Kredit Mikro adalah salah satu jenis pendanaan untuk perusahaan UMKM. Kredit Mikro pertama kali dikenalkan oleh Muhammad Yunus, seorang professor di Negara Bangladesh Finansialku akan membahas mengenai kredit mikro.

microfinance1 Kredit Mikro untuk UMKM

 

Definisi Kredit Mikro

Kredit mikro atau disebut juga micro finance didefinisikan sebagai suatu bentuk pinjaman yang umumnya memiliki jumlah yang relatif kecil untuk orang-orang yang tidak dapat diakses oleh perbankan (atau istilahnya tidak bankable) Tujuan dari kredit mikro adalah untuk wirausaha.

download Kredit Mikro untuk UMKM

[Baca juga : Menjadi Entrepreneur melalui Bisnis Online]

 

Beberapa orang mempertanyakan konsep ini, terlebih dari sisi kemampuan untuk membayar  utang. Apakah orang-orang yang tidak dapat diakses bank ini mampu membayar pinjaman? Nah konsep kredit mikro pertama kali dikenalkan oleh Bapak M. Yunus di Bangladesh. Cerita selengkapnya akan dibahas pada bagian sejarah kredit mikro.

 

Sejarah Kredit Mikro

Kredit mikro atau micro finance dirintis oleh seorang Professor bernama Muhammad Yunus pada awal tahun 70an. Pria kelahiran 28 Juni 1940 ini adalah seorang professor di bidang ekonomi di salah satu universitas di Bangladesh. Suatu saat Muhammad Yunus mendapatkan inspirasi atau perubahan yang drastis, Beliau terharu melihat warga sekitar kampusnya berada dalam kondisi miskin, bahkan ada orang yang mati kelaparan, tetapi Beliau tidak dapat melakukan apapun untuk dapat membantu warga sekitar.

Muhammad_Yunus_-_World_Economic_Forum_Annual_Meeting_2012 Kredit Mikro untuk UMKM

[Baca juga : Pelajaran Cara Hidup Sederhana dari Warren Buffet]

 

Muhammad Yunus melakukan gerakan perubahan atas dasar suara hati dan ilmu di bidang ekonomi. Akhirnya Beliau mencoba mendatangi perkampungan kumuh dan melakukan gerakan awal. Sang professor berpikir kenapa orang yang miskin ini tidak memiliki kesempatan yang sama seperti dirinya atau orang lain dalam hal akses ke perbankan? Sang professor mengajak salah satu orang dan membawa ke perbankan untuk mengajukan aplikasi kredit dengan personal guarantee (utang orang miskin digaransi pribadi oleh Professor Muhammad Yunus). Orang tersebut dibina dan dibimbing dalam wirausaha dan secara ajaib orang tersebut mampu membayar pokok utang dan bunganya. Hal inilah yang memantapkan pemikiran dari Sang Professor.

 

Gerakan peminjaman dana dan kemudian melakukan pendampingan usaha dilakukan secara berkesinambungan dan akhirnya pada tahun 1983, Prof. Muhammad Yunus mendirikan sebuah bank bernama Grameen Bank. Berikut ini adalah profil dari Grameen Bank, yang dikutip dari Wikipedia.

Grameen Bank - Kredit Mikro untuk UMKM

(data diambil dari www.wikipedia.com pada tanggal 10 November 2013)

Ada hal unik pada Grameen Bank yaitu hampir 95% nasabahnya adalah ibu-ibu atau wanita. Kenapa ya kok mayoritas nasabahnya kebanyakan wanita? Mungkin saja ibu-ibu atau seorang wanita dianggap lebih bertanggung jawab dalam mengatur atau mengelola keuangan keluarga. Setiap periode tertentu aka nada pertemuan ibu-ibu atau nasabah Grameen Bank untuk mendapatkan motivasi, pendidikan mengenai bisnis (coaching clinic) dan empowerment dari tim Grameen Bank. Pertemuan tersebut melahirkan sebuah keterikatan antar Grameen Bank dan nasabahnya, keterikatan antara nasabah yang satu dengan nasabah yang lain.

Contoh sederhana cara kerja kredit mikro adalah uang sebesar Rp 10.000.000 akan dipinjamkan untuk satu kelompok Ibu-Ibu yang berjumlah 5 orang (tentunya dengan bunga tertentu, biasanya bunganya cukup besar). Nah Ibu yang pertama harus bekerja keras memutar pinjaman tersebut untuk menjalankan bisnis. Sebagian keuntungan bisnis digunakan untuk mengembalikan pokok utang beserta dengan bunganya. Kemudian dana dari Ibu pertama akan diteruskan kepada Ibu yang kedua. Jika ada salah satu anggota yang gagal melakukan pembayaran pokok utang dan bunganya , orang tersebut akan mendapat sanksi social. Cara kerja seperti ini yang menyebabkan rasio gagal bayar (non performance loan) Grameen Bank menjadi sangat kecil.

Berikut ini ada beberapa cuplikan testimoni dari nasabah-nasabah Grameen Bank.

Singkat cerita pada tahun 2006, Professor Muhammad Yunus dan Grameen Bank mendapatkan penghargaan yang paling bergengsi di dunia yaitu hadiah Nobel Perdamaian. Penghargaan bergengsi ini diberikan atas kerja keras Professor Muhammad Yunus dan Grammen Bank mengembangkan ekonomi dari bawah.

xin_35120311091078546983 Kredit Mikro untuk UMKM

 

 

Jika Anda memiliki ide atau pendapatan mengenai sistem kredit mikro, khususnya penerapan kredit mikro di Indonesia, silakan tinggalakan komentar Anda. Terima kasih.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuGagal Merencanakan berarti Merencanakan untuk GagalBaca
finansialkuHati-Hati dengan Strategi Buy MoreBaca
finansialku5 Alasan Kita Harus Belajar Keuangan PribadiBaca
finansialkuMenjadi Entrepreneur melalui Bisnis OnlineBaca
finansialkuApa itu Aturan 72 dalam Investasi?Baca