Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an terdiri dari 10 bagian utama. Perencanaan Keuangan Independen Finansialku akan membahasnya dalam artikel berikut ini.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Kita Butuh Rencana Keuangan?

Apakah orang-orang berumur 20 an perlu sebuah rencana keuangan? Sebagian orang ada yang sudah mulai memikirkan kebutuhan-kebutuhan jangka panjang, dana hari tua (pensiun) atau mulai mempersiapkan dana untuk membeli rumah, menikah dan lain sebagainya.

Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Perencanaan keuangan adalah hal yang penting untuk semua orang yang sudah mulai mengelola keuangannya. Harus diakui, sebuah rencana bisa jadi tidak sesuai dengan kenyataan, tetapi dengan sebuah rencana keuangan kita dapat mendefinisikan tujuan-tujuan keuangan kita, dan mengetahui apa yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut, kapan kita harus melakukannya, bagaimana cara kita melakukannya dan lain sebagainya.

 Value Money Financial Planning - Carl Richards - One Page Financial Planning - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Ada pepatah yang mengatakan:

English: You can plan to fail by failing to plan

Indonesia: Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal.

 

Perencanaan keuangan apa saja yang cocok untuk orang-orang usia 20 an? Nah berikut ini ada 10 perencanaan keuangan untuk umur 20 an.

 

10 Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Berikut ini 10 perencanaan keuangan untuk umur 20 an terdiri dari:

 

Menabung dan Berinvestasilah Lebih Banyak dan Sekarang Juga

Cara untuk membangun kesejahteraan keuangan adalah dengan disiplin dan kerja keras. Tidak ada jalan instan untuk membangun kesejahteraan. Mungkin saja seseorang mendapat kesejahteraan dari warisan, menang undian atau menikah dengan anak orang kaya, tetapi kasus-kasus tersebut tidak bisa dijadikan patokan.

Satu hal yang bisa dilakukan oleh saya, Anda dan kebanyakan orang yaitu mulai menabung dan berinvestasi sekarang juga. Kenapa? Dalam ilmu keuangan, waktu memiliki kekuatan yang luar biasa. Ketika Anda mulai berinvestasi sekarang, investasi Anda akan mengalami yang namanya compounding (bunga ber bunga) dari tahun ke tahun.

Berikut ini simulasi compounding dalam berinvestasi di reksadana. Contoh seseorang berinvestasi sebesar Rp 12.000.000 per tahun (atau Rp 1.000.000 per bulan) dengan return 10% per tahun. Investasi dilakukan setiap awal tahun. Coba tebak, berapa uang orang tersebut setelah 25 tahun?

 

Caranya seperti ini (perhitungan dalam Rupiah)

Investasi Tahun pertama            : 12.000.000

Bunga akhir tahun pertama        : 12.000.000 x (100%+10%) = 13.200.000

Investasi Tahun kedua                : 12.000.000

Bunga akhir tahun pertama        : 13.200.000

Total dana investasi                    : 12.000.000 + 13.200.000 = 25.200.000   

Bunga akhir tahun kedua            : 25.200.000 x (100%+10%) = 27.720.000

 

dan seterusnya. Singkat cerita berikut ini simulasinya:

Simulasi Compound Interest - Bunga ber Bunga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Jawaban: Di akhir tahun 25, orang tersebut memiliki dana sebesar Rp 1.298.181.185

 

Mendefinisikan Tujuan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang

Teman-teman ada yang tahu, rencana keuangan itu sebenarnya apa yang direncanakan?

Jawabannya: Rencana Keuangan itu merencanakan tujuan keuangan Anda. Berbicara mengenai perencanaan keuangan, kita akan mendefinisikan apa sih tujuan keuangan Anda?

Contoh persiapan dana untuk menikah.

 

Saya butuh dana untuk menikah. Saat ini biaya untuk menikah kurang lebih Rp 100.000.000 – 200.000.000. Kurang lebih akan menikah 3 tahun lagi. Menurut data di internet biaya menikah mengalami kenaikan harga 10% per tahun.

Rencana keuangan dapat membantu Anda menghitung:

  • Berapa dana pernikahan yang Anda butuhkan, tentunya memperhatikan inflasi?
  • Bagaimana cara memenuhi dana menikahnya?
  • dan lain sebagainya

 

Pastikan teman-teman mendefinisikan tujuan keuangan jangka pendek (kurang dari 1 tahun), tujuan jangka menengah (2 – 5 tahun) dan tujuan jangka panjang (lebih dari 5 tahun).

 

Kesimpulan

Dalam artikel kali ini Finansialku baru membahas 2 dari 10 perencanaan keuangan untuk umur 20 an. Ikuti updatenya dan jangan lupa download ebook nya.

Teman-teman, tentunya sudah ada gambaran mengenai perencanaan keuangan untuk umur 20 an, jangan lupa ikuti update artikelnya.

 

Omong-omong, apa tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang dari teman-teman?

 

Sumber Gambar:

  • Young People – http://goo.gl/t0JRL8
  • Wedding – http://goo.gl/VVaP9K

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment