Bagaimana ya cara mengetahui tren bisnis online yang sedang booming? Salah satu rekan Finansialku akan membahas lebih lanjut, tips mengetahui bisnis online yang sedang booming.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Lima Tips Mengetahui Tren Bisnis Online yang Sedang Booming

Sekarang ini zamannya bisnsi online, semua kegiatan selalu mengarah pada penggunaan internet (internet of things –  IOT). Bagaimana dengan bisnsi Anda, apakah Anda sudah memulai bisnis online? Atau sudah menggunakan internet untuk bisnis?
Lima Tips Mengetahui Tren Bisnis Online yang Sedang Booming dan Ngetop - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Saran Bill Gates gunakan Internet untuk Bisnis]

 

Sebelum menjalankan bisnis online, setiap entrepreneur perlu mengetahui tren bisnis online yang sedang booming. Tentunya kemampuan untuk melihat tren bisnsi online yang sedang booming, berguna untuk menentukan arah bisnis ke depan, memutuskan jenis produk atau layanan yang akan dipasarkan serta menentukan strategi bisnis ke depannya.

 

Anda dapat menerapkan lima tips untuk mengetahui bisnis online yang sedang booming:

 

Cara 1: Memanfaatkan Media yang Ada

Cara pertama untuk melakukan riset tren bisnis online, adalah dengan memanfaatkan informasi yang ada di media. Anda dapat mengecek informasi-informasi di media elektronik, media cetak, media sosial (Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, YouTube dan lainnya), forum online dan riset kata kunci. Sebagian besar informasi dapat diakses secara gratis, asalkan Anda mau.

 

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?]

 

Cara 2: Jangan Lupa Dengarkan Konsumen Terlebih Dahulu

Cara kedua untuk mengetahui tren bisnis online, adalah dengan mengamati dan survey kepada konsumen. Anda dapat mendatangi langsung target konsumen dan melakukan survey. Sebelum ada GoJek, setiap orang mengeluh transportasi adalah masalah utama. Nadiem Makarim (pendiri GoJek) melihat permasalahan tersebut dan mencoba memberikan solusi. Dengan menggunakan teknologi informasi, GoJek menghubungkan calon pelanggan dengan tukang ojek. Nah Anda dapat melakukan apa yang sudah dilakukan GoJek untuk mengamati permasalahan dan menawarkan solusinya.

 

Cara 3: Ikut Seminar dan Komunitas Pebisnis

Cara ketiga untuk mengetahui tren bisnis online, adalah dengan bergabung komunitas bisnis, forum bisnis dan seminar. Anda akan mendapatkan banyak informasi terkait dengan tren bisnis online, isu-isu terkini mengenai bisnis online jika Anda bergabung dalam komunitas pebisnis, forum atau mengikuti seminar.

5 Biaya KPR yang Sering Terlupakan oleh Pemula - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: 8 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Memulai Bisnis Online]

 

Cara 4: Kumpulkan Data, Buat Analisa dan Kesimpulan

Setelah Anda mendapatkan data-data dan informasi, Anda pelu melakukan analisa. Dalam menganalisa, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal termasuk kondisi politik, kebijakan hukum, faktor ekonomi, faktor sosial dan budaya. Sebagai contoh, Aplikasi GoJek sempat menjadi sorotan dan diprotes oleh pengemudi ojek. Anda perlu melakukan analisis terlebih dahulu, agar jalan kedepannya jauh lebih mudah.

 

Cara 5: Konsultasi dengan Ahli

Cara lainnya adalah bertanya pada orang-orang yang sudah sukses di bisnis online. Contoh jika Anda ingin menjadi seorang blogger, Anda dapat berkonsultasi atau berdiskusi dengan blogger-blogger yang sudah sukses. Anda dapat belajar dari pengalaman-pengalaman mereka, dalam membesarkan bisnis blogger.

 

Rahasia Memilih dan Membeli Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Keluarga Anda

 [Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Blog?]

 

Sudahkah Anda Melakukan Riset Bisnis Online yang Sedang Booming?

Jika Anda akan mencoba memanfaatkan internet untuk bisnis, pastikan Anda sudah melakukan riset bisnis online yang sedang booming. Pemilihan sektor bisnis yang tepat, tentu saja akan mempercepat kemajuan dalam bisnis Anda.

 

Sudahkah Anda mengetahui bisnis online apa yang lagi booming?

 

Sumber Gambar:

Business Trend – http://goo.gl/2B5UIy

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang