Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Susah Disiplin

Bagaimana cara mengatur keuangan keluarga untuk orang yang susah disiplin? Berikut ini sebuah pandangan dari seorang ahli bernama David Bach yang memberikan pandangan revolusioner.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga untuk Orang yang Susah Disiplin

Cara mengatur keuangan keluarga itu adalah pekerjaan yang susah susah gampang. Susah jika memang tidak terbiasa mengurus keuangan, gampang jika sudah tahu apa yang harus dilakukan. Fakta membuktikan kebanyakan keuangan keluarga menjadi tugas, wewenang dan tanggung jawab istri. Disisi lain, terkadang ibu-ibu mengalami kesulitan dalam disiplin dan dalam merencanakan keuangan.

Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga untuk Orang yang Susah Disiplin - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

David Bach adalah seorang penulis dan konsultan keuangan Amerika. Salah satu buku karyanya adalah The Automatic Millionaire (Jutawan yang serba otomatis). Kami berikan sedikit gambaran, coba Anda perhatikan seseorang yang menyetir mobil dengan mode manual. Perlu lebih banyak kedisiplinan dan koordinasi tubuh bukan? Nah sekarang pabrikan mobil sudah menciptakan solusi terbaru yaitu mobil matic. Perpindahan gigi menjadi serba otomatis dan kita sebagai pengendara menjadi lebih santai. Nah kenapa kita tidak menggunakan konsep otomatis?

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[Baca Juga: Mengelola Arus Kas Keuangan Keluarga]

 

Menurut David Bach, penulis buku The Automatic Millionaire cara mengatur keuangan keluarga yang paling mudah untuk mengurangi utang, hidup sederhana, tertib dalam berinvestasi adalah dengan menggunakan sistem alias otomatis. Konsep utama dari buku tersebut adalah daripada kita berusaha mati-matian disiplin dalam menabung, berinvestasi, membayar cicilan, membayar premi asuransi dan lainnya, mendingan semuanya diserahkan kepada sistem. Kita lewati (bypass) faktor-faktor manual dan beranjak ke mode otomatis. Kita memerlukan sebuah sistem cara mengatur keuangan keluarga yang tidak perlu mengandalkan kedisiplinan.

 

Efek Kopi Latte

Kebanyakan orang berpikir rahasia untuk menjadi kaya adalah dengan meningakatkan pendapatan. Banyak orang berasumsi gaji naik (pendapatan naik) maka masalah keuangan akan segera beres dan segera menjadi kaya. Kenyataannya tidak seindah seperti itu, karena gaji naik pengeluaran juga naik. Bahkan pengeluaran bisa naik lebih tinggi dibanding kenaikan gaji.

[Baca Juga: Kenaikan Gaji Tidak Menyelesaikan Masalah Keuangan Anda]

 

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Otomatis

Nah berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk cara mengatur keuangan keluarga dengan otomatis:

  1. Pajak dan iuran BPJS akan dipotong otomatis oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Jadi Anda tidak perlu memusingkan hal ini.
  2. Usahakan Anda mengatur transfer otomatis secara berkala untuk donasi (Zakat dan Perpuluhan). Anda dapat melakukan transfer ke Rumah Ibadah atau Yayasan Sosial.
  3. Gunakan auto debet investasi untuk mempermudah investasi. Sistem auto debet ini dikenal dengan nama sistem dollar cost averaging.
  4. Gunakan pembayaran transfer otomatis secara berkala untuk membayar premi asuransi, cicilan dan utang.
  5. Terakhir, baru Anda gunakan untuk sisanya untuk pengeluaran bulanan. Kami sarankan agar Anda memiliki anggaran dan mencatat keuagan harian.

 

Sekarang saatnya Anda mencoba mengubah cara mengatur keuangan keluarga dengan cara otomatis.

 

 

Apakah Anda setuju dengan cara mengatur keuangan keluarga dengan sistem otomatis?

 

Sumber gambar:

  • Automatic – http://goo.gl/jgGC8V

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment