya kabar yang telah lama dinantikan tiba, The Fed (Bank Sentral Amerika Serikat) memutuskan kenaikan suku bunga acuan. Kenaikan suku bunga acuan ini adalah kenaikan pertama kali, setelah hampir satu dekade Amerika menggunakan suku bunga acuan 0%. Kenaikan suku bunga acuan mengindikansikan adanya keyakinan ekonomi AS telah pulih dari dampak krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2007-2009.

 

 Akhirnya The Fed Menaikkan Suku Bunga Acuan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengelola Keuangan Keluarga di Saat Krisis]

 

Melansir laman Liputan6.com, Komite Kebijakan The Fed mengatakan kisaran kenaikan suku bunga acuan sebesar 0,25% hingga 0,50%. Hal ini berarti The Fed masih akan menaikkan suku bunganya pada rapat selanjutnya. The Fed masih memiliki ekspektasi rendah untuk inflasi. The Fed menghendaki dua target dalam menaikkan suku bunga acuan, yaitu rendahnya tingkat pengangguran dan angka inflasi yang stabil. The Fed berharap inflasi bisa mencapai angka 2%.

 

BI Rate Diprediksi Turun

Berita kenaikan suku bunga acuan AS, ditanggapi positif oleh para pelaku pasar modal di Indonesia. Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis 17/12/2016 IHSG menguat 58,66 poin ke level 4.542,12. Kenaikan juga terjadi pada indeks LQ45, sebesar 2,15% ke level 789,68. IHSG juga sempat menyentuh level 4.553,34.

Berita kenaikan suku bunga acuan AS, ditanggapi dengan berita penurunan BI Rate. Bank Indonesia (BI) dikabarkan akan menggelar Rapat Dewan Gubenur (RDG) untuk membahas kondisi perkembangan ekonomi dalam negeri. Banyak pihak yang meminta untuk penurunan BI Rate. Penurunan BI Rate akan memberikan stimulasi di sektor keuangan, properti dan konstruksi.  

 

Sumber Berita:

  • Nurmayanti. 17 Desember 2015. Bank Sentral AS Putuskan Kenaikan Suku Bunga Acuan. Liputan6.com – http://goo.gl/sqx4Fv.
  • Siska Amelie. 17 Desember 2015. Ini Pemicu The Fed Putuskan Suku Bunga Acuan Naik. Liputan6.com – http://goo.gl/sEiuVD.
  • Nurseffi. 17 Desember 2015. Keputusan The Fed Bawa IHSG Naik ke Level 4.543. Liputan6.com – http://goo.gl/z36h5a.
  • Ilyas. 17 Desember 2015. BI Rate Diprediksikan Turun Usai Suku Bunga Acuan AS Naik. Liputan 6.com – http://goo.gl/4dJ1NP

 

Image Credit:

  • Janet Yellen – http://goo.gl/kU9vv8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang