Kenali tipe-tipe peluang usaha di Indonesia agar kita dapat mengetahui mau memulai bisnis apa dan bagaimana aturan mainnya. Tipe-tipe berikut ini adala pembagian tipe-tipe peluang usaha menurut Finansialku:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Peluang Usaha: pilih Business atau Busyness?

Sebelum membahas peluang usaha, kita samakan persepsi dulu ya. Kita akan membicarakan mengenai business (bisnis) bukan busyness (kesibukan). Apa bedanya antara business atau busyness?

 

Kenali tipe – tipe peluang usaha di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Business (Bisnis)Busyness (Kesibukan)
Punya atau sedang membangun sistem.Tidak memiliki sistem dan tidak berusaha mengembangkan sistem.
Memiliki target yang jelas: target penjualan, target keuangan dan lain sebagainya.Tidak jelas targetnya.
Bekerja membangun asset.Bekerja mendapatkan uang.
Beorientasi pada bisnis yang berkelanjutan (sustainability business).Lebih mementingkan jangka pendek.

 

Peluang usaha itu banyak jenisnya, ada yang peluang usaha business, ada juga peluang usaha yang busyness. Dalam artikel kali ini, Finansialku akan berbicara hanya pada peluang usaha yang business. 

 

Kenali tipe – tipe peluang usaha di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Peluang usaha dalam kategori bisnis harus memiliki SISTEM. Sistem ada dua jenis, bisa kita beli sistemnya atau kita buat sistemnya. Mari kita bahas satu persatu.

 

Buat Sistem – Produk Sendiri

Di Indonesia kategori ini tergolong dalam peluang usaha yang cukup menantang. Biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan produksi. Jadi kata kuncinya adalah PRODUKSI. 

 

Kenali tipe – tipe peluang usaha di Indonesia - Tukang Jahit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pak kalau bisnis di bidang fashion, seperti jilbab itu susah ga? Saya tidak akan menjawab langsung, tetapi coba Anda perhatikan bisnis yang memproduksi hijab (jilbab): mulai dari membuat desain, produksi, pemasaran, mengelola merk (branding), mengurus keuangan, penagihan dan lain sebagainya.

Contoh kedua adalah bisnis jasa foto kopi dan digital printing. Pernahkah Anda memperhatikan, bagaimana cara kerja sistem di perusahaan foto kopi dan digital printing? Mulai dari memilih mesin, perawatan mesin, mengatur antrian pesanan, mengatur stok kertas, tinta, mengatur karyawan, penagihan dan lain sebagainya.

 

Buat Sistem – Produk Orang Lain

Jenis peluang usaha yang kedua adalah buat sistem tetapi produknya orang lain. Biasanya jenis peluang usaha ini adalah jenis DISTRIBUSI.

Buat sistem untuk produk orang lain contohnya adalah toko bangunan. Coba lihat toko-toko bangunan yang sukses. Perhatikan sistem kerjanya mulai dari memesan barang ke supplier, mengelola stok barang, melakukan pengiriman barang, penagihan dan lain sebagainya.

 

Beli Sistem – Harga Mahal

Jenis peluang usaha yang ketiga adalah membeli sistem dengan harga mahal. Kecenderungan dalam dunia bisnis, jika membeli sistem makan produknya adalah produk orang lain.

WARALABA adalah jenis peluang usaha dengan membeli sistem dengan harga relatif mahal. Pernahkan Anda mendengar peluang usaha waralaba ayang goreng (fried chicken)?

 

Beli Sistem – Harga Murah

Jenis peluang usaha yang keempat adalah membeli sistem dengan harga murah.
Salah satu contoh peluang usaha dengan membeli sistem dengan harga relatif murah adalah ikut MLM (multi level marketing) atau menjadi AGEN, BROKER.

 

Kenali tipe – tipe peluang usaha di Indonesia - Agen Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Coba Anda amati sistem kerja seorang agen properti atau broker properti. Mereka tidak memerlukan modal yang tidak terlalu besar untuk memulainya. Biasanya mereka perlu mengeluarkan modal awal seperti kartu nama, spanduk reklame, telepon dan kendaraan. Orang tersebut perlu menemukan antara penjual dan pembeli serta mempermudah transaksi. Segala urusan surat perjanjian, biaya ini itu semua diurus oleh kantor agensi properti.

 

Peluang Usaha Selalu Datang, Tetapi Hanya Sedikit yang Melihat

Banyak orang bertanya, apakah peluang usaha hanya datang sekali? Jawabannya tergantung, siapa yang melihat. Jika kita (saya dan Anda) sudah mengerjakan PR (pekerjaan rumah) dengan baik dan benar, kita dapat melihat peluang usaha datang berkali – kali.

 

Apa yang dimaksud dengan mengerjakan PR? Sudahkah Anda melakukan pengemabangan diri, ikut seminar, ikut pelatihan, membaca buku, menambah wawasan dan lain sebagianya.

 

Kesimpulan

Setelah kita bahas satu persat, kami membedakan peluang usaha menjadi 4 jenis yaitu:

  1. Buat Sistem – Produk Sendiri
  2. Buat Sistem – Produk Orang Lain
  3. Beli Sistem – Harga Mahal
  4. Beli Sistem – Harga Murah

 

Kami akan menutup artikel ini dengan sebuah quote:  Peluang Usaha yang langka hanya datang pada orang yang sudah siap.

 

Apakah Anda sudah siap melihat peluang usaha yang langka?

 

Image Credit:

  • Business – http://goo.gl/DJSxvz
  • Tailor – http://goo.gl/UuqVrp
  • Real Estate – http://goo.gl/gHvoAu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang