Kebutuhan dan Keinginan: Liburan (Quiz)

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sering kali menjadi sumber masalah keuangan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas kebutuhan dan keinginan, serta jangan lupa ikuti quiznya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan dan keinginan (needs and wants) adalah dua hal yang sering kali datang dalam kehidupan kita. Jika kita sampai salah dalam memprioritaskan kebutuhan dan keinginan, kita bisa jadi jatuh dalam permasalahan keuangan (money problems). Apa saja perbedaan antara kebutuhan dan keinginan?

 

Kebutuhan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Mungkin Anda masih ingat ada kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan tersier.

 

Kebutuhan dan Keinginan: Liburan (Quiz)[Baca Juga: Mimpi Keliling Dunia, Siapin Dulu Dana Liburan Anda]

 

Keinginan

Keingingan adalah segala sesuatu yang mau diwujudkan oleh manusia, tetapi tidak mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Seringkali keinginan itu timbul karena faktor WAH. Tiga huruf tersebut W. A. H dapat merusa kondisi keuangan Anda.

 

Oke kita mulai quiznya kebutuhan dan keinginan dalam liburan.

 

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Kebutuhan atau Keinginan Liburan Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

Penjelasan

Liburan pada dasarnya termasuk dalam kebutuhan sekunder. Semua orang perlu berlibur untuk menghilangkan kepenatan, mencari inspirasi dan bersosialisasi. Liburan mewah adalah sebuah keinginan. Misal Anda ingin pergi ke Maladewa, Eropa atau perjalanan luar negeri lainnya.

Bepergian dengan pesawat adalah kebutuhan, jika memang tujuan wisata Anda jauh atau lebih cepat jika ditempuh dengan pesawat. Terkadang bepergian dengan pesawat dapat menghemat pengeluaran dan waktu Anda lho.

Tempat tinggal adalah kebutuhan primer seseoran. Memilih tinggal di hotel atau resort mewah itu cenderung keinginan. Apakah tidak boleh tinggal di hotel atau resort mewah? Jawabannya boleh saja, jika memang Anda mampu secara keuangan. Salah satu quote dari Will Smith mengatakan jangan pernah membeli barang yang belum kita mampu beli, hanya untuk kelihatan WOW.

 

 [Baca Juga: Gengsi atau Kebodohan, Beli Merk Supaya WOW]

 

Kesimpulan

Seperti yan dijelaskan di atas, perbedaan kebutuhan dan keinginan terletak pada fungsi dan tujuan. Kebutuhan lebih cenderung untuk keberlangsung hidup seseorang. Kalau keinginan cenderung mengejar pada kata WAH. Jadi bukan berarti kalau mahal itu keinginan, kalau murah itu kebutuhan ya. Tetapi lihat pada fungsinya.

 

Apakah Anda pernah mengalami galau karena kebutuhan dan keinginan saat berlibur?

 

Image Credit:

  • Wedding – http://goo.gl/cmlQUj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-12-09T15:14:07+00:00 November 18th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Dana Liburan, Tujuan Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download