Bagaimana cara belanja hemat hadiah akhir tahun? Salah satu rekan Finansialku.com akan membahas bagaima cara belanja hemat untuk hadiah akhir tahun. Langsung saja berikut ini caranya:

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Tips Belanja Hemat Hadiah Akhir Tahun

Tidak terasa sebentar lagi sudah hampir akhir tahun. Apakah Anda sudah mulai bersiap-siap untuk membeli hadiah untuk keluarga tercinta? Hadiah akhir tahun tersebut ternyata cukup mahal juga ya. Anda perlu memasukkan anggaran pengeluaran untuk hadiah akhir tahun. Ada berita baiknya, akhir tahun cenderung banyak diskon dan promo.

 

Belanja Hemat Hadiah Akhir Tahun

[Baca Juga: Kartu Kredit “U” untuk Untung bukan Utang

 

Selain diskon dan promosi yang ditawarkan pusat perbelanjaan, kartu kredit juga memberikan keuntungan. Sebagai pembeli yang cerdas, Anda harus karakteristik dan jenis kartu kredit Anda. Siapa tahu kartu kredit Anda bisa memberi diskon, promo dan cashback!

Seperti yang Anda kenal, program cashback adalah sejumlah uang yang dikembalikan ke Anda dari harga barang yang Anda beli. Walaupun cashback dan diskon berbeda, tetapi intinya Anda mendapatkan keuntungan. Program cashback umumnya terdapat dalam promo kartu kredit.

 

[Baca Juga: Apakah Benar Liburan dengan Kartu Kredit?

 

Situs pembanding keuangan Halomoney.co.id melakukan perbandingan pada tiga kartu kredit  yang termasuk royal memberikan cashback yaitu Permata Shopping Card Gold, Mandiri Hypermart Classic Card, dan Citi Cashback Card terbitan Citibank.

 

Kartu KreditCashbackHemat (Rp)
Permata Shopping Card Gold10% dari total transaksi di supermarket dan restoran dalam sebulan400.000
Bank Mandiri Hypermart Classic Card10% untuk belanja di Hypermart dan Foodmart400.000
Citi Cash Back Card

Presentasi cashback meningkat sesuai dengan jumlah total transaksi per bulannya: 

1% untuk transaksi di bawah Rp. 6 juta

 

3% untuk transaksi antara Rp. 6 juta sampai Rp. 12 juta 

 

5% untuk transaksi di atas Rp. 12 juta

 

10.000 – 59.000

 

sampai 360.000

sampai 650.000

 

Citi Cashback Card lebih unggul dibanding kedua kartu lainnya karena memiliki cashback progresif. Apa itu cashback progresif ? Besar cashback semakin bertambah setiap peningkatan jumlah pembelian. Misalnya Anda berbelanja sebesar 16 juta rupiah dalam bulan yang sama, dengan kartu kredit Citi Cashback. Anda akan mendapatkan cashback sebesar Rp 440.000 dengan perhitungannya cashback progresif seperti berikut:

 

Rp 16 juta =  Rp 6 juta + Rp 6 Juta + Rp 4 Juta 

  • Rp 6 juta pertama, Anda mendapatkan cashback sebesar 1% yaitu Rp 60.000.
  • Rp 6 juta kedua, Anda mendapatkan cashback sebesar 3% yaitu Rp 180.000.
  • Rp 4 juta sisanya, Anda mendapatkan cashback sebesar Rp 200.000

Jadi Anda mendapatkan cashback dari kartu Citi Cashback sebesar Rp 440.000!

 

Program Cashback Progresif juga dapat digunakan untuk berbelanja hadiah di tahun berikutnya, karena akumulasi cashback yang Anda dapat bisa mencapai Rp 7.8 juta rupiah. Dua kartu kredit lainya memberikan cashback 10 %  dari total belanja, yaitu bila Anda belanja Rp 16 juta, maka yang Anda dapatkan adalah Rp 160.000 saja.

 

[Baca Juga: Pilih kartu kredit yang tepat, bisa hemat Rp 1,4 juta untuk belanja gadget]

 

Co Founder dan Director Halomoney.co.id Simon Costello menyatakan kalau cermat memilih fasilitas yang ditawarkan kartu kredit sangat penting. Masalahnya tiap kartu kredit memiliki karakteristis yang berbeda, bahkan untuk satu jenis fasilitas yang sama, seperti halnya cashback.

 

“Saat pertama kali Anda mendengar cashback sebanyak 10 % dari total belanja, maka Anda akan berpikir jumlah yang akan dikembalikan itu sangat besar. Tetapi Citi Cashback sudah membuktikan kalau penerapan cashback progesif lebih menguntungkan pihak nasabah,” kata Simon.

 

Menurutnya, nasabah harus lebih teliti dan cermat dalam memilih kartu kredit, apalagi jika berhubungan dengan fasilitas yang ditawarkan. Salah satu solusi yang ditawarkan Simon adalah membandingkan setiap kartu kredit sebelum memilih yang terbaik.

 

“Setiap orang memiliki perbedaan kebutuhan dan pemilihan kartu kredit harus disesuaikan dengan kebutuhan si nasabah itu sendiri,” jelasnya.

 

Apakah Anda akan memanfaatkan cashback kartu kredit untuk belanja hemat hadiah akhir tahun?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang