Perhatikan Ini, Sebelum Membeli Waralaba Makanan

Perhatikan hal-hal ini, sebelum membeli waralaba makanan. Waralaba makanan adalah salah satu sektor yang paling menarik. Di Indonesia waralaba makanan jumlahnya ada lebih dari 100 merk. Nah biar tambah untung, Anda harus perhatikan hal-hal ini, sebelum membeli waralaba makanan.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Sebelum Membeli Waralaba Makanan

Sebelum membeli waralaba makanan, sebaiknya kita melakukan cek terhadap beberapa hal (sifatnya umum) antara lain:

 

Cek Kredibelitas Perusahaan / Merk.

Hal pertama yang perlu dicek adalah kredibelitas perusahaan. Di Indonesia banyak tawaran waralaba makanan dengan harga di bawah Rp 100.000.000 per tahun. Saking banyaknya kadang kita menjadi bingung. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli waralaba makanan adalah cek kredibelitas perusahaan / merk. Bonafide seperti apa? Misal Anda bisa melihat dari jumlah waralaba di Indonesia, perhitungan keuntungan (tetap perhatikan asumsi-asumsi yang digunakan dalam proposal).

Sebelum Membeli Waralaba Makanan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Tidak ada salahnya Anda mengecek beberapa perusahaan sekaligus, membandingkan satu dengan yang lain. Sama-sama waralab ayam goreng, cek mana yang lebih kredibel dan sesuai dengan kantong (modal). Ingat modal bisa jadi dari uang sendiri maupun uang orang lain (pinjaman keluarga, teman, bank dan lain sebagainya). Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan cari murah, cari yang sudah teruji (dari segi waktu, dari segi merk, dari segi popularitas dan lainnya). Contoh, apakah Anda tahu Ayam Goreng KFC? 

 

Makanan.

Nah ini yang penting karena Anda ingin berbisnis waralaba makanan, maka produknya (alias makanan) harus diperhatikan. Sebelum membeli waralaba makanan, ada baiknya Anda memilih makanannya. Ide dasarnya cari makanan yang dapat dimakan (kalau bisa disukai) oleh segala usia mulai dari anak kecil hingga kakek nenek.

Ada baiknya Anda coba menikmati makanan dari waralaba tersebut. Cari tahu review produknya didunia maya (website, Twitter, Facebook dan lainnya). Pastikan waralaba makanan tersebut tidak pernah tersandung masalah keracunan, permasalahan dengan kesehatan dan lainnya.

 

Lokasi, Lokasi, Lokasi.

Rumah makan identik sama lokasi. Banyak orang menghindari tempat makan yang susah untuk parkir. Sebisa mungkin lokasi yang dipilih memiliki ruang parkir yang cukup besar. Selain tempat parkir yang besar, rumah makan harus berada di lokasi yang strategis, paling enak deket pusat keramaian atau di dalam mall (mall yang ramai).

Selain cek terhadap beberapa hal yang sifatnya umum seperti di atas, Anda juga sebaiknya memahami prosedur teknis. Sebelum membeli waralaba makanan pastikan Anda mendapatkan penjelasan detil (termasuk biaya investasi, keuntungan dan balik modal). Diskusikan asumsi-asumsi perhitungan yang digunakan. Anda dapat berdiskusi dengan pemiliki waralaba atau contoh orang yang sudah membeli waralaba tersebut.

 

Kesimpulan

Sobat Finansialku, perhatikan hal-hal ini sebelum membeli waralaba makanan:

  1. Cek Kredibilitas Perusahaan dan Merk
  2. Makanan
  3. Lokasi
  4. dan Prosedur Teknis

 

Sumber Gambar: 

Wikihow. http://goo.gl/cLnmZI

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

By | 2016-12-05T10:27:45+00:00 March 31st, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis, Investasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment