Orang tua selain mewariskan uang kepada anaknya, juga harus mewariskan ilmu pengetahuan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas sebuah quote yang bagus mengenai warisan tidak hanya uang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Orang Tua Jangan Hanya Mewariskan Uang

Berbicara mengenai warisan, setiap orang pasti tertuju pada uang dan harta warisan. Tetapi tahukah Anda, orang tua yang bijak tidak hanya mewariskan uang kepada anak-anaknya. Mereka juga mewariskan ilmu pengetahuan, pengalaman dan kemampuan untuk bertahan hidup. 

 

Ada sebuah quote dari Ruth E. Renkel yang mengatakan

English

Sometimes the poorest man leaves his children the richest inheritance.

Ruth E. Renkel

 

Orang Tua Jangan Hanya Mewariskan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Indonesia

Terkadang orang yang paling miskin, mewariskan anak-anaknya warisan yang besar. 

Ruth E. Renkel

 

Inti dari quote tersebut adalah jangan menganggap warisan itu sama dengan uang dan harta. Orang tua yang bijak jangan hanya mewariskan uang dan harta. Uang dan harta adalah materi atau alat. Orang tua yang bijak akan mewariskan nilai-nilai yang lebih luhur.

 

[Baca Juga: Kisah Sukses Pebisnis Properti Indonesia Bong Chandra]

 

Tahukah Anda seorang raja properti bernama Donald Trump, ternyata lebih memilih mewariskan ilmu pengetahuan, pengalaman dan entrepreneurship kepada anak-anaknya. Walaupun seorang Donald Trump bisa saja mewariskan kekayaan yang luar biasa kepada anaknya, sehingga anak cucu tidak harus bekerja lagi.

 

[Baca Juga: Pendidikan Keuangan Penting Karena …]

 

Apa yang dilakukan oleh Donald Trump tersebut ternyata perlu dan penting kita bahas. Sebagai seorang pengusaha Donald Trump meyakini ada masa-masa sulit yang membuat bisnisnya tidak berjalan dengan yang diharapkan. Tidak menutup kemungkinan juga bisnis yang awalnya menguntungkan menjadi bangkrut.

Jika orang tua hanya mewariskan uang dan harta kepada anak cucunya, mereka bisa jadi tidak mampu memanfaatkan uang tersebut dengan baik. Akhirnya uang dan harta tersebut habis dan hidup anak cucu menjadi lebih susah. Banyak sekali bisnis yang dirintis oleh kakek neneknya (generasi 1) menjadi berantakan setelah dipegang cucu (generasi 3).

 

Kesimpulan

Orang tua yang bijak tidak hanya mewariskan uang. Kalau diibaratkan orang tua tidak boleh hanya memberi ikan, tetapi juga memberikan kail serta mengajarkan cara menangkap ikan dengan kail tersebut. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh orang-orang kaya di dunia. Jangan hanya mewariskan uang dan harta, tetapi wariskan juga ilmu pengatahuan dan beri kesempatan untuk menambah pengalaman.

 

Menurut Anda, apakah yang paling penting untuk diwariskan kepada anak cucu? Dan kenapa hal tersebut penting?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang