Bagaimana cara berhemat BBM untuk masyarakat Jakarta? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan berbagi cara untuk berhemat BBM.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Cara Berhemat BBM untuk Masyarakat Jakarta

Pernahkah Anda mendengar orang berkata: “Kalau tidak macet, bukan Jakarta namanya!” Kemacetan adalah permasalahan utama yang ada di Jakarta. Sampai-sampai ada orang yang berkata, selama Jakarta macet, berarti disitu ekonomi masih berjalan. Celakanya, untuk Anda pengendara mobil, pasti familiar dengan harga BBM yang tidak pernah stabil.

 Cara Berhemat BBM untuk Masyarakat Jakarta - HaloMoney ID - Finansialku

Pada tahun 2005, harga BBM hanya sebesar Rp 2.400, tapi sekarang pada tahun 2015 harga BBM bersubsidi mencapai Rp 7.400! Coba hitung, berapa liter BBM yang Anda dapat dengan uang sebesar Rp 100 ribu? Bagaimana cara berhemat BBM untuk menyiasati kemacetan Jakarta?

Cara Berhemat BBM untuk Masyarakat Jakarta[Baca Juga: Pas Harga BBM Turun, Kok Pengeluaran Tetap Besar?]

Co-founder dan managing director Halomoney.co.id Simon Costello menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya memiliki banyak cara untuk berhemat BBM, salah satunya dengan tidak menyalakan mesin terus menerus.

 

“Kalau Anda sedang terjebak di kemacetan Jakarta, ada baiknya Anda matikan mesin selagi macet. Takut kepanasan? Jangan khawatir, bukalah jendela mobil Anda sedikit untuk membiarkan udara sejuk masuk. Mesin yang menyala terus menerus akan melipatgandakan pemakaian bahan bakar” ujarnya.

 

Selain itu, muatan berat atau membawa barang di atas mobil dapat membuat pemakaian bahan bakar semakin boros. Namun, yang paling penting dan sering dilupakan adalah Anda bisa dapat berhemat BBM dengan memanfaatkan cashback kartu kredit Anda!

 

“Jangan meremehkan bonus cashback yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda. Walaupun nominalnya tidak seberapa besar, Anda akan merasakan dampak yang besar kalau Anda hitung pengeluaran BBM Anda perbulan!” Tegas Simon lagi.

[Baca Juga: Kartu Kredit “U” untuk Untung bukan Utang]

Selain itu, Simon juga menghimbau bahwa masyarakat Jakarta untuk berhemat BBM dengan gaya berkendara yang efisien, rpm yang stabil dan kurangi rem..”

Kalau Anda berkendara dengan kecepatan normal, rem dan gas sesuai kebutuhan, maka pemakaian bahan bakar Anda pun akan menjadi lebih hemat. Mau kan?” Tutupnya.

 

Bagaimana cara berhemat BBM versi Anda? Jangan lupa bagikan cara berhemat BBM di bagian komentar ya.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang