Apa ya kira-kira rahasia memulai bisnis? Berikut ini Finansialku.com akan berbagi sebuah quote dari Walt Disnet mengenai rahasia memulai bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Rahasia Memulai Bisnis ala Walt Disney

Ketika berbicara mengenai wirausaha atau entrepreneur banyak orang bertanya apa sih rahasia memulai bisnis? Apakah memulai dari rencana bisnis, atau mendiskusikan ide dan lain sebagainya. Kata Walt Disney, rahasia memulai bisnis adalah:

 

English

The way to get started is to quit talking and begin doing.

Walt Disney

 

Rahasia Memulai Bisnis ala Walt Disney - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia

Rahasia memulai bisnis adalah berhenti berbicara dan mulai menjalankan.

Walt Disney

 

Ternyata Walt Disney dan Guy Kawasaki punya rahasia memulai bisnis yang kurang lebih sama. Menurut Guy Kawasaki, ide itu tidak susah, yang susah adalah eksekusinya. Nah Walt Disney mengatakan lakukan sekarang juga.

 

[Baca Juga: Cari Peluang Bisnis itu Ga Sulit]

 

Memulai Sebuah Business bukan Busyness

Menurut Finansialku.com, salah satu rahasia memulai bisnis adalah mengenal perbedaan antara business dan busyness. Banyak wirausaha tidak perbedaan antara keduanya. Teman-teman tahu kan, apa bedanya business (bisnis) dan busyness (kesibukan)?

[Baca Juga: Menjalankan Business bukan Busyness]

 

Kali ini Finansialku.com akan membahas jika Anda sudah mendaptkan saran dari Walt Disney, rahasia memulai bisnis adalah berhenti berbicara, jangan banyak bicara dan mulai melakukan sesuatu. Pertanyaannya apa yang harus dilakukan?

 

Jika Anda ingin memulai bisnis, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

 

Buat model bisnis dan rencana bisnis (business plan)

Ketika seorang calon wirausaha (entrepreneur) sedang mengumpulkan ide, biasanya energi atau semangat berapi-api. Ingin menjalankan ini dan itu, serta ide-ide fantastis lainnya. Tidak salah, ide yang liar adalah cara yang terbaik untuk membuat sebuah bisnis. Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat model bisnisnya. Model bisnis dapat dibuat dalam satu lembar kertas, ya cukup satu lembar kertas.

 

9 Tahap Membuat Model Bisnis - Perencana Keuangan Finansialku - Netizen Consultant

[Baca Juga: 9 Tahap Membuat Model Bisnis]

 

Buat Spesifikasi Desain Produk

Apapun bentuk bisnis Anda, baik menjual produk atau jasa, Anda perlu membuat spesifikasi dan proses bisnisnya. Buat daftar mengenai spesifikasi bisnis dan layanan Anda. Paling gampang contohnya jasa penyewaan lapangan futsal. Pertama kita list apa saja jasa atau layanan yang kita tawarkan. Dalam tahapan ini, Kita sebagai calon wirausaha perlu melakukan riset pasar.

Cari tahu permasalahan-permasalahan apa yang dihadapi oleh masyarakat sekitar. Contoh ternyata banyak pekerja kantor yang mengeluh, ingin olahraga sebelum pergi kantor, tetapi tidak ada lapangan yang buka. Anda dapat menawarkan lapangan yang tersedia dari pukul 5.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Lapangan futsal dilengkapi dengan lampu dan selalu dalam kondisi bersih.

 

Buat Purwarupa (Prototype) dan  Luncurkan Produk Beta

Jika Anda sudah memiliki daftar spesifikasi produk atau layanan Anda, tahap selanjutnya adalah buat purwarupa (prototype) jika Anda menjual produk dan segera luncurkan produk beta. Lakukan pengujian terhadap pasar, apakah pasar menerima bisnis Anda. Setelah itu kemudian mulai menjalankan bisnis Anda, mulai berjualan, mencari pembeli, melayani pembeli dan perlakukan karyawan dengan baik.

 

Kesimpulan

Tidak perlu panjang lebar lagi, Rahasia memulai bisnis ala Walt Disney adalah:

  1. Berhenti berbicara
  2. Mulai menjalankan

 

Apakah rahasia memulai bisnis ala Anda?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang