Serangan Iran ke Israel terjadi pada Sabtu 13 April 2024 dini hari (Waktu Indonesia Barat). Apa dampak serangan tersebut terhadap ekonomi dan investasi di Indonesia?

 

Serangan Iran ke Israel, Timur Tengah Memanas

Serangan Iran ke Israel merupakan serangan balasan, karena Israel menyerang konsulat Iran di Damaskus pada Senin (1/4/2024) sekitar jam 17.00 waktu setempat.

Pesawat tempur Israel menyerang gedung Konsulat Iran yang berada di Distrik Mezzeh barat, Damaskus.

Misil Israel menghancurkan gedung dan menewaskan seorang jenderal penting di Garda Revolusi Iran (IRGC) Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan beberapa perwira lainnya.

serangan iran ke israel 1

Peta yang Menggambarkan Jarak Iran dan Israel. Sumber: BBC

 

Jarak antara Iran dengan Israel sekitar 1.000 km, melintasi Irak, Suriah dan Yordania. Pada saat serangan dini hari, Iran meluncurkan 300 drone dan rudal ke Israel. Militer Amerika, Inggris, Perancis dan Yordania pun membantu Israel menahan serbuan misil.

serangan iran ke israel 2

Iran Luncurkan Lebih dari 300 Drone dan Rudal ke Israel – Tensi Meningkat di Timur Tengah. Sumber: BBC.com

[Baca Juga: Ramai Aksi Boikot Produk Imbas Konflik Israel-Palestina, Ini Pengaruhnya!]

 

Dampak konflik Iran vs Israel Terhadap Ekonomi Global

Banyak orang mengkhawatirkan serangan Iran akan menyebabkan perang besar (seperti Rusia vs Ukraina) yang memengaruhi harga minyak mentah, emas dan komoditas lainnya.

 

Bagaimana dengan Minyak Mentah?

Serangan Iran ke Israel tidak berdampak langsung pada harga minyak dunia. Harga minyak dunia WTI (US) sempat naik ke US$ 87,52 per barel dan ditutup pada harga US$ 85,40 per barel.

serangan iran ke israel 3

Grafik Harga Minyak Dunia (US). Sumber: TradingView

 

Harga minya dunia versi Brent (UK) juga sempat mengalami kenaikan sampai USD 92 per barel dan ditutup pada harga USD 90,23 per barel.

serangan iran ke israel 4

Grafik Harga Minyak Dunia (UK). Sumber: TradingView

 

Kesimpulannya: Minyak mentah sempat mengalami kenaikan harga, namun mengalami penurunan pada saat harga penutupan perdagangan.

 

Bagaimana dengan Emas?

Harga emas sempat mengalami kenaikan pada hari tersebut, tertingginya mencapai US$ 2430 per oz. Pada penutupan, harga mengalami penurunan ke US$ 2340 per oz.

serangan iran ke israel 5

Grafik Harga Emas. Sumber: TradingView

 

Jika Anda perhatikan, harga emas memang sedang mengalami kenaikan (rally) sejak Maret 2024. Sehingga kita tidak dapat menyimpulkan kenaikan harga emas terjadi karena serangan Iran ke Israel.

Untuk mengetahui update harga emas terbaru, Anda bisa klik Harga Emas Hari Ini.

 

Bagaimana dengan USD?

Indeks dollar mengalami kenaikan signifikan, karena adanya beberapa data ekonomi makro yang rilis pada tanggal 10-11 April 2024, seperti data pengangguran dan inflasi Amerika yang memberikan sentiment positif.

serangan iran ke israel 6

Indeks Dollar. Sumber: TradingView

 

Untuk mengetahui pergerakan kurs dollar, Anda bisa klik Kurs Dollar Hari Ini.

[Baca Juga: 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia, Rupiah Termasuk?]

 

Bagaimana dengan Bitcoin?

Belajar dari pengalaman sebelumnya (Rusia vs Ukraina), cryptocurrency mengalami kenaikan saat terjadi serangan.

Banyak informasi yang mengatakan, cryptocurrency menjadi alat tukar untuk membeli senjata / peralatan perang. Terpantau Bitcoin (BTC) berada di zona sideways dan malah terjadi koreksi.

serangan iran ke israel 7

Grafik Harga Bitcoin. Sumber: TradingView

 

Dampak Konflik Israel vs Iran Terhadap Ekonomi Indonesia

Ekonomi Indonesia saat ini tidak terdampak langsung dari serangan Iran ke Israel. Berikut ini rangkuman beberapa pejabat di Indonesia, yang sudah melakukan antisipasi dari konflik Iran vs Israel

  1. Bobby Adhityo Rizaldi – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar (melansir detik news):

“Bila tidak terelakkan, tentu Indonesia harus bersiap, utamanya kesiapan rantai pasokan minyak dari Azerbaijan dan Saudi menghadapi kemungkinan konflik di Selat Hormuz.”

  1. Airlangga Hartarto – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (melansir Kompas.tv):

“Dari sisi Perekonomian kita melihat tentu ada lonjakan harga minyak imbas serangan Israel ke iran di kedutaan Damaskus dan juga terhadap retaliasi yang dilakukan Iran.”

“Dari segi ekonomi laut merah dan selat Hormuz itu menjadi penting, terutama karena selat Hormuz 33ribu kapal minyak dan laut merah 27 ribu. Dan peningkatan freight cost menjadi salab satu yang harus dimitigasi,” tegas pria yang juga Ketum Partai Golkar ini.

“Dari segi pasar keuangan, dolar index menguat di tengah rilis ekonomi Amerika yang menguat kemudian eskalasi tentu meningkatkan ketidakpastian dan tentu yang harus dimitigasi adalah beralihnya aset ke safe haven, emas US dolar dan nikel alami kenaikan.”

“Nilai tukar dan IHSG mengalami pelemahan secara global, namun Indonesia dibandingkan peer countries relatif masih aman. Dan tentu kita perlu melakukan beberapa kebijakan. Antara lain bauran fiskal dan moneter, menjaga stabilitas nilai tukar, menjaga APBN, dan memonitor kenaikan harga logistik dan minyak.”

 

Menurut analisis penulis, kenaikan USD mencapai ke level Rp16.200 tidak semata-mata terjadi karena serangan Iran ke Israel. Kenaikan USD terjadi karena Indeks Dollar (DXY) yang mengalami penguatan akibat data-data ekonomi makro US.

Berdasarkan analisa teknikal, saat ini rupiah berada di resistance yang kuat yaitu Rp16.200-an. Ada 2 skenario yang dapat terjadi:

  • Jika rupiah masih terus melemah, maka rupiah dapat menembuh ke level Rp16.400.
  • Jika rupiah mengalami peningkatan, maka rupiah dapat turun ke level Rp16.000.
serangan iran ke israel 8

Grafik Dollar terhadap Rupiah. Sumber: TradingView

 

Pemerintah Indonesia, khususnya Bank Indonesia perlu melakukan intervensi untuk mejaga Rupiah. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan:

“BI selalu ada di pasar dan kami akan memastikan nilai tukar akan terjaga. Kita lakukan intervensi baik melalui spot maupun non delivery forward (NFD).”

 

Dari segi pasar modal Indonesia, IHSG mengalami koreksi setelah libur lebaran. Berdasarkan pantuan penulis, saat ini IHSG mulai berangsur-angsur ke kondisi normal setelah libur panjang.

Per tanggal 17 April 2024 jam 11:28 nilai perdagangan masih Rp5,5T.

serangan iran ke israel 9

IHSG. Sumber: TradingView

 

Hampir semua sektor mengalami pelemahan (17 April 2024, jam 11:28 WIB)

serangan iran ke israel 10

Sumber: Aplikasi Stockbit

 

Menghadapi Konflik Perang Antisipasi Keuangan & Investasi yang Perlu Dilakukan

Sebagai perencana keuangan, penulis mengingatkan untuk mengamankan kondisi keuangan (dasar piramida).

piramida perencanaan keuangan

Piramida Perencanaan Keuangan. Sumber: Finansialku.com

 

Kondisi keuangan yang aman adalah:

  1. Cash flow, pemasukan lebih besar daripada pengeluaran.
  1. Memiliki dana darurat (emergency fund) yang dapat digunakan sebagai safe haven juga, seperti rekening (termasuk rekening USD jika ada), deposito, emas logam mulia dan reksa dana pasar uang.
  1. Pastikan cicilan terjaga, maksimal 35% dari penghasilan bulanan.
  1. Pastikan asset lebih besar daripada utang (kekayaan bersih masih positif).
  1. Memiliki perlindungan / asuransi yang cukup.

 

Anda dapat melakukan pengecekan kondisi keuangan melalui fitur Financial Check Up dari Finansialku. Selain itu Anda juga dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Jika portofolio investasi Anda sedang mengalami penurunan, maka tetap tenang dan review kembali pilihan investasi dan tujuan investasi.

Seandainya ada beberapa saham mengalami penurunan, jangan terburu-buru untuk beli lagi di bawah, karena Anda perlu melihat apakah fundamental perusahaan masih bagus, apakah masih ada tekanan jual dan apakah masih ada margin of safety.

Jika Anda merasa hasil investasi masih kurang memuaskan, maka Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan kami.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Tetap tenang dan waspada dengan adanya konflik di Timur Tengah. Saat ini Israel belum membalas serangan (dan tidak berencana membalas). Iran juga tidak melanjutkan penyerangan, kecuali Israel melakukan serangan balik.

Tetap jaga keamanan keuangan Anda dan review berkala investasi. Yuk, cek tayangan berikut ini untuk rencana keuangan dan investasi tahun 2024.

 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikelnya kepada rekan dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Alinda Hardiantoro, Rizal Setyo Nugroho. 14 April 2024. Kenapa Iran Menyerang Israel? Berikut Alasannya. Kompas.com – https://tinyurl.com/2z5mssu5
  • Arief Ikhsanudin. Senin, 15 Apr 2024. RI Diminta Antisipasi Dampak Ini dari Perang Iran Vs Israel. Detik.com – https://tinyurl.com/bddkf2db
  • Redaksi. 16 April 2024. Konflik Iran-Israel Berdampak, Bikin Pemerintah RI Mulai Antisipasi Ada Lonjakan Harga Minyak. Kompas.tv – https://tinyurl.com/537436ds
  • Raka Dwi Novianto. Selasa, 16 April 2024. Rupiah Jatuh ke Rp16 Ribu, Gubernur BI Perry Warjiyo Siap Intervensi. SINDOnews.com – https://tinyurl.com/mc66bp3u

 

Sumber Gambar:

  • Cover: cnn.com