Investasi Reksa Dana Sekarang, Karena Ada 8 Keuntungan

Investasi reksa dana sekarang juga, karena ada 8 keuntungan. Kenali 8 keuntungan investasi reksa dana, yang mungkin belum Anda sadari.

 

8 Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana

Banyak orang mengeluh, kok kenaikan biaya hidup lebih tinggi ya dari kenaikan gaji? Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik! Banyak orang juga mengalami permasalahan yang sama dengan yang Anda hadapi. Bedanya dengan Anda, tidak semua orang tahu solusinya, nah kali ini Finansialku akan berbagi salah satu solusinya.

[Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Reksadana?]

 

Menurut seorang pakar di bidang keuangan bernama Robert G. Allen, seseorang idealnya memiliki beberapa sumber penghasilan. Pertanyannya, darimana saja sumber penghasilan Anda? Apakah 100% dari gaji, bonus dan tunjangan? Jika ya berarti Anda harus menambah sumber penghasilan Anda. Bagaimana cara menambah sumber penghasilan?

  1. Menambah pekerjaan (part time), tetapi cara ini perlu banyak usaha.
  2. Berinvestasi, cara yang dapat Anda lakukan segera (saat ini juga) dengan jumlah uang yang kecil. Anda dapat berinvestasi sesuai dengan kondisi keuangan Anda, tujuan keuangan dan profil risiko. Indonesia sudah memiliki beragam pilihan investasi, mulai dari yang konvensional hingga yang paling canggih. Nah salah satu investasi yang cukup mudah dan murah adalah reksa dana.
  3. Membangun asset untuk menghasilkan pendapatan pasif, perlu waktu cukup panjang tetapi harus Anda pertimbangkan. Sembari membangun asset, Anda dapat menambah penghasilan dengan cara yang lain.  

 Investasi Reksa Dana Sekarang Karena Ada 8 Keuntungan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Menambah Sumber Penghasilan dari Robert G. Allen]

 

Pertanyannya kenapa harus investasi reksa dana? kok bukan yang lain. Langsung saja berikut ini 8 potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh, jika investasi reksa dana.

 

Mudah

Reksa dana adalah produk investasi yang sangat mudah. Anda sebagai calon investor cukup datang ke bank, perusahaan sekuritas atau daftar di website penjual reksadana online (www.Bareksa.com). Setelah mendaftar Anda dapat langsung membeli reksa dana. Sebagai tambahan informasi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang (alias gratis) untuk membuka akun di reksa dana online dan tidak ada minimal deposit.

 Iklan Bareksa 1 - 728x250 - Cara Investasi Reksadana Online

 

Murah

Berapa yang harus Anda keluarkan untuk berinvestasi reksa dana?

(a) Rp 1.000.000

(b) Rp 0100.000

(c) Rp 0010.000

 

Jawaban yang benar adalah b, Rp 100.000. Ya betul Anda dapat berinvestasi dengan uang Rp 100.000. Kemudian Anda dapat menambah investasi reksa dana setiap bulannya. Biasanya minimum pembelian ulang (top up reksa dana) adalah Rp 100.000.

 

Waktu yang Fleksibel

Salah satu keuntungan investasi reksa dana adalah waktu lebih fleksibel. Anda sebagai investor tidak perlu mantengin atau ngelihatin harga setiap waktu. Investasi Anda sudah dikelola oleh perusahaan Manajer Investasi (MI). Anda akan diberi laporan mengenai perkembangan investasi Anda.

 Reksadana itu Dipahami dan Dinikmati, Jangan Diacuhkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Cara Investasi Reksadana Online di Indonesia]

 

Bagaimana dengan waktu yang dibutuhkan untuk membeli reksa dana? atau menjual reksa dana? Salah satu keuntungan berinvestasi dengan reksa dana online adalah semua transaksi dapat dilakukan dengan komputer atau smartphone.  

 

Banyak Pilihan

Investasi reksa dana memiliki banyak jenis, mulai dari reksa dana yang konservatif (jenis reksa dana pasar uang) sampai reksa dana yang agresif (reksa dana saham). Untuk satu jenis reksa dana pasar uang, terdapat lebih dari 50 pilihan. Jangan khawatir Finansialku akan berbagi cara untuk memilih reksa dana yang kinerja yang baik.

 [Baca Juga: Merencanakan Keuangan dengan Investasi Reksadana]

 

Pencairannya Cepat

Pencairan reksa dana dan penerimaan uang hasil investasi hanya membutuhkan waktu maksimal 7 hari sejak perintah pencairan. 

 

Bukan Objek Pajak

Menurut Undang-undang PPh Pasal 4 Nomor 3 huruf (i) menyatakan bahwa investasi reksa dana bukan objek pajak. Mengapa reksa dana bukan objek pajak? Karena pajak atas keuntungan investasi reksa dana sudah dibayarkan oleh Manajer Investasi. Jadi laporan keuntungan reksa dana yang dikirimkan setiap bulannya adalah keuntungan yang sudah bersih.

  [Baca Juga: Cara Membeli Reksadana Online]

 

Harga Transparan

Reksa dana memiliki harga yang transparan dan adil. Anda dapat mengecek harga reksa dana terkini melalui koran investasi atau website. Tidak ada perbedaan harga, untuk investor besar maupun investor kecil, asalkan hari transaksinya sama.

  

Hasil Investasi di Atas Inflasi

Hasil investasi reksa dana memiliki potensi mengalahkan inflasi. Artinya uang Anda berkembang lebih besar dibandingkan dengan kenaikan harga-harga barang.

 

Kesimpulan

Anda dapat melihat 8 potensi keuntungan investasi reksa dana: mudah, murah, waktu yang fleksibel, beragam pilihan, pencairan cepat (likuid), bukan objek pajak, harga transparan dan hasil investasi berpotensi mengalahkan inflasi. Sekarang selamat mencoba.

 

Menurut Anda, apakah rugi jika seseorang menunda investasi?

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai Perencanaan Keuangan

[]
1 Step 1
Namayour full name
Previous
Next

 

By | 2017-08-31T09:29:01+00:00 December 28th, 2015|Categories: Investasi, Reksa Dana|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download