Ide Baru Tapi Bagus: THR untuk Investasi ?. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan berkolaborasi dengan Ibu Imelda, Senior Vice President – Retail Equity CIMB Securities Indonesia, mengenai penggunaan THR untuk investasi.

 

Apakah sudah ada daftar alokasi THR ke mana? THR untuk Investasi?

Bapak/Ibu sudah mendapatkan THR? Apakah sudah ada daftar alokasi, mau digunakan untuk apa THR yang baru diterima? Sebaiknya memang THR tidak dihabiskan secara konsumtif namun sebagian dari THR dapat digunakan sebagai modal untuk masa depan, alias THR untuk investasi.

Ide Baru Tapi Bagus THR untuk Investasi - Amplop THR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

  • Mau Investasi Kemana? Salah satu sarana investasi yang terbaik menurut saya sekarang ini adalah SAHAM.
  • Pasti banyak yang bertanya : Saham? Gak salah tuh?

 

Kondisi perekonomian akhir-akhir ini memang membuat harga saham banyak terdiskon. Penyebab utama datang dari kondisi Global. Dari dalam negeri sendiri karena belum ada perbaikan ekonomi yang cukup kuat untuk mengangkat antusias investor, walaupun secara fundamental indikator ekonomi negara kita masih sangat kuat dengan pertumbuhan ekonomi yang masih cukup baik, dibandingkan banyak negara lain.

Oleh karenanya, kondisi fundamental perusahaan di Indonesia juga sebenarnya masih cukup kuat sehingga tidak ada yang terlalu dikhawatirkan dengan perusahaan publik di Indonesia. Jadi kesimpulannya, harga saham perusahaan kita yang murah bukan karena kualitas yang jelek tapi karena emosi market saja yang membuatnya terdiskon.

Kondisi ini mirip sekali dengan kondisi di tahun 2008 lalu, dimana terjadi krisis ekonomi global yang bersumber dari gejolak di Amerika.

Harga saham Indonesia pada waktu itu, kemudian turun sangat dalam padahal kondisi fundamental perusahaan di Indonesia saat itu pada umumnya baik-baik saja.

 

Itulah sebabnya ketika melewati tahun kepanikan di 2008 indeks harga saham meloncat lebih dari 400% dari tahun 2009 hingga 2012, sebuah loncatan investasi yang luar biasa..!!

Hal yang mirip kemungkinan saja terjadi lagi, seperti slogan : “history repeats itself“.

 

Jadi sekarang ini, silahkan mulai memilih saham-saham apa saja yang menurut anda merupakan perusahaan yang berfundamental bagus dengan masa depan cerah, lakukan lah analisa fundamental yang baik.

Kemudian silahkan beli saham pilihan tersebut ketika harganya sudah mulai mencapai rata-rata titik terendahnya, konsultasikan lah mengenai hal ini kepada Equity Consultant anda, jika anda belum terbiasa melakukan analisa technical atau membaca grafik harga.

Akhirnya, mari kita lihat, setinggi apa nantinya investasi kita ini akan memberikan hasil keuntungan. Jangan fokus pada target waktu, karena kondisi pembalikan arah investasi butuh waktu yang tidak dapat diformulasikan.

 

Opini Finansialku – THR untuk Investasi

Finansialku setuju dengan Ibu Imelda, THR sebaiknya dialokasikan untuk kebutuhan-kebutuhan masa depan, misal THR untuk investasi, tetapi investasi apa? Banyak orang merasa investasi itu membingungkan, karena mereka tidak memiliki rencana yang jelas. Pastikan sebelum Bapak/Ibu menggunakan THR untuk investasi, Bapak/Ibu harus tahu dulu tujuan keuangannya, tahu berapa yang dibutuhkan dan tahu caranya. Saran Finansialku:

Sebelum berinvestasi pada produk investasi, berinvestasilah pada WAKTU dan PENDIDIKAN.

Jangan asal ikut investasi, tanpa tahu bagaimana cara kerja investasinya? apa tujuannya? dan lain sebaginya

 

Kesimpulan

Bapak/Ibu ingat ya, jangan habiskan semua uang THR untuk keperluan konsumtif. Sebaiknya mulai sisihkan 10% – 20% uang THR untuk investasi. Selamat mencoba.

 

Bapak / Ibu, Sobat Finansialku, bicara THR untuk investasi, berapa persen yang Anda anggarkan untuk investasi?

 

Sumber Gambar:

THR – http://goo.gl/LQ7Vnk

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang