Mengapa Harus Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Mengapa harus memiliki tujuan keuangan yang jelas? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas lebih dalam mengapa kita harus memiliki tujuan keuangan yang jelas?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tujuan Keuangan

Semua orang termasuk Anda dan saya memiliki tujuan-tujuan yang ingin kita capai. Contoh ingin membeli rumah (dan cepetan lunas cicilannya), ingin membeli kendaraan, menyiapkan dana pendidikan anak, menyiapkan uang untuk pensiun, termasuk membeli produk-produk elektronik, misal smartphone yang buah-buahan yang bekas digigit dan tujuan lainnya.

Mengapa Harus Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Disadari atau tidak, Tujuan – tujuan tersebut memiliki harganya masing-masing. Misal beli smartphone mewah di harga 10 jutaan, membeli rumah di harga 800 jutaan, membeli kendaraan di harga 200 jutaan. Itu semua yang disebut dengan tujuan keuangan.

Apa saja yang mempengaruhi tujuan keuangan? Banyak sekali yang mempengaruhinya, salah satunya adalah siklus hidup manusia. Tujuan–tujuan seorang remaja baru lulus sekolah atau kuliah tentu saja berbeda dengan pasangan yang baru punya bayi. Tujuan tersebut juga berbeda dengan keluarga yang anak-anaknya sudah lulus kuliah dan orang tuanya memasuki masa pra pensiun.

 

Mimpi Bangsa Indonesia

Sebagai seorang perencana keuangan, Finansialku kerap kali bertemu dengan para klien yang memiliki mimpi. Mimpi ingin memiliki rumah, mimpi ingin membeli kendaraan, mimpi ingin menyekolahkan anak sampai pendidikan tinggi (bahkan sampai ke luar negeri) dan mimpi lainnya.  Apa saja mimpi Anda?

Loh kok “MIMPI”? Disebut Mimpi karena belum disahkan secara tertulis. Tujuan Keuangan itu harus ditulis, tidak boleh diangan-angan. Menulis dan merumuskan tujuan itu tidak sama dengan menulis skripsi, thesis atau novel yang sangat-sangat tebal. Hal yang penting dalam menulis tujuan-tujuan keuangan adalah tujuan harus dirumuskan dengan SMART!.

  

Kesimpulan

Banyak orang bilang DARE TO BIG DREAM dan Finansialku setuju dengan ide tersebut. Tapi jangan hanya mimpi, mulai ambil ACTION, dari yang PALING KECIL (merumuskan tujuan-tujuan keuangan) dan mulai dari SEKARANG!.

 

Sobat Finansialku, silakan tinggalkan tujuan keuangan teman-teman di bawah ini, dan Finansialku akan memberi tahu apakah sudah SMART atau belum 😀

 

Sumber:

  • Dreams – http://goo.gl/WSfR2r

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment