Menjadi Diri Sendiri dan Berani Bermimpi Besar

 

Menjadi diri sendiri dan berani bermimpi (dare to dream) adalah tantangan yang cukup berat. Perencana keuangan Finansialku akan membahas mengenai menjadi diri sendiri dalam hal mengenai keuangan individu dan keluarga.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menjadi Diri Sendiri – It’s My Money

Para pembaca pernah ga merasa saya mengeluarkan uang, agar saya dianggap keren, oke dan lainnya. Misal beli baju yang merknya harus ABC, ada gadget baru langsung beli, ada teman atau saudara ngutang terus susah nolak dan lainnya. Akhir cerita karena membeli sesuatu yang konsumtif (membeli mainan) maka keuangan menjadi tidak oke.

Dalam dunia modern itu semua disebut social currency (mata uang sosial). Mata uang sosial seseorang akan meningkat jika, orang tersebut tampak keren, hebat, wow, kaya, pintar dan nilai-nilai positif lainnya. Nah para pembaca jika saat ini masih mementingkan WOW atau social currency ada saatnya teman-teman memilih menjadi diri sendiri.

Menjadi Diri Sendiri – It’s My Money - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Social Currency

Orang tidak hidup sendiri dan butuh kehidupan sosial, butuh pengakuan sosial alias Zoon Politikon. Yup itu benar sekali. Tetapi pengakuan sosial tidak harus mengorbankan keuangan sendiri. Jika Anda butuh pengakuan sosial, lakukan dengan cara yang tepat dan benar. Banyak trick-trick untuk berburu barang bagus dan mahal tanpa harus merusak keuangan kita. Finansialku akan membahas yang satu ini di artikel-artikel ke depan. Kami sarankan teman-teman melihat film The Jonesses Family. Film itu menceritakan tentang keluarga yang membutuhkan social currency dengan cara yang cerdik*.

The Jonesses Family Trailer- 2009 – Courtesy of YouTube.

Intinya jangan melakukan kebodohan dengan menghabiskan uang agar kelihatan WOW. Teman-teman harus bisa memilih mana yang benar-benar kebutuhan saya, mana yang keinginan saya, mana yang keinginan orang lain. Teman-teman pasti tahu, mana  yang harus diprioritaskan dari tiga pilihan tersebut.

 

Berani Bermimpi Besar dan Sukses?

Menjadi diri sendiri dan berani bermimpi besar (dan mencapainya), maukah Anda? Kenapa mau? Kenapa Anda harus bermimpi besar? Finansialku beberapa kali menyebutkan mengenai mimpi kelas menengah Indonesia#IndonesianDreams,

Apapaun tujuan keuangan Anda, kapanpun waktunya dan berapapun biayanya semua dapat direncanakan. Nah tahapan pertama ketika para pembaca memilih untuk menjadi diri sendiri dan berani bermimpi besar adalah:

  1. Tentukan prioritas dalam diri Anda
  2. Pastikan teman-teman membayar diri sendiri terlebih dahulu sebelum membayar orang lain.
  3. Buat rencana keuangan.
  4. Jalankan rencana tersebut (rencana bagus, tidak ada eksekusi = nol)
  5. Lakukan pengembangan diri (self development).

 

Kesimpulan

Berani menajadi diri sendiri yang asli atau otentik, serta memiliki mimpi yang besar bukan pekerjaan yang mudah. Tetapi saya, Anda dan teman-teman pembaca lainnya tidak boleh menyerah dan terus berusaha menjadi diri sendiri dan memiliki mimpi besar. Yuk kita mulai membuat prioritas tujuan-tujuan kita, membuat rencana, strict to the plan dan self development.

Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda sudah menggapai mimpi Anda?

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment