Harta yang terindah adalah keluarga, jangan biarkan permasalahan waris merusaknya. Perencana Keuangan Independen Finansialku terinsipirasi oleh sebuah quote dari Almarhum Putri Diana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Harta yang Terindah adalah Keluarga

Seringkali kita menjumpai keributan dalam keluarga yang disebabkan karena adanya kesalahpahaman mengenai pembagian waris. Padahal hakekatnya orang tua membagi waris, bukan untuk memecah keluarga dan persaudaraan. Almarhum Putri Diana pernah mengatakan sebuah quote yang sangat indah:

 

English 

Family is the most important thing in the world 

Princess Diana

 

 Harta yang Terindah adalah Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia

Keluarga adalah hal yang paling penting di dunia

Princess Diana

 

Menurut almarhum Putri Diana, keluarga adalah hal yang paling penting dan utama. Sebagai orang tua atau orang yang akan membagikan waris, Anda harus mengambil langkah untuk mencegah (preventif) terjadinya perselisihan waris.

Jangan malu dan sungkan untuk berdiskusi dengan perencana keuangan serta notaris untuk membantu menyiapkan waris (distribusi keuangan). Dalam perencanaan keuangan, dikenal sebuah tahapan merencankaan distribusi keuangan atau waris. 

Pembahasan distribusi keuangan tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak hal yang harus diperhatikan, seperti berapa jumlah yang akan diwariskan, dalam bentuk apa harta yang akan diwariskan (rumah, uang kontan, emas atau lainnya), kepada siapa waris akan dibagikan, bagaimana cara pembagian warisnya, bagaimana dengan pajak dan lainnya.

 

 [Baca Juga: 3 Jenis Cara Menghindari Perselisihan Waris]

 

Lepas dari permasalahan teknis tentang distribusi keuangan, satu hal yang perlu ditekankan yaitu jangan menganggap merencanakan distribusi keuangan (waris) sama artinya dengan mendoakan segera meninggal. Dan jangan pernah berasumsi, anak-anak saya tidak akan rebutan waris.

Pastikan Anda sudah menyiapkan distribusi keuangan, memiliki surat wasiat. Anda dapat memilih jenis surat wasiat apa yang digunakan, apakah surat wasiat umum, olografis atau rahasia. Pastikan Anda melakukan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya perselisihan keluarga.

  

[Baca Juga: Papa Sudah Siapkan Surat Wasiat di Notaris Keluarga]

 

Kesimpulan

Sebagai orang tua, tentu Anda tidak ingin anak-anak berselisih masalah harta. Tidak ada harta yang lebih berharga daripada keluarga. Lakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah perselisihan keluarga akibat waris.

 

Menurut pendapat Anda, apakah membuat surat wasiat di saat masih keadaan sehat itu diperlukan?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang