Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda [Infografis]

Bagaimana cara mewujudkan tujuan keuangan? Anda tentu ingin membeli rumah, mobil, meyiapkan dana pendidikan anak atau tujuan keuangan lainnya. Bagaimana cara mewujudkan tujuan keuangan tersebut? Berikut ini caranya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan

Finansialku.com sebagai perencana keuangan, kami membantu klien-klien untuk mewujudkan tujuan keuangan mereka. Bagaimana cara kami membantu klien-klien kami dan Anda untuk mewujudkan tujuan keuangan? Berikut ini sebuah mini infografis yang menggambarkan 4 tahapan untuk mewujudkan tujuan keuangan.

Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan [fusion_builder_container hundred_percent=

[Baca Juga: Mengapa Harus Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas?]

 

Dalam prakteknya, Finansialku.com menerapkan empat tahapan untuk mewujudkan tujuan keuangan, yang diawali dengan menetapkan tujuan keuangan, melakukan perhitungan, mulai berinvestasi kemudian wujudkan tujuan keuangan Anda. Keempat tahapan tersebut adalah ringkasan dari cara merencanakan keuangan. Agar lebih singkat, mari kita bahas satu per-satu.

 

Menetapkan Tujuan

Anda harus memiliki tujuan keuangan yang jelas dan idealnya dilakukan dengan cara yang SMART. Saran kami adalah, jangan terlalu banyak menetapkan tujuan keuangan. Fokus pada 1 atau 2 tujuan keuangan dan baru beralih ke tujuan keuangan berikutnya.

Cara Wujudkan Tujuan Keuangan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Tujuan Keuangan yang SMART?]

 

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana jika saya memiliki 3, 4 atau lebih tujuan keuangan? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang wajar dan seringkali muncul dari klien. Jawabannya tergantung, kondisi keuangan Anda. Jika memang kondisi keuangan Anda memungkinkan untuk segera merencanakan 3 atau 4 tujuan keuangan, ya tidak masalah. Jika belum memungkinkan, ya Anda harus membuat PRIORITAS.

 

Hitung

Tahap kedua, setelah mengetahui tujuan-tujuan apa yang hendak dicapai, kemudian kita lakukan perhitungan. Lakukan perhitungan berapa dana yang harus diinvestasikan setiap tahunnya? Atau diinvestasikan setiap bulannya? Ingat dalam perhitungan selalu ada asumsi perhitungan, seperti faktor inflasi (kenaikan harga) dan ekspetasi hasil investasi. Gunakan asumsi-asumsi yang realistis. Anda dapat menggunakan aplikais spreadsheet (contoh Ms. Excel), kalkulator finansial atau berkonsultasi dengan perencana keuangan.

 

Mulai Berinvestasi

Tahap selanjutnya adalah mulai berinvestasi. Pastikan Anda berinvestasi sesuai dengan rencana yang telah Anda buat. Cari produk  keuangan yang mampu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Tapi ingat sebelum berinvestasi Anda harus memahami bagaimana cara kerja investasi tersebut, legalitas, cara menghasilkan keuntungan dan risiko dari investasi tersebut. Nah sekarang Anda harus segera putuskan: apakah Anda akan segera membuat rencana keuangan dan berinvestasi? Kalau Anda tidak segera mulai dari sekarang, gimana bisa mewujudkan tujuan keuangan Anda.

 Iklan Bareksa Get Your Dreams 240 x 400

 

Wujudkan

Tahapan terakhir ini adalah tahapan yang paling menyenangkan. Setelah investasi Anda cukup untuk mewujudkan tujuan keuangan, Anda dapat segera merealisasikannya.

 

Jadi, Apakah Anda sudah Bertekad untuk Mewujudkan Tujuan Keuangan?

Sulit atau mudah, tergantung Anda. Prinsip untuk mewujudkan tujuan keuangan adalah menetapkan tujuan, hitung, mulai berinvestasi dan mewujudkannya. Selain itu semua, ada dua hal yang paling penting yaitu TEKAD dan DISIPLIN. Kebanyakan klien mengalami kesulitan mewujudkan tujuan keuangan mereka karena kurangnya TEKAD dan DISIPLIN.

 

Jadi apakah Anda sudah memiliki TEKAD untuk mewujudkan tujuan keuangan.

 

Sumber Gambar:

Infografis – Designed by Freepik.com – http://goo.gl/NfggKQ

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download