Berbisnis Properti dengan Utang?

Berbisnis properti dengan utang? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas topik keren yang banyak diperbincangkan orang yaitu mulai berbisnis properti dengan utang.

 

Berbisnis Properti dengan Utang

Pada dasarnya Finansialku setuju berbisnis properti dengan utang dengan syarat ketentuan berlaku. Apa aja syarat dan ketentuannya? Ada beberapa syarat dan ketentuan (pekerjaan rumah) yang harus kita penuhi, antara lain:

 

Syarat 1: Memiliki Pengetahuan

Syarat pertama dan utama, jika kita ingin berbisnis properti dengan utang adalah memiliki pengetahuan. Kita dapat membaca buku atau mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh praktisi dan investor properti sukses. Di Indonesia banyak pakar-pakar properti yang mengadakan seminar, membeli properti tanpa uang (tanpa Uang Sendiri, tetapi Uang Orang Lain).

 Berbisnis Properti dengan Utang - Menyewakan Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Syarat 2: Memiliki Pengalaman

Edukasi saja tidak cukup, tetapi juga harus praktek. Sobat Finansialku masih ingat aturan properti dari Dolf de Roos, aturan 100:30:3:1 ? Langkah pertama adalah mempelajari 100 properti. Siapkah kita?

 

Syarat 3: Memiliki Mentor

Bisnis akan lebih sukses jika memiliki mentor bisnis. Ketika menentukan mentor hal yang harus dipastikan adalah: calon mentor kita juga berbisnis properti dengan utang dan sudah sukses.

 

Berbisnis Properti dengan Utang - Bisnis Property - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Syarat 4: Memiliki Metode

Namanya berbisnis properti dengan utang, selalu tidak lepas dari memilih properti yang prospek (mampu memberi keuntungan) dan seni bernegosiasi (negosiasi dengan perusahaan yang memberi utang). Pelajari metode-metodenya terlebih dahulu.

 

Syarat 5: Mampu Mengelola Keuangan

Syarat kelima dan terakhir adalah kemampuan mengelola keuangan (keuangan pribadi dan bisnis). Banyak orang mengalami kesulitan berbisnis properti dengan utang karena kesulitan mengelola keuangan. Umumnya pebisnis pemula mencampur adukan keuangan pribadi dengan bisnis. Mengelola keuangan juga termasuk kemampuan untuk melakukan manajemen risiko (risiko jika tidak ada penyewa atau anak kos, risiko jika terjadi kenaikan suku bunga utang, risiko jika  terjadi kebakaran, kerusuhan dan lainnya).

 

Kesimpulan

Berbisnis properti dengan utang itu boleh jika Kita sudah mampu mengendalikan bisnis kita. Agar dapat mengendalikannya, syarat dan ketentuan berlaku:

  1. Memiliki Pengetahuan
  2. Memiliki Pengalaman
  3. Memiliki Mentor
  4. Memiliki Metode
  5. Mampu Mengelola Keuangan

 

Apakah Anda pernah ikut seminar atau memulai bisnis properti dengan utang?

 

Sumber:

  • Property for rent –  http://goo.gl/cXRqpp
  • Property business – http://goo.gl/g7TRgT
  • Property business for success –  http://goo.gl/CCjyI4

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment