Sudah Saatnya Mengurus Bisnis Sendiri

Mengurus bisnis sendiri adalah tantangan yang besar buat semua pebisnis yang baru memulai. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai sudah saatnya mengurus bisnis sendiri.

 

Rubrik Finansialku:
Rubrik Finansialku Start It Up 

Mengurus Bisnis Sendiri

Para pembaca apakah Anda tahu perbedaan antara business dan busyness? Kebanyakan orang ingin memulai bisnis tetapi malah terjebak menjadi busyness. Mengapa hal itu bisa terjadi? Motivasi orang-orang mau memulai bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. Kata “bisnis sampingan” sering kali menyebabkan pola pikir: usaha (effort) yang dikerjakan juga sampingan dan akhir-akhirnya menjadi sebuah kesibukan pengisi waktu luang. Kami tidak akan membahas mengenai busyness tetapi business.

 

 Sudah Saatnya Mengurus Bisnis Sendiri

 

Apakah Anda mengetahui mengapa seseorang yang tadinya karyawan dan ingin berpindah menjadi seorang entrepreneur sering kali gagal? Jawaban sederhana karena adanya perbedaaan cara pikir (mindset).

Mindset seorang karyawan sangat berbeda dengan entrepreneur. Perbedaannya adalah seorang karyawan menginginkan adanya keamanan finansial dan kenyamanan finansial. Seorang entrepreneur memiliki tujuan untuk kebebasan keuangan: buat bisnis (sekali lagi bukan busyness), kemudian bisnisnya bekerja secara otomatis (adanya sistem dan dilakukan oleh para professional) dan menghasilkan pendapatan. Bisnis tersebut yang nantinya diwariskan kepada generasi berikutnya.

Menurut para pembaca, berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang entrepreneur baru untuk membuat startup bisnis sampai menjadi bisnis besar? Orang kaya di era industry membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk menjadikan startup bisnis menjadi big business. Kabar gembiranya bisnis di era informasi memiliki waktu kurang lebih 1-10 tahun untuk menjadi besar.
Mark Zuckerberg Facebook Drop Out dan Jadi Kaya Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Para pembaca pernah mendengar Mark Zuckerberg? Itu loh pendiri Facebook. Facebook didirikan pada tahun 2004, tepatnya 4 Februari 2004. Berapa lama Facebook mendapatkan 1.000.000 pengguna pertama? Bulan Oktober 2012. Akhir tahun 2011 Facebook mencetak pendapatan US$ 3,71 Milliar.

Kenapa sekarang kok ga nanti saja? Orang seperti Mark bisa mencapai kesuksesannya dalam waktu 8 tahun. Jika usia Anda saat ini 25 tahun maka umur 33 tahun bisnis Anda bisa sukses. Angka 8 tahun bukan patokan, tetapi sebagai sebuah perbandingan (benchmark).

 

Kesimpulan

Mengurus bisnis sendiri bukan pekerjaan yang gampang. Tantangan yang dihadapi sangat banyak. Diakhir kata saya teringat dengan ucapan salah satu motivator di Indonesia, Merry Riana: “Lebih baik saya gagal dalam perjuangan memperoleh cita-cita, daripada saya gagal tanpa mengetahui rasanya berjuang.” Selamat mulai mengurus bisnis sendiri.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Januari 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

By | 2016-12-02T14:12:58+00:00 January 23rd, 2015|Categories: #IndonesianDreams, Bisnis|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment