Siapa yang Harus Membuat Surat Wasiat?

Siapa yang harus membuat surat wasiat? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas siapa sajakah yang cocok untuk membuat surat wasiat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Siapa yang Harus Membuat Surat Wasiat?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Kita akan membahas sebuah siklus dalam perencanaan keuangan. Seperti pada gambar di bawah ini, perencanaan keuangan bentuknya adalah piramida. Bagian bawah piramida adalah proteksi jiwa dan kesehatan, serta bagian paling atas (puncak piramida) adalah distribusi keuangan. 

 

Piramida Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku Konsultasi Perencanaan Keuangan Seminar dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Aplikasi Finansialku

 

[Baca Juga: Merencanakan Distribusi Keuangan dengan Waris dan Hibah]

 

Siapa yang Harus Membuat Surat Wasiat?

Menurut Anda, siapa yang harus membuat surat wasiat? Oke mari kita bahas satu per satu. Sebagai intermezo pernahkah Anda melihat atau mendengar adanya keretakan dan keributan dalam rumah tangga karena perselisihan dalam pembagian waris?

 Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Permasalahan waris sering terjadi ketika adanya ketidakpastian dalam pembagian waris. Kasus yang sering terjadi adalah sebelum meninggal, orang tua hanya membicarakan pembagian waris hanya pada anak tertua. Ada kalanya orang tua membagi waris dengan cara adil, walaupun jumlah yang diterima tidak sama. Nah adik-adik menjadi salah paham dengan apa yang diberikan orang tua.  

 

Siapa yang Harus Membuat Surat Wasiat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Warisan Itu Tidak Hanya Melulu Mengenai Uang]

 

Kapan Surat Wasiat Harus Dibuat?

Menurut Anda, kapan surat wasiat harus dibuat? Saat seseorang masih sehat atau saat seseorang sedang sakit di rumah sakit? Idealnya surat wasiat dibuat oleh seseorang yang masih sehat, dalam kondisi dapat mengambil keputusan dengan pikiran jernih dan tanpa paksaan apapun. Jadi jangan menunggu nanti, pas sakit keras baru buat surat waris. Hal ini rentan dengan konflik dan perselisihan. 

Jadi seseorang yang sudah memiliki kekayaan yang cukup harus mulai membuat surat wasiat. Jangan menunda atau menunggu nanti sajalah gampang, karena tidak ada orang yang tahu kapan ajalnya tiba. Jangan menunggu sampai sekarat baru mengurus waris. Lakukan pembagian waris pada saat kondisi sehat dan dapat berpikir dengan jernih. Agar orang tua tidak meninggalkan bibit perselisihan, sebaiknya orang tua mulai membuat surat wasiat 

 

Apakah Etis, Membicarakan Waris saat Orang Tua Masih Sehat?

Harus diakui, seorang anak (di Indonesia) sering kali merasa ragu dan bersalah untuk membicarakan waris dengan orang tuanya yang masih sehat. Disisi lain Anda perlu memberi tahukan kerugian yang timbul jika ada perselisihan dalam keluarga. 

Anda dapat menyarankan orang tua untuk membuat surat wasiat berjenis rahasia. Ingat, surat wasiat harus dibuat dengan bantuan Notaris. Seseorang dapat mengubah isi wasiat. Surat wasiat yang dibuat terakhir adalah wasiat yang dianggap sah. Anda juga dapat memilih jenis surat wasiat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah surat wasiat umum, olografis dan rahasia

 

[Baca Juga: Tiga Jenis Surat Wasiat]

 

Kesimpulan

Jadi orang tua yang sudah memiliki kekayaan, perlu membuat surat wasiat. Surat wasiat harus dibuat dengan bantuan notaris. Anda juga dapat melakukan perubahan isi wasiat jika memang diperlukan.

 

Apakah Anda setuju membicarakan waris kepada orang tua yang masih dalam kondisi sehat?

 

Image Credit:

  • Dad – http://goo.gl/IxVpGq

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-12-13T05:29:29+00:00 December 16th, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Perencana Keuangan, Waris|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download