Menjalankan Business bukan Busyness

Menjalankan business bukan busyness. Teman-teman tentu tahu bedanya business dengan busyness kan? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai perbedaan keduanya, antara menjalanakan business vs busyness.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Menjalankan Business bukan Busyness

Apa yang menjadi perbedaan antara business (bisnis) dengan busyness (kesibukan)? Pada dasarnya ada beberapa perbedaan, yang pertam bisnis memiliki sistem (ada input kemudian diolah dan menghasilkan output). Kedua bisnis memiliki visi dan misi yang jelas. Sobat Finansialku pilih mana: menjalankan business atau menjalankan busyness?

 

Jika Pilih Menjalankan Business Maka Anda Harus Tahu :

Bisnis apapun harus memiliki sebuah sistem. Contoh paling sederhana adalah waralaba restaurant, tentu saja memiliki sistemnya. Mulai dari pembelian bahan-bahan baku, cara mengolah makanan + bumbu rahasianya, cara menghidangkan serta cara memasarkan.

Berbicara mengenai sistem, pada dasarnya sistem pada bisnis dibagi menjadi 2 yaitu membeli sistem yang sudah jadi atau membuat sistem bisnis sendiri. Aturannya jelas jika Anda membeli maka Anda harus menaati sistem yang sudah ada (jangan berimprovisasi). Jika Anda membuat sistem bisnis sendiri Anda harus melakukan riset dan pengembangan (research and development).

Menjalankan Business - Sistem Bisnis - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jika Anda membeli sistem dari orang lain, tentu saja ada yang mahal dan murah. Sistem bisnis yang mahal kecenderungannya berbentuk waralaba atau franchise. Sistem bisnis yang murah kecenderunganya berbentuk MLM (multi level marketing) atau sistem keagenan. Umumnya sistem yang murah, menawarkan peluang bisnis untuk distribusi. Misal MLM Produk Kesehatan, menawarkan ke agen-agennya untuk mendistribusikan obat-obat.

 

Jika Saat Ini Business pelum Punya Sistem

Bisnis tentu memiliki sistem, namun sistemnya mungkin belum dibakukan atau ditulis secara sistematis. Seorang entrepreneur perlu memikirkan namanya sistem bisnis, agar kedepan bisnis yang sekarang sedang dirintis dapat dijalankan secara otomatis. 

 

Kesimpulan

Sobat Finansialku tentu sudah memiliki pilihan mau menjalankan business atau busyness. Ingat perbedannya terletak pada sistem. Ketika memilih ingin menjalankan business dengan sebuah sistem, kita dihadapkan pilihan untuk membuat sistem atau membeli sistem tersebut.

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

Hubungi Finansialku

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

By | 2016-12-05T10:41:30+00:00 March 29th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis, Investasi|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment