Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Apakah ada diantara teman-teman yang sedang menghitung biaya pendidikan anak? Kali ini salah satu rekan Finansialku telah membuat penjelasan dalam bentuk infografis terkait dengan menghitung biaya pendidikan anak. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Dahulu saat kita SD, kita mengenal tiga kebutuhan pokok, yaitu sandang, pangan dan papan. Tetapi perkembangan zaman membuat “pendidikan” dan “kesehatan” sebagai kebutuhan pokok juga. Setiap orang tua pasti akan berusaha terbaik, untuk pendidikan anaknya.

Menghitung Biaya Pendidikan Anak - Perencana Keungan Independen Finansialku 

Permasalahannya adalah, biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Pernahkah Anda menghitung biaya pendidikan Anak saat ini? atau sudahkah  Anda memiliki rencana dana pendidikan anak?

 

[Baca juga: Yuk Siapkan Dana Pendidikan Anak Sekarang Juga]

 

Salah satu bagian dalam perencanaan dana pendidikana anak adalah menghitung biaya pendidikan anak. Berapa sih biaya pendidikan saat ini. Kali ini salah satu rekan Finansialku, yaitu HaloMoney Indonesia telah membuat perhitungan dan mempresentasikan dengan infografis yang keren.

Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Sumber Gambar : Halo Money Indonesia – Biaya Pendidikan di Indonesia

HaloMoney Indonesia mencoba untuk membandingkan biaya yang harus dikeluarkan tiap tahun untuk pendidikan, berdasarkan data statistik tahun 2014. Jika Anda saat ini memiliki beberapa anak dengan tingkat pendidikan yang berbeda (satu di SMP, satu di SMAN, dan satu lagi di Universitas), maka kemungkinan biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan sangatlah fantastis.

 

[Baca juga: Infografik: Biaya Pendidikan di Indonesia]

 

Apa Langkah Selanjutnya?

Apakah Anda sudah mulai menghitung biaya pendidikan anak Anda? Mungkin Anda melihat angka yang cukup fantastis. Ow ya jika Anda sedang menghitung biaya pendidikan saat anak Anda masuk sekolah, jangan lupa ada inflasi (kenaikan biaya pendidikan). Biasanya sekitar 10% – 20% per tahun.

[Baca juga: Pilihan Investasi untuk Dana Pendidikan Anak]

 

Apa langkah selanjutnya? Setelah Anda menghitung biaya pendidikan anak, Anda sebaiknya mulai melakukan action. Buat rencana untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan. Mulai berinvestasi sesuai dengan rencana tersebut.

 

Kesimpulan

Kebanyakan orang tua langsung berkecil hati dan mengalami ketakutan setelah mengetahui dan menghitung biaya pendidikan anaknya. Sebagai perencana keuangan, kami mengatakan jangan khawatir permasalahan yang Anda alami juga banyak dialami orang tua yang lain. Pilihannya ada dua: Anda mau mulai merencanakan dana pendidikan anak Anda sekarang atau menyiapkan segera. Finansialku siap membantu Anda.

 

Setelah Anda menghitung biaya pendidikan anak Anda, pilihannya adalah: Apakah Anda  akan merencanakan dana pendidikan sekarang atau menyiapkan segera? Tuliskan komentar Anda, terima kasih.

 

Image credit:

  • Education fund – http://goo.gl/YiTH5W

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment