Ingin konsultasi keuangan? Kira-kira segini tarif perencana keuangan yang harus kamu siapkan dari sekarang!

Cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary:

  • Profesi perencana keuangan muncul untuk membantu kita keluar dari permasalahan keuangan.
  • Tarif perencana keuangan sendiri bervariasi, sesuai dengan standar yang masing-masing lembaga atau perorangan terkait tetapkan.

 

Manfaat Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Beberapa orang memang mendapat kemampuan atau bakat untuk mengatur keuangan mereka dengan baik.

Sementara di sisi lain, ada pula orang-orang yang tidak mendapat anugerahi oleh Tuhan untuk punya kemampuan itu.

Ini lah salah satu alasan kenapa muncul profesi perencana keuangan yang bisa membantu kita untuk keluar dari permasalahan keuangan.

Perencana keuangan sendiri bentuknya lembaga atau perorangan, pun perorangan yang tergabung ke satu lembaga tertentu.

Biasanya, di pertemuan pertama, konsultan atau perencana keuangan akan terlebih dulu berkenalan dengan klien dan mencoba untuk mendapatkan keterangan yang jelas terkait kondisi keuangan klien.

 

Perencana keuangan juga akan melangsungkan wawancara terkait informasi pribadi klien. Mulai dari status, profil investasi, pekerjaan, tanggungan, hingga manfaat keuangan lain yang kamu terima dari perusahaan.

Adapun, manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan konsultasi keuangan di antaranya adalah:

  • Mendapatkan analisis terhadap kondisi keuangan kita, termasuk laporan keuangan, seperti jumlah utang, kekayaan bersih, dan yang lainnya.
  • Mendapatkan bantuan tentang tujuan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan ini yang menyesuaikan dengan kondisi keuangan pribadi agar mendapatkan formula yang tepat sesuai dengan tujuan dan waktu tenggat tujuan.
  • Mendapatkan bantuan dalam menyusun strategi keuangan seperti pilihan investasi dan asuransi agar tujuan kita dapat tercapai.

[Baca juga: Apa Itu Jasa Perencana Keuangan? Inilah Cara Kerjanya!]

 

Tarif Konsultasi Perencana Keuangan

Setelah mengetahui manfaat yang akan kita dapatkan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi keuangan dengan ahlinya langsung.

Tarif perencana keuangan sendiri bervariasi, sesuai dengan standar yang masing-masing lembaga atau perorangan terkait tetapkan.

Melansir beberapa sumber, tarif perencana keuangan untuk satu tahun penuh, mulai dari Rp7,5 juta hingga Rp50 juta.

Sementara itu, tarif perencana keuangan berbeda untuk tiap kasus. Misalnya, dana pendidikan, dana menikah, atau dana lainnya saja, tarif yang dibebankan sebesar Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

Kemudian untuk perencanaan keuangan yang lebih komprehensif, tarif yang dibebankan adalah di atas Rp7 juta.

Adapun, tarif perencana keuangan untuk Financial Check Up dan dua atau tiga tujuan keuangan sebesar Rp3,5 juta – Rp7 juta.

 

Sementara Finansialku, memberikan perencanaan keuangan sesuai dengan kebutuhan klien, terdiri dari:

  • Konsultasi keuangan online (termasuk cek kondisi keuangan secara keseluruhan, strategi keuangan sesuai masalah atau tujuan, dan dibantu membuat anggaran keuangan): Rp1.500.000 termasuk PPN.
  • Konsultasi keuangan offline (termasuk cek kondisi keuangan keseluruhan, strategi keuangan sesuai masalah atau tujuan, dan dibantu membuat anggaran keuangan): Rp2.500.000 termasuk PPN.
  • Konsultasi keuangan investasi online (termasuk investment plan, bedah portofolio saham pribadi, alokasi investasi atau portofolio untuk satu tujuan keuangan): Rp2.000.000 termasuk PPN (menyesuaikan dengan kebutuhan klien)
  • Konsultasi keuangan asuransi online (termasuk menghitung kebutuhan asuransi (jiwa kesehatan, dan kritis), mendapatkan rekomendasi produk dan penjelasan benefit-nya, review ulang polis milik pribadi): Rp2.000.000 termasuk PPN (menyesuaikan dengan kebutuhan klien)
  • Konsultasi keuangan bisnis online (termasuk melakukan cek kondisi keuangan bisnis, pemisahan keuangan bisnis dan keluarga, solusi dan strategi mengatur keuangan bisnis): Rp2.500.000 termasuk PPN (menyesuaikan dengan kebutuhan klien).

 

Dari program di atas, manakah program konsultasi yang sesuai dengan kamu? Tidak perlu bingung, kamu bisa segera menghubungi Customer Care Finansialku melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Konsultasi WA - PC

 

Nah, itu dia informasi terkait tarif perencana keuangan dari Finansialku. Apakah kamu punya pertanyaan terkait ini? Kamu bisa tuliskan pertanyaanmu lewat kolom komentar di bawah ini!

Agar teman-temanmu juga tahu informasi ini, kamu bisa bagikan artikel dari Finansialku melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Editor: Ratna SH