Berbelanja online menjadi salah satu trend baru dalam cara berbelanja orang Indonesia. Salah satu cara pembayaran yang orang kenal adalah pembayaran melalui transfer bank dan/atau kartu kredit. Pernakah Anda mengenal jenis pembayaran seperti PayPal? Kali ini tim Finansialku akan membahas mengenai cara pembayaran online dengan payment gateway.

online-transaction

Cara Pembayaran Online dengan Payment Gateway

Payment Gateway adalah system yang menghubungkan pembayaran dari website penjualan ke system online dari pihak perbankan. berbentuk dompet virtual yang terintegrasi dengan toko-toko online atau E-commerce. Sederhananya payment gateway bisa juga dibilang sebagai mata uang untuk berbelanja online.

 

Contoh Payment Gateway di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa payment gateway, antara lain:

ipaymu.com-pembayaran-online-indonesiaIPAYMU
Website: https://ipaymu.com/
kaspayKasPayWebsite: https://www.kaspay.com/
DokuDoKuWebsite: http://www.doku.com/
veritransVeritransWebsite: https://www.veritrans.co.id/
finpayFinpayWebsite: http://portalfinpay.com/

Dalam artikel ini tim Finansialku akan mencoba membedah salah satu payment gateway yang bermerk IPAYMU.

 

IPAYMU – Transaksi Online Makin Mudah

 

IPAYMU memfasilitasi Anda sebagai toko online atau merchant untuk memproses transaksi online. Apakah bisnis Anda besar atau kecil, IPAYMU bisa memberikan semua yang Anda butuhkan untuk mulai menerima pembayaran dari seluruh dunia, cepat dan aman. IPAYMU mengintegrasikan bisnis online Anda dengan 137 Bank dan ATM di seluruh Indonesia. Fasilitas kartu kredit IPAYMU terintegrasi dengan multi-currency. 5 Fasilitas IPAYMU: Escrow / Rekening Bersama, Kartu Debit, Kartu Kredit, Tarik Tunai dan Afiliasi.

 

Escrow / Rekening Bersama

Layanan Escrow  atau Rekening Bersama adalah layanan dari IPAYMU, dimana IPAYMU berlaku sebagai pihak ketiga independen yang menyediakan sistem atas transaksi dua pihak (penjual-pembeli) yang belum memiliki keyakinan tinggi diantara keduanya.

flow-chart-escrow

[Baca juga : 4 Tips Sebelum Berbelanja Online]

 

Keterangan:

  1. Pembeli dan penjual sepakat menggunakan layanan Escrow IPAYMU
  2. Pembeli login ke akun IPAYMU dan mengirimkan Escrow kepada Penjual. (Pengirim Escrow dikenakan biaya 2% dari jumlah transaksi)
  3. IPAYMU mengirimkan notifikasi kepada Penjual bahwa Pembeli telah mengirimkan Escrow
  4. Setelah menerima notifikasi, Penjual akan mengirimkan barang kepada Pembeli.
  5. Pembeli menerima informasi dari Penjual bahwa barang telah dikirim (dengan memberikan bukti no. resi pengiriman), kemudian Pembeli akan mengkonfirmasi Escrow yang telah dikirim sebelumnya.
  6. IPAYMU akan mengirim dana tersebut ke akun Penjual

 

Kartu Debit

Website Anda yang terintegrasi dengan IPAYMU, dapat menerima pembayaran hanya dengan 1 rekening bank. Anda dapat menerima pembayaran dari 137 (daftar bank) bank real time dengan notifikasi otomatis dan rekonsiliasi akuntansi yang tepat. Pembeli Anda tetap dapat melakukan pembayaran sekalipun belum menjadi member IPAYMU. Hasil penjualan online Anda dapat Anda tarik langsung ke rekening Anda real time.

Simulasi-Debit

 

Kartu Kredit

Dalam waktu 7 hari kerja, website Anda dapat terintegrasi dengan pembayaran dengan kartu kredit. Syaratnya cukup mudah yaitu melengkapi formulir, integrasi dengan system, coba dan tes system terakhir jalankan pembayaran melalui kartu kredit.

 

Tarik Tunai

Hasil transaksi online dapat Anda tarik sewaktu waktu di seluruh bank di Indonesia, kami terhubung ke jaringan 137 Bank di Indonesia (lokasi ATM) dan 4000 kantor Pos.

 

Layanan Afiliasi

Layanan Afiliasi IPAYMU memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapat komisi dengan merekomendasikan orang lain untuk mendaftar sebagai pengguna IPAYMU . Setiap pengguna IPAYMU masing?masing akan memiliki URL referral unik. Orang yang Anda rekomendasikan harus mendaftar melalui URL referral Anda tersebut.

Video Wawancara penggunaan IPAYMU:

 

Informasi di atas didapat dari website ipaymu. Jadi dengan adanya fasilitas payment gateway para pemilik toko online dan pembeli di permudah melakukan transaksi.