Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi satu hal terkait dasar dari keuangan yaitu MINDSET (pola pikir), mau cari bebas atau cari aman secara keuangan?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Empat Kuadran yang Berbeda

Robert T. Kiyosaki seorang penasihat keuangan di Amerika pernah menuliskan hasil pemikirannya mengenai empat kuadran yang menggambarkan sumber penghasilan seseorang. Berikut ini 4 kuadran tersebut:

 4 Sumber Pendapatan - ESBI Quadrant - Cashflow Quadrant - RichDad - Robert T. Kiyosaki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Secara singkat:

  • E = employee adalah orang-orang yang mendapat penghasilan karena bekerja pada sebuah perusahaan dan mendapatkan gaji sebagai ganti pengetahuan, pengalaman dan waktu.
  • S = self-employed adalah orang-orang yang memiliki usaha pribadi (belum memiliki sistem) atau seseorang yang memiliki profesi. Contoh pemilik toko baju, dokter, pengacara dan lainnya.
  • B = business owner adalah orang-orang yang memiliki usaha dengan sistem yang telah berjalan secara otomatis.
  • I = investor, adalah orang-orang yang menggunakan uangnya untuk menghasilkan pendapatan.

Artikel terkait: Kenali 4 Sumber Pendapatan Ini dan Maksimalkan!

 

Cari Aman atau Cari Bebas?

Apa hubungannya keempat kuadran tersebut dengan cari aman atau cari bebas secara keuangan?

 

Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Jika dilihat dari gambar di atas terdapat perbedaan di kuadran kiri (E dan S) dan kuadran sisi kanan (B dan I). Menurut Robert T. Kiyosaki, kuadran kiri adalah orang-orang yang cenderung mencari keamanan dan kenyamanan secara keuangan. Sebaliknya, kuadran kanan berisi orang orang-orang yang lebih memilih kebebasan secara keuangan.

Perbedaan mindset antara orang yang cari aman atau cari bebas adalah bagaimana mereka berpikir mengenai keuangan. Hal ini yang menjadi alasan utama, kenapa banyak karyawan atau pemilik usaha mandiri gagal dalam membangun bisnis dan investasi. Penjelasan lebih detil mengenai perbedaan cari bebas atau cari aman secara keuangan akan di bahas Finansialku pada artikel berikutnya.

 

Kesimpulan

Apa yang harus dilakukan? Menurut Finansialku, satu hal yang harus dilakukan jika ingin berpindah kuadran (dari kuadran kiri menjadi kuadran kanan) adalah meningkatkan pengetahuan, agar pola pikirnya berubah. Awalnya berpikir untuk cari aman menjadi berpikir untuk cari bebas keuangan.

 

Menurut Sobat Finansialku, apakah Anda pernah mengalami perdebatan batin untuk cari aman atau cari bebas secara keuangan?

 

Sumber Gambar:

Success – http://goo.gl/FPdri6

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang