Apakah Anda memiliki mindset orang kaya? Kali ini Finansialku akan membahas sebuah topik keren mengenai mindset orang kaya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Test: Apakah Anda Sudah Memiliki Mindset Orang Kaya?

Belum lama ini kami mencoba menggali sebuah alat (tool) yang paling dasar untuk mengelola keuangan. Alat itu disebut dengan anggaran (budgeting). Sebelumnya apakah Anda sudah memiliki anggaran?

Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Slide: Apa Itu Anggaran dan Apa Manfaatnya?]

 

Sebelum membahas lebih dalam, kami akan jelaskan sedikit mengenai anggaran. Banyak klien dan orang-orang yang kami temui memiliki penyakit berat :

Mereka mengatakan,  baru kemarin gajian kok tiba-tiba sudah habis lagi. Kemana saja uang gaji kemarin?

 

Semoga Anda tidak mengalami penyakit tersebut ya. Nah solusi yang kami berikan untuk orang-orang tersebut adalah membuat anggaran. Anggaran memungkinkan kita untuk mengelola uang lebih bijak. Berikut ini tampilan fitur anggaran dalam aplikasi Finansialku.

Tampilan Anggaran  Keuangan Keluarga Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Membedah Anggaran Keuangan Keluarga]

 

Anda dapat mengatur pengeluaran untuk masing-masing pos, misal berapa uang yang digunakan untuk donasi (Zakat atau Perpuluhan), berapa yang digunakan untuk kebutuhan pribadi, berapa yang digunakan untuk kesehatan dan lain sebagainya.

 

Waktunya Test

Ternyata alat yang sama (anggaran) bisa memiliki fungsi berbeda untuk orang yang berbeda. Salah satu ahli keuangan Amerika, bernama Robert T. Kiyosaki mengatakan orang miskin, orang menengah dan orang kaya melihat anggaran dengan cara yang berbeda. Menurut Anda apa fungsi anggaran?

Menurut Robert T. Kiyosaki orang dengan mindset miskin (orang tipe 1) melihat anggaran sebagai alat untuk menjaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Artinya orang–orang tipe 1 ini menggunakan angaran untuk memastikan agar pengeluaran selalu lebih kecil daripada pemasukan
Orang dengan mindset kelas menengah (orang tipe 2) melihat anggaran sebagai alat untuk mengetahui berapa besar uang yang masih tersedia. Jadi orang-orang tipe 2 ini ingin mengetahui seberapa besar pendapatan yang masih tersisa (disposable income). Nah uang tersebut akan digunakan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan konsumtif, misal mobil baru, baju baru, makan mewah dan lain sebagainya.
Tipe ketiga adalah orang-orang yang memiliki mindset orang kaya. Orang-orang yang tergolong dalam tipe ketiga ini melihat seberapa banyak uang yang dapat digunakan untuk membeli asset. Jadi perbedaan orang tipe kedua dan tipe ketiga adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan uang yang tersisa.

 

 

Jika Anda ingin Memiliki Mindset Orang Kaya

Apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi orang kaya?

Apakah Anda Punya Mindset Orang Kaya - Quote -  Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Kecil untuk Menjadi Lebih Kaya dan Sejahtera]

 

Seperti kata Robert Kiyosaki, sebelum seseorang menjadi orang kaya, orang tersebut harus memiliki mindset orang kaya (the rich mindset). Tidak ada orang yang benar-benar kaya tanpa memiliki mindset orang kaya. Nah jika Anda ingin menjadi orang kaya, mulailah Anda membuat anggaran dan manfaatkan anggaran dengan mindset orang kaya. Selamat mencoba.

 

Setelah Anda membaca artikel di atas, apakah Anda sudah memiliki anggaran dan memanfaatkan anggaran seperti mindset orang kaya?

 

Sumber Gambar:

  • Rich Mindset – http://goo.gl/yoAYwk
  • Rich Mindset Quote – https://goo.gl/MLIN8T

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang