Tentu Anda pernah mendengar atau bahkan menonton film animasi Disney yang berjudul UP kan? Sebenarnya apa yang salah dengan cara mengatur keuangan keluarga dalam film animasi UP? Finansialku.com akan membahasnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pelajaran dari Film Animasi UP

Saat menonton film animasi Disney berjudul UP, satu hal penting yang dapat kita ambil sebagai pelajaran yaitu komitmen dalam hubungan perkawinan. Perkawinan tidak hanya dibuktikan dengan pesta di awal, tetapi bagaimana menjaga hubungan tersebut sampai tua. Lagu Nothing Gonna Change My Love For You (Tidak ada yang dapat mengubah cintaku padamu) adalah lagu yang tepat untuk menggambarkan komitmen dari pasangan kakek (Carl) dan nenek (Ellie). Tapi apakah ada kesalahan dalam film animasi UP?

 

3 Kesalahan, Cara Mengatur Keuangan Keluarga dalam Film Animasi UP

Bagi teman-teman yang sudah menonton filmnya, atau melihat klik YouTube di atas, pertanyaan buat Anda: Menurut teman-teman, Apa sih kesalahan yang dilakukan Kakek (Carl) dan Nenek (Ellie) dalam cara mengatur keuangan keluarga? Kok tujuan keuangannya untuk bepergian ke suatu tempat, tidak bisa terwujud? Mari kita bahas satu per satu cara mengatur keuangan keluarga yang salah dan benar.

 

Miliki Dana Darurat

Kesalahan pertama dan utama, cara mengatur keuangan keluarga adalah tidak memiliki dana darurat. Padahal dana darurat itu penting luar biasa, coba gara-gara ban kempes tabungan dipecah, gara-gara kejatuhan pohon tabungan dipecah. Kejadian-kejadian aneh begitu seringkali terjadi dalam kehidupan dan seringkali datangnya tiba-tiba. Oleh sebab itu Kita semua wajib memiliki dana darurat. Oke pelajaran pertama cara mengatur keuangan keluarga adalah miliki dana darurat.

 

Salah Apa dengan Cara Mengatur Keuangan Keluarga di film Animasi UP - Finansialku

[Baca Juga: Rencana Keuangan Pertama, Dana Darurat]

 

Miliki Asuransi Kesehatan

Kira-kira apa kesalahan kedua, cara mengatur keuangan keluarga? Ya betul tidak memiliki asuransi kesehatan. Dalam klip video di atas, gara-gara nenek sakit, maka tabungan dipakai semuanya untuk berobat. Sebenarnya uang tabungan tersebut tidak harus dipecah, jika memiliki asuransi kesehatan. Eh teman-teman tahu kan bedanya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Jadi pelajaran kedua cara mengatur keuangan keluarga adalah miliki asuransi kesehatan.

 

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan]

 

Jangan Hanya Menabung, tetapi Juga Berinvestasi

Kesalahan ketiga, cara mengatur keuangan keluarga dalam film animasi Disney Up adalah: Hanya menabung untuk mewujudkan tujuan keuangan. Harus diakui menabung adalah kebiasaan yang sangat baik. Tidak semua orang lho, bisa menabung rutin setiap bulannya. Namun permasalahannya kenaikan biaya (inflasi) sering kali lebih besar dari pada bunga tabungan. Apalagi menabung dalam celengan kaca atau celengan ayam. Solusinya apa? Solusinya jelas kita harus mulai berinvestasi. So, pelajaran ketiga cara mengatur keuangan keluarga adalah mulai berinvestasi.

[Baca Juga: Slide Belajar Investasi Reksa Dana untuk Pemula]

 

Kesimpulan

Film animasi UP mengajarkan kita mengenai komitmen dalam hubungan perkawinan. Sungguh sangat bahagia, bisa mendapatkan penghormatan dan kasih sayang yang tulus dari pasangan. Selain mengenai permasalahan cinta dalam hubungan perkawinan, kita juga belajar cara mengelola keuangan keluarga dalam film UP. 3 Kesalahan cara mengelola keuangan keluarga dalam film animasi UP adalah: tidak memiliki dana darurat, tidak memiliki asuransi kesehatan dan tidak berinvestasi.

 

Jika teman-teman punya tips cara mengatur keuangan keluarga, jangan lupa berikan komentar Anda.

 

Image Credit:

  • Carl and Ellie – https://goo.gl/4Fo4vX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang