Berbeda dengan negara besar lainnya, jasa konsultasi perencana keuangan masih tergolong baru di Indonesia.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan membahas tanggung jawab seorang konsultan perencana keuangan, darimana kita dapat menyewanya serta apa keuntungan yang dapat Anda terima.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jasa Konsultasi Perencana Keuangan

Sebagian orang memang pintar mengatur keuangan pribadinya, tetapi sebagian besar lainnya tidak mengerti cara mengatur keuangan dengan tepat.

Tidak mudah untuk memperbaiki kondisi keuangan, apalagi yang sudah buruk. Salah satu caranya adalah dengan menyewa bantuan profesional, yaitu perencana keuangan.

Banyak pelaku pasar keuangan mengaku bahwa saran yang mereka berikan adalah terbaik, seperti agen asuransi, broker saham atau banker.

Tetapi, tidak seluruh pelaku saham mempunyai pelatihan yang dalam dan luas serta pengalaman yang tepat untuk menyusun rencana finansial.

Apa Itu Jasa Konsultasi Perencana Keuangan Dimana Carinya Dan Apakah Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kerja 11 Bulan, Libur 1 Bulan Full, Yakin Rencana Keuangan Anda Sudah Siap?]

 

Perencana keuangan yang harus Anda pertimbangkan adalah seseorang dengan gelar CFP (Certified Financial Planner).

Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, orang tersebut harus mengikuti beragam pelatihan dan program yang menyiapkan mereka untuk mengatasi masalah keuangan klien.

Orang dengan sertifikasi CFP pun diharuskan untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik.

Di Indonesia, sertifikasi profesi untuk perencana keuangan dipegang oleh lembaga Financial Planning Standards Board (FPSB).

Lembaga ini juga merupakan lembaga internasional. Menurutnya, seorang perencana keuangan minimal memiliki 4 aspek, yaitu:

  1. Edukasi dengan pendidikan formal di bidang perencanaan keuangan pribadi.
  2. Pengalaman, yaitu selama minimal 3 (tiga) tahun memberikan saran keuangan kepada klien.
  3. Lulus ujian standar profesi perencanaan keuangan dan diakui dan terdaftar oleh Negara.
  4. Tunduk pada aturan kode etik profesi.

 

Kode Etik Perencana Keuangan Independen CFP® Finansialku

[Baca Juga: Kode Etik Perencana Keuangan Independen CFP®]

 

Secara umum, tugas dari seorang perencana keuangan adalah memaksimalkan pengelolaan sumber daya keuangan yang Anda miliki saat ini guna mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Tujuan tersebut dapat dicapai melalui pengelolaan arus kas, optimalisasi investasi dan aset.manajemen utang, mengantisipasi risiko dan menyusun perencanaan warisan untuk mempersiapkan diri dan keluarga Anda.

 

Cara Kerja Konsultan Perencana Keuangan

Pada pertemuan pertama, biasanya konsultan akan berkenalan dengan klien dan mencoba untuk mendapatkan keterangan yang jelas tentang kemana arah mereka dan dimana posisi mereka sekarang.

Konsultan akan memberikan wawancara mengenai informasi pribadi seperti status, profil investasi, pekerjaan, tanggungan hingga manfaat lainnya yang diterima dari perusahaan.

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Biasanya setelah wawancara tersebut, konsultan akan menyusun sebuah timeline untuk tujuan-tujuan hidup dari klien.

Dari timeline tersebut, kemudian ditariklah beberapa kesimpulan, seperti berapa jumlah uang yang harus ditabung oleh seorang klien dan aset seperti apakah yang harus dimasukkan di dalam portfolio investasi klien agar tujuan jangka pendek, menengah dan panjang dari klien tercapai.

 

Mencari Konsultan Perencana Keuangan

Dengan kecanggihan teknologi, Anda dapat menemukan ratusan hingga ribuan nama konsultan melalui internet atau melalui buku yang telah ditulis atau blog yang telah dirilis.

Permasalahannya lebih kepada cara yang tepat untuk memilih seorang konsultan perencana keuangan.

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah jangan memilih konsultan keuangan hanya karena mereka menggunakan gelar tersebut, karena belum tentu gelar yang mereka miliki adalah gelar asli.

Perencana Keuangan CFP Kompeten dan Terpercaya

[Baca Juga: Perencana Keuangan CFP® Kompeten dan Terpercaya]

 

Anda dapat memeriksa keanggotaan konsultan melalui www.fpsbindonesia.com

Selain itu, sebagai klien, Anda berhak mewawancarai beberapa kandidat konsultan dengan pertanyaan berkaitan dengan hal berikut ini:

 

#1 Jenis Perencanaan Keuangan

Pastikan bahwa filosofi investasi konsultan tersebut sesuai dengan profil risiko Anda. Cara investasi mereka tidak boleh terlalu agresif ataupun terlalu konservatif dibandingkan dengan agenda dan kebutuhan Anda.

 

#2 Jenis Klien

Terdapat beberapa konsultan yang hanya menerima klien dengan persyaratan tertentu, seperti total kekayaan, jenis bisnis dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa Anda adalah klien yang tepat untuk mereka dan mereka dapat bekerja maksimal untuk Anda.

 

#3 Pengalaman

Layaknya setiap pekerjaan, konsultan dengan pengalaman yang lebih banyak akan bekerja dengan lebih baik. Jika konsultan pernah melayani klien dengan profil risiko yang serupa maka hal tersebut lebih baik.

Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja - Finansialku

[Baca Juga: Yakin, Masih Berpikir Tidak Butuh Rencana Keuangan, Yakin Masih Mau Gitu-Gitu Saja]

 

#4 Kualifikasi Diri

Pastikan bahwa konsultan pilihan Anda memiliki passion (gairah) yang tinggi di bidang finansial dan tanyakan padanya apa mandat yang dimilikinya.

Selain itu, Anda pun dapat menanyakan keahlian lainnya yang dimiliki seperti masalah perpajakan, investasi atau pengelolaan dana pensiun dan sebagainya.

 

#5 Harga Jasa

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih konsultan, tanyakanlah harga jasa mereka, apakah berbasis komisi atau biaya.

Jika seorang konsultan dibayar berdasarkan biayanya, maka ia tidak akan mendapatkan komisi atas transaksi jual beli suatu produk investasi.

Biaya tersebut juga berbeda, ada yang Rp300 ribu hingga Rp750 ribu per jam. Harga jasa ini harus Anda ketahui dengan jelas di awal perjanjian untuk menghindari kesalahpahaman.

 

#6 Pelanggaran

Seorang konsultan keuangan harus bekerja untuk Anda sebagai klien, yang mana hal tersebut sesuai dengan kode etik yang harus dituruti oleh setiap orang yang berlisensi CFP, yaitu client first (mendahulukan klien).

Konsultan tersebut tidak boleh memihak atau merekomendasikan suatu produk keuangan demi kepentingan pribadinya.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Perencana Keuangan

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan atas kehadiran seorang perencana keuangan.

Selain fungsi utama jasa konsultan sebagai penyiap rencana keuangan guna memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, menengah maupun panjang, terdapat keuntungan lainnya yang dapat dirasakan oleh klien.

Beberapa di antaranya adalah:

  • Mendapatkan analisis terhadap kondisi keuangan Anda sekarang dan serta laporan keuangan, seperti jumlah utang, jumlah kekayaan bersih dan lainnya.
  • Setelah kondisi keuangan Anda diketahui, tujuan keuangan Anda baik jangka pendek maupun panjang dapat diformulasikan dan Anda akan dibuatkan prioritas pendanaan sesuai dengan tujuan dan waktu tercapainya tujuan tersebut.
  • Anda pun akan dibantu dalam penyusunan strategi keuangan seperti pilihan investasi dan asuransi agar tujuan keuangan Anda tercapai.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Memilih Sesuai Kebutuhan

Biaya untuk menyewa jasa konsultasi perencanaan keuangan sangat bervariasi dan fleksibel mengikuti kemampuan dan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk melakukan interview informal serta negosiasi biaya.

Tujuan final yang ingin tercapai adalah kondisi keuangan yang sehat. Untuk itu, sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda membuat kondisi keuangan Anda semakin berantakan.

 

Apakah Anda pernah menyewa jasa konsultan perencana keuangan?

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan dan apakah harga tersebut setara dengan keuntungan yang Anda terima?

Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Wes Moss. 7 Februari 2017. What Is a Certified Financial Planner and How to Find One. Thebalance.com – https://goo.gl/ujXZLW
  • Budi Raharjo. 24 Juli 2015. Menggunakan Jasa Perencana Keuangan? Begini Caranya! Id.linkedin.com – https://goo.gl/TUrqE1
  • Hari JT. 23 September 2016. 5 Perencana Keuangan Favorit di Indonesia. Muhamadazhari.com – https://goo.gl/xMUFPo
  • Anon. 16 Februari 2011. Berapa sih Tarif Perencana Keuangan. Lifestyle.kompas.com – https://goo.gl/zRf6JC

 

Sumber Gambar:

  • Jasa Konsultasi Perencana Keuangan – https://goo.gl/CKLKMF dan https://goo.gl/V88zL2