Apa saja yang dapa kita lakukan untuk menghemat biaya pernikahan? Kali ini Finansialku.com akan membahas tips-tips untuk menghemat biaya pernikahan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tips Hemat Biaya Pernikahan

Apa saja yang dapat dilakukan oleh para calon pengantin, untuk dapat berhemat biaya pernikahan? Mari kita lihat rincian biaya pernikahan berikut:

 

Hemat Biaya Pernikahan dari Pilihan Tanggal

Memilih tanggal pernikahan yang tepat, ternyata memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah adalah memilih waktu-waktu yang tidak terlalu ramai. Ternyata dalam sistem penyewaan gedung, ada harga-harga low season. Tidak ada salahnya Anda mengecek terlebih dahulu tanggal pernikahan Anda.

 

5 Tips Hemat Biaya Pernikahan - Perencana Keuangan Independen Finansialku[Baca Juga: Apakah Pernikahan Anda sudah Sah Menurut UU Perkawinan?]

 

Hemat Biaya Pernikahan dan Desain Undangan dan Suvenir

Biaya yang sebenarnya cukup besar adalah undangan. Tahukah Anda berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah undangan? Rata-rata harga undangan mencapai Rp 10.000 – Rp 15.000 per undangan. Jika undangan cukup mewah biaya pembuatan bisa mencapai lebih dari Rp 20.000 per undangan. Jika tamu Anda mencapai 500 undangan maka, biaya yang Anda keluarkan bisa sampai Rp 10.000 x 500 = Rp 5.000.000. Hal yang serupa juga terjadi dengan suvenir. Rata-rata harga sebuah suvenir bisa mencapai Rp 5.000 – Rp 50.000 tergantung dengan jenis suvenir yang dipilih. Sesuaikan pengeluaran pernikahan Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat sebelumnya.

 

[Baca Juga: Membuat Anggaran Pernikahan]

 

Hemat Biaya Pernikahan dari Konsep Pernikahan

Cara hemat berikutnya adalah dengan mengubah konsep pernikahan, misal mengganti konsep indoor (dalam ruangan) menjadi konsep outdoor (luar ruangan). Lakukan perbandingan biaya pernikahan dengan berbagi jenis konsep pernikahan. Jika Anda sibuk, tidak ada salahnya menggunakan jasa wedding planner.

 

[Baca Juga: Urusan Pernikahan, Ternyata Uang Saja Tidak Cukup]

 

Hemat Biaya Pernikahan dari Katering

Komponen biaya pernikahan yang cukup mahal adalah biaya catering atau makan. Memberikan yang terbaik untuk kerabat, saudara dan tamu undangan adalah hal yang sangat penting. Tapi ingat yang terbaik tidak harus yang termahal. Anda dapat menggunakan menu dari pemiliki gedung resepsi untuk mendapatkan harga paket dan lainnya.

 

Hemat Biaya Pernikahan dari Jasa-Jasa Pendukung

Zaman dulu orang bilang banyak anak, banyak rezeki. Nah zaman sekarang lebih tepatnya banyak kawan banyak rezeki. Saat menikah, ga ada salahnya menggunakan layanan-layanan yang ditawarkan teman, misal fotografi, katering, wedding planner, pertunjukan dan lainnya. Sedikit banyak ini bisa mengurangi biaya pernikahan Anda lho.

 

Kesimpulan

Ternyata ada banyak hal yang dapat kita hemat dari biaya pernikahan, asal Anda dan pasangan mau. Ingat jangan lupa buat anggaran pernikahan. Beberapa hal yang dapat Anda dan pasangan lakukan untuk menghemat biaya pernikahan: memilih tanggal yang tepat, memilih undangan dan suvenir, konsep pernikahan, katering dan terakhir kalau bisa gunakan layanan-layanan yang ditawarkan teman.

 

Jangan lupa bagikan juga cara menghemat biaya pernikahan versi Anda dan pasangan, terima kasih.

 

Image Credit:

  • Wedding – http://goo.gl/cmlQUj

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang