Jangan Asal Memilih Franchise

Memilih Franchise tidak boleh asal jika tidak ingin merugi. Bagaimana cara memilih franchie yang tepat? Perencana keuangan independen Finansialku akan menjelaskan hal-hal penting sebagai pondasi dalam memilih Franchise.

  

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Franchise di Indonesia

Banyak orang ingin sekali memulai bisnis, tetapi takut untuk merintis usaha. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah membeli waralaba atau franchise. Franchise bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan, sembari Anda tetap mengerjakan pekerjaan utama (syarat dan ketentuan berlaku).  Apa syarat dan ketentuannya?

Sederhana syaratnya kalo franchise yang Anda pilih sudah dapat berjalan dengan sendirinya. Bayangkan Anda memilih franchise disektor makanan, ayam goreng dengan brand (merk) KFC. Setelah Anda membeli dan menjalankan aturan mainnya, kemudian uang masuk ke kantong. Nah disana Anda sudah bisa meningkatkan penghasilan sembari tetap mengerjakan pekerjaan utama.

 

Jangan Asal Memilih Franchise KFC

 

Nah gimana caranya untuk mengetahui lebih dalam mengenai franchise? dan memilih franchise yang tepat? Caranya adalah sama seperti yang kami katakan: sebelum berinvestasi apapun sebaiknya investasi waktu, pikiran, biaya dan tenaga untuk belajar dan mendalami investasi yang akan Anda lakukan. Anda harus membaca buku-buku mengenai franchise, menelepon beberapa pemilik franchise dan melihat Franchise Disclosure Document (FDD).

 

Jangan Asal Memilih Franchise

 

Satu hal yang perlu ditekankan, jangan menilai sebuah Franchise dari pemberitaan di Koran atau di internet, uang tidak bisa dilihat dengan mata. Anda perlu melihat laporan keuangan, mempelajari klausul-klausul hukum dan dokumen FDD.

Segala proposal penjualan selalu disajikan dengan angka dan perhitungan yang bagus. Perhitungan itu 100% benar dan jujur, tetapi Anda perlu melihat asumsi apa yang digunakan. Apakah Anda mampu memenuhi asumsi-asumsi tersebut. Sangat dimungkinkan asumsi perhitungan itu dapat dipenuhi oleh orang lain, tetapi Anda mungkin saja belum bisa memenuhi asumsi-asumsi perhitungan tersebut di tahun pertama.

 

Kesimpulan

Ketika teman-teman memilih Franchise, pastikan teman-teman sudah menguasai kosakata yang digunakan dalam diskusi. Tentu saja teman-teman harus belajar lebih dulu mengenai dunia Franchise. Setelah teman-teman berinvestasi pada pengetahuan saatnya memilih Franchise yang tepat.

 

Sumber

  • Anne Watson. 2010. How to Succeed with NLP: Go from Good to Great at Work. West Sussex (UK): Capstone Publishing.
  • NAQS DNA. 2011. Tips untuk Menghancurkan Mental Block. http://www.naqsdna.com/
  • Hypnocative Speech. Cara Menghancurkan Mental Block / Hambatan Mental Dalam Belajar. http://www.hypnocativespeech.com/.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

By | 2016-12-02T14:54:53+00:00 January 30th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis, Perencana Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment