Apakah Benar Investasi Penuh Risiko? Perencana keuangan independen Finansialku tertarik untuk menjawab pertanyaan banyak orang, apakah benar investasi penuh risiko?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

 

Apakah Benar Investasi Penuh Risiko?

Jawaban pertanyaan tersebut adalah: TERGANTUNG. Kok tergantung? Ya tergantung pada siapa Anda bertanya. Pada dasarnya banyak orang berpikir investasi penuh risiko karena tidak banyak orang yang MENGUASAI dan mampu MENGENDALIKAN investasinya.

Apakah Benar Invetasi Penuh Risiko - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Finansialku akan menjawab pertanyaan di atas dengan mengutip penjelasan yang dibuat oleh Robert T. Kiyosaki (seorang penasihat keuangan Amerika). Dalam bukunya yang berjudul Guide to Investing, beliau menjelaskan tiga hal yang menyebabkan orang-orang berpikir investasi penuh risiko. Finansialku hanya akan membahas 2 hal penting yaitu:

 

Belum Terlatih Menjadi Investor

Menurut Robert T. Kiyosaki, menjadi investor tidak sama dengan Anda berinvestasi di suatu produk. Seorang dikatakan sebagai investor professional jika orang tersebut memiliki mindset seorang professional. Apa maksudnya?

 

Baik mari kita test, apakah Anda seorang investor professional: Jika Anda berinvestasi di saham, apakah tujuan utama Anda berinvestasi?

Jika jawaban Anda: berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya Anda belum dapat dikatakan sebagai seorang investor professional. Banyak pemula yang bertaruh (gambling) pada suatu saham dan hoki, mendapatkan keuntungan besar. Pemula tersebut menjadi lebih percaya diri dan bertaruh dengan angka yang lebih besar. Biasanya pemula itu akan kehabisan hoki, melakukan kesalahan dan mengalami kekalahan besar.

Seorang investor professional akan menjawab: tujuan utama berinvestasi di saham adalah, saya harus berinvestasi dengan cara yang benar. Jika saya sudah berinvestasi dengan benar maka keuntungan akan menyertai.

 

Kurang Kendali

Apakah Anda tahu perbedaan antara risiko dan berisiko? Kebanyakan investor pemula melakukan tindakan yang berisiko dan lepas kendali. Produk – produk investasi adalah kendaraaan yang akan mengantarkan Anda dari posisi keuangan saat ini menuju tujuan keuangan Anda.

Bayangkan saja ada seseorang yang sedang mengendarai sebuah mobil, dari Jakarta menuju Bandung. Apa yang dapat dilakukan orang tersebut jika ban depan mobilnya pecah di jalan told an orang tersebut kehilangan kendali?

 

Hal tersebut sama dengan investasi. Investasi menjadi sangat berisiko, jika Anda tidak dapat mengendalikan.

Bagaimana cara dapat mengendalikan investasi? Salah satunya adalah berinvestasi terlebih dahulu pada waktu untuk belajar. Sembari belajar mengenai teorinya, ada baiknya Anda mulai dari jumlah yang paling kecil, untuk mendapatkan pengalamannya.

 

Kesimpulan

Apakah benar investasi penuh risiko? Ya investasi penuh risiko jika Anda tidak terlatih untuk menjadi seorang investor dan Anda tidak dapat mengendalikan investasi Anda.

 

Sekali lagi,  Menurut Anda apakah benar investasi penuh risiko? Tinggalkan jawaban Anda di bawah ini.

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

[/fusion_builder_column]

[formcraft id=’4′]

Follow Finansialku

dan ikuti diskusinya di

[/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]