Apa saja bagian-bagian yang harus ada, ketika Anda membuat anggaran keuangan rumah tangga? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas bagian-bagian dari anggaran keuangan keluarga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa saja Bagian dari Anggaran Keuangan Rumah Tangga?

Menurut pengalaman Finansialku, ada 4 (empat) bagian penting dalam sebuah anggaran keuangan rumah tangga, yaitu: 

Membedah Bagian dari Anggaran Keuangan Rumah Tangga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Anggaran dan Kenapa Perlu?]

 

Kolom 1 menjelaskan pos keuangan, misal belanja bulanan, bayar cicilan dan utang, bayar listrik, telepon dan air, pengeluaran untuk hobi dan lainnya. Anda dapat menambah pos-pos keuangan, sesuai dengan kebutuhan Anda. Usahakan buat kategori yang global, agar Anda tidak perlu bingung saat mencatat pengeluaran-pengeluaran Anda.

Tampilan Anggaran Keuangan Keluarga Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Tampilan Fitur Anggaran dalam Aplikasi Finansialku

Kolom 2 menjelaskan anggaran bulan berjalan. Contoh jika saat ini bulan Februari 2016. Maka pada awal-awal bulan Anda mulai membicarakan dan membuat anggaran bersama seluruh anggota keluarga. Pada saat Anda membiacarakan keuangan dengan pasangan dan anak-anak, sedikit banyak Anda dapat meningkatkan pemahaman mengenai uang dan belajar. 

Kolom 3 menjelaskan pengeluaran yang Anda benar-benar lakukan. Jadi bagian ketiga menunjukkan realisasi atau penggunaan anggaran. Jadi pada kolom 3 menjelaskan realisasi pengeluaran bulan Februrary 2016. Anda dapat membandingkan data di kolom 2 dan kolom 3 untuk mengetahui apakah Anda taat pada anggaran atau malah kelebihan dari anggaran. 

[Jawab Quiz: Apakah Anda sudah mengelola keuangan keluarga dengan benar?]

 

Kolom 4 menjelaskan pengeluaran sesungguhnya pada bulan lalu. Terkadang ada waktunya kita mengalami kesulitan menentukan berapa dana yang dianggarkan untuk pos keuangan ini atau pos keuangan itu. Nah sebagai pembanding, kita dapat menggunakan realisasi pengeluaran pada bulan sebelumnya. Jika saat ini bulan February 2016, maka Anda dapat menggunakan data realisasi pengeluaran Januari 2016.

 

Membuat Anggaran Keuangan Rumah Tangga Tidaklah Susah, Jika…

Sebenarnya membuat anggaran keuangan rumah tangga tidaklah susah, asalkan Anda mau. Dalam perencanaan keuangan, selalu ingat lakukan apa yang dapat Anda lakukan dan lakukan dengan baik. Jangan pusingkan semua hal yang belum dapat Anda tangani. 

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Nah saatnya Anda mulai membuat anggaran keuangan dan memanfaatkannya sebagai alat untuk merencanakan, pengawasan, sarana komunikasi dan panduan untuk membelanjakan uang. 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Apakah Anda pernah kesulitan menjalankan anggaran yang sudah Anda buat?

 

Sumber Gambar:

  • Family on Laptop – http://goo.gl/0IFuUH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang