Profesi Perencana Keuangan di Indonesia Finansialku

 

Profesi Perencana Keuangan di Indonesia adalah profesi baru dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Finansialku dalam artikel ini akan membahas tiga hal mengenai profesi perencana keuangan di Indonesia, yaitu: mengapa masyarakat Indonesia membutuhkan profesi perencana keuangan? Apa itu perencana keuangan? Apa itu CFP – Certified Financial Planner?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Masyarakat Indonesia butuh Profesi Perencanaan Keuangan

Profesi perencanaan keuangan tumbuh dan mulai berkembang pada Negara-negara yang memiliki jumlah kelas menengah yang besar. Indonesia di tahun 2008 menunjukkan tanda-tanda kenaikan jumlah kelas menengah. Tanda tersebut sudah dikonfirmasi dengan perkembangan jumlah kelas menengah Indonesia di tahun 2010 yang terus meningkat tajam.

Kelas menengah memerlukan bantuan perencanaan keuangan karena kelas menengah dengan pendapatan yang cukup besar, mereka memiliki tantangan gaya hidup yang besar, memiliki mimpi-mimpi dan tujuan-tujuan keuangan baru (rumah, mobil, kesehatan, pendidikan dan pensiun). Finansialku menyebutnya dengan istilah #IndonesianDreams.

Selain itu ada juga tantangan baru untuk kelas menengah yaitu jumlah produk-produk keuangan yang sangat banyak. Apakah Anda tahu Indonesia memiliki lebih dari 500 reksadana, lebih dari 500 emiter (perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan publik dan sahamnya diperdagangkan). Data tersebut diambil berdasarkan data per tanggal 5 Januari 2015. Selain itu juga banyak penipuan berkedok investasi bodong. OJK pada tanggal 7 November 2014 merilis 262 investasi yang diduga bermasalah.

Banyak hal tentang keuangan yang harus dipikirkan oleh masyarakat Indonesia. Strategi memenuhi tujuan keuangan, strategi untuk berinvestasi, strategi untuk berasuransi yang tepat, strategi untuk bebas secara keuangan dan lainnya. Profesi perencana keuangan hadir untuk membantu masyarakat untuk mengelola keuangannya saat ini dan masa depan keuangannya.

 

Apa itu Profesi Perencana Keuangan

Berikutnya Finansialku ingin berdiskusi mengenai profesi perencana keuangan, dalam bentuk tanya jawab:

 

Apa itu profesi perencana keuangan?

Seorang perencana keuangan adalah profesi yang bertugas membantu individu atau keluarga untuk menyiapkan sebuah rencana keuangan guna memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang. Seorang perencana keuangan akan membantu kliennya untuk memformulasikan tujuan keuangan, membuta prioritas dan membantu menyusun strategi untuk menenuhi tujuan-tujuan keuangan kliennya.

 

Apa yang harus saya perhatikan untuk menggunakan jasa Perencana Keuangan?

Seorang perencana keuangan independen harus bekerja untuk Anda sebagai klien. Hal ini sesuai dengan kode etik perencana keuangan berlisensi CFP yaitu client first. Perencana keuangan independen harus berada dalam posisi untuk idak memihak atau merekomendasikan produk keuangan.

 

Layanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan perencanaan keuangan?

Perusahaan perencana keuangan di Indonesia menawarkan jasa untuk indivdu atau keluarga, seperti: konsultasi keuangan, pembuatan rencana keuangan, seminar dan pelatihan.

Perusahaan perencanaan keuangan di Indonesia juga melayani jasa konsultasi atau seminar untuk perusahaan.

 

Apakah perencana keuangan di Indonesia menjual produk-produk keuangan?

Pertanyaan bagus yang paling sering ditanyakan orang, mengenai perencana keuangan menjual produk keuangan atau tidak. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Finansialku akan menjelaskan 2 jenis perencana keuangan yaitu perencana keuangan independen dan perencana keuangan tied.

  • Perencana keuangan independen adalah perencana keuangan yang tidak terikat atau bekerja pada perusahaan keuangan. Perencana keuangan independen menawarkan jasanya berupa: konsultasi, pembuatan rencana keuangan, seminar dan pelatihan.
  • Perencana keuangan tied adalah perencana keuangan yang bekerja pada perusahaan keuangan, misalnya bank, perusahaan asuransi jiwa, sekuritas dan lainnya.

 

Menjawab pertanyaan di atas apakah perencana keuangan menjual produk keuangan:

Perencana keuangan independen biasanya hanya menyarankan tetapi tidak menjual.

Perencana keuangan tied biasanya menjual produk-produk keuangan, misalnya perencana keuangan yang bekerja di bank menawarkan produk deposito, bancassurance, reksa dana, ORI dan lainnya. Perencana keuangan yang bekerja di perusahaan asuransi jiwa menawarkan produk asuransi.

 

Bagaimana cara menghitung biaya konsultasi dan berapa biayanya?

Biaya konsultasi seorang perencana keuangan dibedakan menjadi tiga yaitu fee, komisi dan gabungan keduanya.

Fee adalah biaya yang dikenakan kepada klien atas jasa konsultasi yang diberikan oleh seorang perencana keuangan. Sistem perhitungan biaya Fee seperti seorang biaya ketika Anda periksa ke dokter umum. Jika Anda sakit dan pergi ke dokter umum Anda akan dikenakan biaya pemeriksaan. Perencana keuangan mengenakan biaya konsultasi berupa fee konsultasi.

Komisi adalah pendapatan karena dapat menjual suatu produk tertentu. Biasanya komisi didapat oleh perencana keuangan yang bekerja pada institusi keuangan, seperti bank, perusahaan asuransi jiwa dan sekuritas.  

 

Lebih baik mana perencana keuangan independen atau perencana keuangan tied?

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan perencana keuangan, tentukan tujuan Anda. Apa yang Anda butuhkan atau apa ekspetasi Anda konsultasi dengan perencana keuangan? Jika Anda ingin mengetahui sebuah produk keuangan lebih dalam, Anda lebih cocok diskusi dengan perencana keuangan yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Jika Anda ingin mendapat informasi yang lebih mendalam Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan independen. Lebih mendalam disini berarti: Anda tidak hanya ingin berbicara mengenai kebutuhan asuransi, tetapi juga investasi, mengelola keuangan, waris dan lainnya.

 

Lisensi atau sertifikasi apa yang dimiliki?

Sebelumnya Finansialku akan menjelaskan mengenai gelar sertifikasi profesi. Gelar sertifikasi profesi adalah gelar yang didapat terkait pada profesi tertentu. Sebagai illustrasi seorang lulusan sarjana S1 kedokteran umum akan mendapat gelar S.Ked (Sarjana Kedokteran) untuk dapat menjadi seorang dokter, mereka harus memenuhi standard dan kualifikasi tertentu dan mendapat gelar dokter.

Perencana keuangan juga sama, lulusan sarjana S1 atau S2 harus belajar dan memenuhi standard kualifikasi perencana keuangan untuk mendapatkan gelar sertifikasi. Salah satu gelar sertifikasi perencana keuangan adalah CFP (certified financial planner). Finansialku akan membahas CFP lebih dalam pada bagian berikutnya.

Gelar-gelar lain dalam industri perencanan keuangan: CAIA (Chartered Alternative Investment Analyst), CCA (Chartered Certified Accountant), CFA (Chartered Financial Analyst), CFC (Chartered Financial Consultant), CMT (Chartered Market Technician), CIIA (Certified International Investment Analyst), CMA (Certified Management Accountant), CPA (Certified Public Accountant), FRM (Financial Risk Manager), QWP (Qualified Wealth Planer) dan sertifikasi lainnya.

 

Informasi apa saja yang harus saya berikan kepada Perencana Keuangan, dan mengapa?

Informasi-informasi yang dibutuhkan, antara lain data pribadi dan keluarga, investasi yang sudah dimiliki, asuransi yang dimiliki, jumlah tanggungan, rincian pendapatan, pengeluaran dan harta yang dimiliki, kebutuhan dan tujuan perencanaan keuangan, informasi terkait pajak dan informasi lainnya yang jika diperlukan.

 

Apa yang harus saya lakukan setelah memiliki rencana keuangan?

Setelah Anda memiliki rencana keuangan, Anda disarankan untuk menjalankan rencana keuangan tersebut dan melakukan review perkembangan dari rencana keuangan. Sebaiknya proses review didampingi oleh perencana keuangan, agar dapat mengetahui apabila terjadi kesalahan atau sesuatu yang tidak berjalanan sesuai dengan rencana.

 

Apa itu Certified Financial Planner

Certified Financial Planner (CFP) adalah lembaga penyelenggara sertifikasi profesi perencana keuangan. Sertifikasi CFP di Indonesia diselenggarakan oleh LSP – FPSB Indonesia (Lembaga Sertifikasi Profesi – Financial Planning Standards Board Indonesia). LSP – FPSB Indonesia memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan nomor lisensi BNSP-LSP-043-ID sejak tahun 2009 dan terus diperpanjang. Hingga akhir tahun 2014, Indonesia memiliki 1.500 perencana keuangan berlisensi CFP.

CFP Certified Financial Planner FPSB Indonesia Financial Planning Standards Board

Certified Financial Planer (CFP) dan Financial Planning Standards Board Indonesia (FPSB Indonesia)

 

Seorang perencana keuangan berlisensi CFP harus memenuhi standard 4E: Education, Examination, Experiences dan Ethics). Seorang perencana keuangan berlisensi CFP harus menjalankan pendidikan profesi selama beberapa bulan. Setelah lulus dari pendidikan calon perencana keuangan CFP harus menjalakan ujian. Ujian CFP di Indonesia dijalankan dengan standard international CFP. Setelah lulus ujian, seorang calon perencana keuangan juga harus memiliki pengalaman dan tunduk di bawah kode etik CFP. Setelah lulus seorang perencana keuangan CFP juga harus menjalankan pendidikan berkelanjutan (Continuing Professional Development).

Jika Anda ingin menjadi seorang perencana keuangan berlisensi CFP, perjalanan Anda cukup panjang. Hal ini ditujukan karena perencana keuangan CFP memiliki standard yang cukup di tinggi, termasuk di Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Negara maju lainnya, seperti Amerika.

 

Kesimpulan

Profesi perencana keuangan tumbuh dan berkembang di Indonesia, karena mereka mau membantu masyarakat Indonesia menghadapi tantangan – tantangan dalam mengelola keuangan keluarga dan merencanakan masa depan keuangan. Banyak produk keuanagn di pasaran dan mungkin saja tidak semua orang tahu benar mengenai produk-produk tersebut. Tidak ada satu produk keuangan yang berperan sebagai “Obat Manjur” yang dapat mengobati semua permasalahan keuangan. Perencana keuangan hadir dan siap membantu Anda. 

 

Anda dapat mendownload informasi di bawah ini atau tinggalkan pertanyaan Anda dengan memberikan komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Google-Form

 QnA Perencana Keuangan (Financial Planning).pdf

 

 

Sumber Gambar:

Financial Plan – http://goo.gl/JG04JH

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment