Perencanaan Keuangan untuk Umur 30 an. Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahasnya dalam artikel berseri. Ikuti terus artikelnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perencanaan Keuangan untuk Umur 30 an

Umur 30an adalah umur yang dianggap cukup dewasa, umumnya pada umur 30 an seseorang telah memulai berkeluarg, karir mulai menanjak dan produktifitas meningkat. Pada saat ini mungkin Anda sudah memiliki rumah, mencicil rumah, memulai hidup berkeluarga, memiliki anak dan lain sebagainya.

 

Perencanaan Keuangan untuk Umur 30 an - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Boleh dibilang tanggung jawab finansial Anda jauh lebih besar dibanding ketika Anda berumur 20 an. Berikut ini perencanaan keuangan untuk umur 30 an.

 

Tingkatkan Dana Darurat

Perencanaan keuangan untuk umur 30 an yang pertama adalah Dana Darurat. Anda harus mulai menghitung ulang dan meningkatkan jumlah dana darurat. Dana darurat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendadak. Contoh tiba-tiba terjadi kerusakan pada rumah, kerusakan pada kendaraan, anak mengikuti study tour dan lain sebagainya.

 

 

 

Ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, Anda membutuhkan dana darurat sebesar 9 – 12 bulan pengeluaran. Contoh: sebuah keluarga memiliki pengeluaran bulanan sebesar Rp 5.000.000. Maka dana darurat yang dibutuhkan adalah : 12 x Rp 5.000.000 = Rp 60.000.000.

 

Review Pengeluaran dan Anggaran Anda

Perencanaan keuangan untuk umur 30 an yang pertama adalah review anggaran dan pengeluaran. Tahapan kedua adalah Anda perlu memperhatikan pengeluaran dan anggaran. Pola pengeluaran seseorang single dan keluarga tentu saja memiliki perbedaan yang signifikan. Oleh sebab itu Anda perlu mengatur kembali pengeluaran bulanan Anda dan mulai merevisi anggaran.

 

Review Kembali Asurasi Jiwa

Perencanaan keuangan untuk umur 30 an yang pertama adalah Asuransi Jiwa. Rencana keuangan berikutnya adalah mengenai Asuransi. Ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan (pasangan dan anak) Anda perlu asuransi jiwa. Lakukan perhitungan jumlah uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

Banyak orang melakukan kesalahan, karena mereka fokus pada sudah punya asuransi jiwa atau belum. 8 dari 10 orang yang membeli asuransi jiwa tidak melakukan review asuransi yang mereka miliki. Pada umumnya kita cenderung mengalami kenaikan penghasilan, kenaikan pengeluaran dan risiko atas jiwa. Kita perlu melakukan review kebutuhan asuransi jiwa.

 

Kesimpulan

3 Perencanaan Keuangan untuk Umur 30 an adalah : meningkatkan dana darurat, review pengeluaran dan anggaran serta kebutuhan asuransi jiwa.

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan?

 

Image credit

  • Family – http://goo.gl/GTlra4

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang