Ingin tahu berapa besar potensi bisnis online di Indonesia? Finansialku.com akan membagikan sebuah data hasil riset mengenai potensi bisnis online di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Potensi Bisnis Online di Indonesia

Tahukah Anda, berapa besar potensi bisnis online di Indonesia? Finansialku.com mendapatkan sebuah data dari Social Media Journal, mengenai potensi bisnis online di Indonesia (slide 154  -164).

 

[slideshare id=43720110&doc=wearesocialsguidetodigitalsocialandmobilein2015v01-150120180554-conversion-gate01]

 

Disebutkan pada tahun 2015, Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 255,5 juta penduduk. 28% penduduk Indonesia (sekitar 72,7 juta orang) adalah pengguna internet aktif dan 72 juta orang pengguna media sosial. Angka yang sangat besar dan trendnya cenderung meningkat.

 

Memanfaatkan Data yang Positif

Data yang ada di atas, menunjukkan bahwa Indonesia ternyata tidak hanya kaya alamnya, tetapi juga memiliki potensi besar dalam bisnis online. Berikut ini contoh-contoh bisnis online di Indonesia:

Seberapa Besar Bisnis Online di Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku [Baca Juga: 5 Kiat Sukses Bisnis Online]

 

Bisnis Online 1 : Jualan Barang atau Jasa

Anda dapat menggunakan internet untuk menjual barang-barang, seperti baju, tas, sepatu, hijab dan lain sebagainya. Bisnis online jenis pertama ini adalah jenis yang paling banyak di Indonesia.

 

Bisnis Online 2 : Media

Anda juga mungkin pernah mengamati website berita online, seperti Detik, Kompas, Liputan6 dan lain sebagainya. Jenis kedua ini menawarkan update data terbaru dan mendapatkan keuntungan dari iklan.

 

Bisnis Online 3 : Jualan Aplikasi

Jenis bisnis online berikutnya adalah kegiatan menjual aplikasi, baik aplikasi berbasiskan website ataupun aplikasi berbasis mobile.

  

Bisnis Online 4 : Agen

Anda mungkin pernah menemui website-website yang menjual produk-produk lain. Misal agen perjalanan yang membandingkan pesawat terbang, website yang membandingkan hotel dan website yang membandingkan produk-produk keuangan.

 

Pilih Kartu Kredit yang Tepat, Hemat Rp 1.4 juta untuk Gadget - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Situs Perbandingan Produk Keuangan di Indonesia ?]

 

Bisnis Online 5 : Jenis Lainnya

Tipe bisnis online berikutnya adalah bisnis infrastruktur (contoh DropBox), bisnis marketplace, e-commerce dan freelance.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data—data di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah pengguna internet semakin bertambah secara signifikan. Saatnya para entrepreneur Indonesia menggunakan potensi-potensi yang ada.

 

Apakah Anda sudah memiliki ide bisnis online?

 

Image Credit:

  • Bisnis Online – http://goo.gl/GqC6yf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang