Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an sangat diperlukan, karena usia 30 an, adalah masa-masa produktif seseorang. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas perencanaan keuangan untuk usia 30 an.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Pada artikel sebelumnya Finansialku telah menyebutkan tiga hal yang harus dilakukan sebagai bagian perencanaan keuangan untuk usia 30 an, antara lain:

#1 Tingkatkan Dana Darurat

#2 Review Pengeluaran dan Anggaran Anda

#3 Review Kembali Asuransi Jiwa

 

Untuk pembahasan selengkapnya, Anda dapat membacanya: Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an.

 

Sebelum masuk ke pembahasan detilnya, mari kita lihat life cycle manusia:

Perencanaan Keuangan dan Siklus Hidup Manusia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Manusia pada umumnya akan berada pada tingkat paling produktif pada usia 30 – 40 an. Di rentang usia 30 an, seseorang memiliki banyak kewajiban, tanggungan dan tujuan-tujuan keuangan. Di umur 30 an, Anda akan mulai mengurus anak, mulai membeli asset (rumah, kendaraan), mulai memikirkan untuk berbisnis sampingan, perjalanan ke luar negeri, persiapan dana hari tua, mulai berbisnis dan lain sebagainya.

 

Finansialku akan membaha beberapa hal-hal penting dan perencaaan keuangan untuk usia 30 an:

 

Perbaiki Kondisi Utang Anda!

Perencanaan keuangan untuk usia 30 an yang keempat adalah perbaiki kondisi utang Anda. Utang sebagaimana yang kita ketahui ada utang baik dan utang buruk.

  1. Apakah Anda memiliki utang kartu kredit?
  2. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk melunasi kartu kredit?
  3. Apakah Anda memiliki cicilan lebih dari 30% penghasilan bersih Anda?
  4. Apakah Anda memiliki KTA untuk membeli kebutuhan-kebutuhan konsumtif?
  5. Apakah Anda memiliki utang yang lebih besar dari aset Anda?

 

Jika jawaban Anda ya untuk semua pertanyaan tersebut, maka Anda perlu memperbaikinya. Buat perencanaan untuk melunasi semua utang-utang buruk dan utang-utang konsumtif.

 

Persiapkan Dana untuk Pendidikan Anak

Perencanaan keuangan untuk usia 30 an berikutnya berkaitan dengan anak. Biasanya masyarakat Indonesia menikah pada usia 28 – 30 an dan mulai memiliki anak pada awal 30 an. Jika Anda sudah mulai memiliki anak, banyak hal yang harus dipersiapkan dari kesehatan, pendidikan dan masa depan.

Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an - Perencana Keuangan Indepdnen Finansialku

Dana pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 10% – 20% setahun. Itu artinya jika saat ini biaya universitas Rp 100.000.000 maka 20 tahun lagi akan menjadi Rp 673 juta (dengan kenaikan 10%) atau Rp 3,8M (dengan kenaikan 20%). Bagaimana cara memenuhi kebutuhan dana pendidikan Anak sebesar itu?

Di Amerika, banyak mahasiswa/I yang mengambil kredit pendidikan (education loan) untuk memenuhi biaya penddidikanya. Setelah lulus, mahasiswa/I tersebut mulai mencicil pokok dan bunga kredit pendidikan mereka. Apakah Anda ingin, anak Anda mengalami kondisi yang sama? Kehadiran perencanaan keuangan akan membantu Anda mulai mempersiapkan keuangan dan masa depannya.

 

Persiapkan Dana Membeli Asset

Perencanaan keuangan untuk usia 30 an berikutnya adalah persiapan untuk membeli aset. Asset yang dimaksud disini adalah real asset, seperti rumah, apartemen, ruko, mobil atau aset lainnya. Anda dapat merencanakan keuangan untuk memiliki rumah pertama Anda, kendaraan Anda.

Simak penjelasan perencanaan keuangan untuk usia 30 an pada artikel selanjutnya. Semoga penjelasan di atas dapat berguna.

 

Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan untuk usia 30 an? Jika sudah apakah Anda mendapatkan keuntungan dari perencanaan keuangan tersebut?

 

Sumber:

  • Home for Sale – http://goo.gl/yWGY5D
  • New Family – http://goo.gl/jIwzdm

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang