Rencana keuangan sangat diperlukan keluarga Anda, karena rencana keuangan adalah peta untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Apa yang terjadi jika kita memiliki sebuah Tujuan Keuangan tanpa adanya rencana keuangan.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

Tujuan Keuangan, Tanpa Rencana Keuangan adalah Harapan

Berbicara mengenai Tujuan Keuangan, apa tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan dalam waktu dekat ini? Silahkan tuliskan komentar Anda ya, terima kasih. Ada seorang penulis Perancis bernama Antoine de Saint Exupery yang mengatakan bahwa:

English:

A goal without a plan is just a wish.

Antoine de Saint 

Tanpa Rencana Keuangan, TujuanMu Hanya Sebuah Harapan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Temukan Jawabannya: Apa itu Rencana Keuangan dan Perencana Keuangan?]

Bahasa Indonesia:

Sebuah tujuan tanpa sebuah rencana adalah sebuah harapan.

Antoine de Saint.

 

Apa yang dimaksud dengan kata-kata itu? Tidak seperti orang lain pada umumnya yang acuh, Anda adalah seorang yang mau mewujudkan tujuan keuangan. Anda yang saat ini sedang membaca artikel, Anda jelas telah terbukti sedang mencari tahu apa yang harus Anda lakukan. Kami ucapkan selamat, karena perencana keuangan independen Finansialku akan memberitahukan apa yang harus Anda lakukan.

Anda dapat Mewujudkan Tujuan Keuangan Jika Anda Mau Merencanakan!

Seperti kata Antoine, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah rencana keuangan (financial planning). Kebanyakan orang akan bertanya-tanya apa itu rencana keuangan? Apa saja isinya? Kenapa saya butuh? Bagaimana cara membuatnya?

Rencana keuangan yang dimaksud adalah rencana keuangan individu dan keluarga (personal financial planning). Rencana keuangan adalah peta yang akan memandu Anda, dari kondisi keuangan saat ini untuk mencapai atau mewujudkan tujuan keuangan Anda. Peta tersebut berisi berapa yang Anda butuhkan untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda, berapa yang harus Anda tabung atau investasikan setiap bulannya.

[Lihat Infografisnya: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda]

Contoh: biaya kuliah saat ini (tahun 2016), adalah Rp 130.000.000. Nah sekarang anak Anda masih berusia 8 tahun. Berarti masih ada waktu 10 tahun lagi menjelang masuk kuliah kan? Berapa yang harus disiapkan untuk dana kuliah anak? Jangan lupa ada faktor inflasi atau kenaikan biaya. Berapa yang harus ditabungkan atau diinvestasikan setiap bulannya? Dimana harus berinvestasi. 

Semua pertanyaan tersebut akan terjawab di dalam rencana keuangan. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi bingung atau ragu. Memiliki sebuah rencana keuangan bukan berarti garansi, tujuan Anda dapat terwujud. Setidaknya rencana keuangan Anda dapat mempermudah Anda mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Jadi, Kapan Saya harus memiliki rencana keuangan?

Jawabanya adalah sekarang dan segera. Anda dapat menghubungi perencana keuangan Finansialku untuk membantu menyiapkan rencana keuangan Anda.

Apa tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan dalam waktu dekat ini?

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang