Drop Out dan Jadi Kaya

Drop Out dan Jadi Kaya, Anda mau? Banyak orang – orang kaya dan sukses di Amerika (sebenarnya ada juga di Indonesia) yang drop out ketika sekolah. Perencana keuangan independen Finansialku ingin membahas bukan pada drop outnya tetapi bagaimana mereka kaya.

  

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hall of Fame Drop Out dan Jadi Kaya

Finansialku membuat beberapa list orang kaya yang drop out ketika sekolah. Siapakah orang-orang tersebut?

  1. Bill Gates founder Microsoft
  2. Steve Jobs founder Apple
  3. Paul Allen cofounder Microsoft
  4. Richard Branson founder Virgin Group
  5. Larry Ellison founder Oracle
  6. Dave Thomas founder Wendys (Fast Food)
  7. Ted Turner founder CNN
  8. Henry Ford founder mobil Ford
  9. Albert Einstein ilmuwan
  10. Walt Disney fouder Walt Disney
  11. John D. Rockefeller founder Standard Oil (perusahaan minyak)
  12. Thomas Edison ilmuwan, penemu bohlam lampu dan founder GE
  13. Ray Kroc founder McDonald
  14. Mark Zuckerberg founder Facebook
  15. Oprah artis

 

Anda mungkin mengenal beberapa nama di atas, orang-orang yang kita kenal populer, orang kaya, orang sukses ternyata drop out dari sekolah. Jadi, bagaimana cara orang kaya menciptakan uang?

Jawaban sederhananya adalah ke 15 orang tersebut dan orang kaya lainnya punya sebuah mesin atm yang mendatangkan uang ke dompet mereka. Mesin atm di atas maksudnya sebuah kiasan, orang kaya mempunyai asset. Finansialku akan memberi 2 contoh asset:

 

Bill Gates Microsoft - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apa asset paling berharga dari Bill Gates? Tentu saja produk-produk Microsoft (Microsoft Office, Microsoft Windows, Xbox Console Game dan produk lainnya). Bayangkan satu tahun berapa banyak software Microsoft yang terjual dan kalikan dengan harga sebuah software Microsoft. Coba perhatikan komputer atau laptop disamping Anda, apakah menggunakan produk Windows atau tidak? Dalam 1 kantor ada berapa komputer yang menggunakan Windows asli? Asset Bill Gates mampu melayani dan membantu mayoritas manusia di dunia.

Mark Zuckerberg Facebook - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apa asset  paling berharga dari Mark Zuckerberg? Siapa yang tidak kenal dengan Facebook. Apakah Anda memiliki Facebook? Coba lihat bagian feed di Facebook, selalu ada iklan (ads) yang muncul. Kenapa ada orang yang mau memasang iklan di Facebook? Facebook sebagai media social mampu melayani mayoritas penduduk di bumi. Jumlah orang yang mengakses Facebook mencapai lebih dari 2  juta orang per hari. Iklan Andapun berpotensi di lihat oleh orang-orang tersebut.

 

 

Bagaimana mereka berdua dan orang kaya lainnya bisa menjadi kaya? Apakah yang mereka lakukan setelah drop out?

 

Bagaimana Orang Kaya Menciptakan Uang?

Drop Out dan jadi kaya bukan pekerjaan yang gampang. Ketika orang – orang di atas memutuskan drop out mereka harus mengerjakan pekerjaan rumah yang lebih berat dari kebanyakan teman seusianya di sekolah. Mereka harus belajar yang sama, dalam waktu yang lebih cepat, harus melakukan kesalahan, harus menguasai produksi, harus menguasai keuangan, harus menguasai legal (hukum), harus menguasai pemasaran, harus menguasai mengelola SDM.

Menurut seorang penasihat keuangan ternama di Amerika, Robert T. Kiyosaki: Orang kaya tidak bekerja untuk mendapatkan uang, mereka bekerja membangun asset. Jadi jika seseorang ingin menjadi kaya bukan fokus pada bisnis apa, bukan fokus pada dapat uang berapa tetapi fokus pada asset apa yang kita bangun? Berapa banyak orang yang dapat dilayani dengan asset tersebut?

 

Kesimpulan

Drop out dan jadi kaya tidak seindah yang ada di Koran, majalah. Justru karena mereka dropout mereka harus belajar lebih keras, melakukan lebih banyak kesalahan dan tak heran mereka lebih sukses. Jika Anda ingin menjadi kaya, bukan drop out solusinya, tetapi membangun sebuah asset yang mampu membantu dan melayani banyak orang.

 

Jika ada sesuatu yang ingin didiskusikan atau ditanyakan, jangan sungkan silahkan isi pertanyaan atau tanggapan Anda di komentar.

 

Sumber

Buku 

  • Kiyosaki. Robert T dan Lechter Sharon L. 2008. Rich Dad Poor Dad – Apa yang Diajarkan Orang Kaya pada Anak-Anak Mereka tentang Uang dan yang Tidak Diajarkan oleh Orang Miskin dan Kelas Menengah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Gambar

  • Gambar Bill Gates: http://lrandcom.com/
  • Gambar Mark Zuckerberg: http://i.huffpost.com/

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

 

[formcraft id=’4′]

 

 

By |2016-12-02T15:20:17+00:00January 14th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Keuangan Keluarga|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment